6 Ide Brilian Memanfaatkan Kosmetik dan Perawatan Kulit yang Sudah Kedaluwarsa. Eh, Jangan Buru-buru Dibuang Dulu Ya!

tips memanfaatkan produk kosmetik dan skincare kedaluwarsa

Punya koleksi kosmetik dan perawatan kulit segudang?

Advertisement

Entah kamu memang bekerja di bidang kecantikan atau memang sekadar hobi doang, membeli dan menumpuk koleksi kosmetik terkadang menjadi semacam buah simalakama. Ya, mau nggak dibeli tapi kok rasanya pengen butuh, tapi kalau dibeli, koleksi di rumah masih banyak. Belum lagi kalau kamu sering ketiban rezeki menang undian giveaway atau kebetulan seorang blogger yang dapat banyak produk untuk dicoba dan diulas. Saking banyaknya, kadang sampai nganggur dan terlupa hingga akhirnya kedaluwarsa. Duh!

Sedih? Eits, tenang. Jangan buru-buru membuang semua koleksi kesayangan kamu dulu. Beberapa produk kosmetik dan perawatan kulit yang mendekati atau baru saja kedaluwarsa ternyata masih bisa dimanfaatkan, agar nggak berakhir sia-sia di bak sampah. Begini caranya:

1. First thing first, kamu harus tahu kalau sayang-sayang sama 1 produk yang sudah kedaluwarsa itu berbahaya. Lebih jangan mengaplikasikannya lagi ke tubuhmu!

Produk yang sudah kedaluwarsa rentan mengandung kuman bakteri yang berbahaya. Setelah kedaluwarsa, pilihannya hanya BUANG atau manfaatkan lagi untuk hal lain — yang nggak bersentuhan dengan kulitmu lagi. Seperti yang bakal diulas Hipwee kali ini. Keep reading!

Advertisement

2. Untuk lipstik, eyeshadow, maskara dan produk dekoratif lainnya bisa kamu hibahkan ke teman-teman seniman lukis. Lumayan kan, jadi menghasilkan karya?

Daripada terbuang sia-sia~ via www.bykriskeys.com

Atau mungkin kamu mau bereksperimen menghasilkan karya seni dengan memanfaatkan produk kosmetik dekoratif seperti lipstik dan eyeshadow? Hehe. Ya, kalau nggak, kamu bisa coba sumbangkan ke teman-teman pelukis yang bisa memanfaatkan pigmen warna dari eyeshadow atau lipstik yang kamu punya.

3. Daripada dibuang sia-sia, coba deh sumbangkan produk complexion seperti bedak atau foundation kepada para MUA jenazah yang pasti membutuhkannya

Lebih baik disumbangkan saja, deh via careertrend.com

Sama seperti make-up dekoratif, kamu pun bisa banget menyumbangkan produk complexion ke komunitas MUA jenazah, ke rumah duka atau ke rumah sakit. Mereka pasti sangat membutuhkannya. Daripada dibuang, produk kamu jadi lebih bermanfaat kan?

4. Untuk produk perawatan kulit yang cair dan mengandung alkohol seperti face toner atau sejenis micellar water manfaatkan saja untuk bersih-bersih isi kamarmu

Mayan kan? via www.digitaltrends.com

Menggunakan produk cair yang mengandung alkohol untuk membersihkan kuas make-up, permukaan meja, permukaan cermin atau permukaan elektronik seperti saklar lampu dan LCD ponsel bisa banget lo kamu coba. Yup, apalagi kalau kamu menggunakan make-up remover, hasilnya pasti lebih nampol.

Advertisement

5. Untuk produk pembersih seperti sabun muka, sabun mandi dan lain sebagainya, bisa kamu manfaatkan sebagai sabun cuci. Cuci kuas make-up yang berdebu, misalnya

Bisa banget nih buat cuci-cuci make-up brush~ via beautyaficionado.com

Sabun cuci baju, sabun untuk sikat kamar mandi atau sabun pencuci kuas make-up… kamu pilih saja!

6.  Untuk produk seperti pelembap, selama belum terlihat perubahan warna, tekstur dan bau, kamu bisa manfaatkan untuk melembutkan tas atau sepatu kulit kesayanganmu

Biar tetap lentur dan awet~ via www.marieclaire.co.uk

Asal nggak mengandung pemutih, kamu bisa banget manfaatkan krim atau losion yang baru saja kedaluwarsa untuk merawat koleksi tas dan sepatu kulitmu.

7. Terakhir, produk spray yang wangi seperti misalnya spray vitamin rambut, kamu bisa manfaatkan untuk mengusir bau tak sedap dari sepatu

Bye bye sepatu bau! via www.dherbs.com

Produk wangi-wangian yang baru saja kedaluwarsa bisa kamu manfaatkan untuk membuat wangi sepatumu. Ya, daripada dibuang begitu saja kan?

Sebelum memutuskan menggunakan kembali produk kedaluwarsa kamu, pastikan produk tersebut nggak terlalu lama kedaluwarsa. Kalau baru lewat beberapa bulan dan nggak ada tanda-tanda perubahan warna dan bau yang signifikan sih harusnya masih bisa dimanfaatkan, selama nggak menyentuh kulitmu. Semoga lain kali kamu lebih teliti dalam membeli produk ya, jadi sebelum kedaluwarsa bisa kamu hibahkan ke teman atau saudara. Perhatikan penyimpanannya juga, agar nggak terlalu ngumpet sampai terlupa. Semoga tips Hipwee kali ini bermanfaat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE