Bangun pagi memang berat dan ini diakui hampir semua orang yang pernah muda. Bahkan jika berhasil bangun untuk sholat subuh pun, bantal masih menggapai-gapai dan menggoda untuk ditiduri lagi. Alhasil akhirnya kamu pun tidur lagi hingga jam menunjukkan waktu mepet untuk pergi kerja atau kuliah. Tidur di pagi hari ternyata bisa  berpengaruh pada berat badanmu saja, tidur setelah sahur juga memberikan dampak buruk lainnya bagi tubuh dan kesehatanmu.

Alih-alih jadi sehat, setelah puasa kamu malah bisa sakit, bukan salah puasanya tapi salah di pola aktivitas yang kamu jalani selama melakukan puasa. Duh, gawat!

1. Padahal cuma nurutin mata ngantuk, tapi berat badan udah langsung nambah aja tuh!

Tidur setelah sahur via huffingtonpost.com

Advertisement

Kalau kamu langsung tidur setelah makan sahur usai, tubuhmu tidak punya kesempatan untuk membakar kalori dari makanan yang baru saja kamu konsumsi. Akhirnya makanan tersebut tidak dicerna oleh tubuh dengan baik. Alhasil berat badanmu akan naik, mungkin bisa berkali-kali lipat.

Duh sayang, ya. Niatnya ‘kan puasa mau sekalian diet juga, eh malah jadi kebalikannya gara-gara berat badan naik terus.

2. Rasa panas di sekitar dada akan terasa, buat kamu yang menderita maag juga bisa bahaya

Awas maag kambuh! via youtube.com

Bagian ulu hati hingga kerongkongan terasa panas dan terbakar. Ini akibat adanya refluks asam lambung, yaitu kondisi dimana asam dari lambung naik ke tenggorokan. Ini sangat berbahaya untuk kamu yang menderita maag, jadi berhti-hatilah, lebih baik tidak mendapatkan kenikmatan tidur sejenak dibandingkan harus kambuh maag-nya. Tidur setelah sahur juga bisa menyebabkan sistem pencernaanmu bekerja terlalu keras.

3. Kelihatannya sepele cuma tidur doang. Padahal bisa meningkatkan resiko stroke, lho!

Resiko stroke via swbh.nhs.uk

Advertisement

Sistem pencernaan yang tidak lancar memengaruhi kinerja tekanan darah dan kadar gula. Hal tersebut pada akhirnya akan meningkatkan resiko stroke. Buat kamu yang masih muda juga nggak boleh tenang-tenang saja karena resiko ini tidak memandang usia. Jadi daripada dapat akibat yang berbahaya mending di tahan dulu nafsu tidurnya. Ya, ya, ya…

4. Tidur setelah makan sahur juga membuat perutmu buncit seketika. Duh, ntar dikira hamil 🙁

peyut buncit :(( via shutterstock.com

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, kalori yang berasal dari makanan yang kamu makan tidak langsung diproses. Akibatnya lemak-lemak akan tertimbun dalam perut karena tidak langsung dicerna. Kamu yang perutnya sudah buncit jangan sekali-kali nyoba tidur langsung setelah sahur kalau nggak mau perutmu jadi kayak karung.

Yang belum buncit juga harus waspada kalau kamu nggak mau perutmu membesar seketika. Hiiiiii…

5. Yang mulutnya terasa pahit pas puasa, ternyata tidur habis sahur juga penyebabnya

Mulut terasa pahit via medimetry.com

Akibat adanya refluks, asam lambung naik hingga melukai kerongkongan. Karena itulah kerongkonan terasa panas seperti terbakar dan akhirnya menyebabkan mulut terasa pahit. Rasa pahit di mulut sangat membuatmu tidak nyaman, apalagi saat sedang berpuasa.

Kalau itu bisa dicegah kenapa kamu tidak mencobanya? Lagian cuma ngantuk kan, kayaknya masih bisa deh ditahan-tahan dikit.

6. Akibat makanan yang tak langsung dicerna, kamu bisa diare atau sembelit juga

Diare via sehatfresh.com

Lambung bisanya akan kosong sekitar dua jam, namun ketika posisi tubuh berbaring maka proses pengosongan itu akan terhambat. Disinilah mulai timbul gangguan pencernaan yang juga akan dipengaruhi oleh makanan yang kamu makan sebelumnya. Kamu bisa saja menderita diare maupun sembelit bergantung pada makanan apa yang kamu makan tadi.

Nah, daripada tidur setelah sahur, kamu bisa coba beragam trik penahan kantuk dari Hipwee Tips ini juga! Semoga puasamu makin berpahala, ya…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya