“Merek terkenal dan tipe terbaru tak selalu menjadi jaminan kualitas smartphone-mu.”

Membeli smartphone bukan hal yang mudah, apalagi sekarang banyak sekali pilihan smartphone bagus dari berbagai macam merek. Pengennya sih dapat smartphone yang awet, tapi kadang juga ingin mengikuti tren terkini. Misalnya sekarang pas lagi rame main pokemon, kamu yang HPnya belum support jadi pengen beli lagi ‘kan?

Advertisement

Pokoknya, jangan buru-buru memutuskan, ikuti tips-tips ini dulu sebelum memutuskan untuk memilih smartphone mana yang akan kamu beli.

1. Demi kenyamanan, pilih ukuran yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan

Ukuran via youtube.com

Setiap orang memiliki ukuran jari-jari dan telapak tangan yang berbeda karena itulah ukuran smartphone yang nyaman untuk setiap orang juga berbeda. Selain itu, ukuran juga menentukan seberapa banyak aplikasi yang bisa kamu pasang. Besar kecilnya layar juga mempengaruhi daya baterai ponsel itu. Pertimbangkan juga apakah ponsel itu bisa dimasukkan ke saku dan tasmu atau tidak.

2. Jangan cuma lihat warna atau bentuknya yang lucu, tapi cek juga prosesornya

Prosesornya perhatiin via digitaltrends.com

Mungkin kamu tidak terlalu paham prosesor itu apa. Ibarat tubuh manusia, ponsel pun memiliki otak yaitu prosesor yang akan menentukan seberapa cepat sebuah informasi diproses di sana. Ada dua hal mengenai prosesor yang perlu kamu perhatikan yaitu, jumlah core dan kecepatan clock. Pilih smartphone yang prosesornya memiliki beberpa core dan untuk kecepatan clock biasanya dicantumkan dalam satuan MHz.

3. Kalau kamu hobi download dan nge-game, penting untuk memperhatikan RAM dan memori internalnya

Pilih yang ini? via reference.com

Advertisement

RAM berguna untuk menyimpan informasi dan menyimpan data pada program yang sedang berjalan. Ukuran RAM bisa kamu temukan dalam ukuran gigabyte (GB), semakin besar berarti semakin bagus karena bisa muat lebih banyak. Kecuali kamu nggak butuh memasang banyak aplikasi, RAM-nya kecil juga nggak papa.

Kapasitas memori internal juga harus kamu perhatikan juga karena ada beberapa aplikasi yang nggak bisa disimpan di memori eksternal.

4. Cari tahu tentang sistem operasi dan aplikasi yang tersedia di dalamnya

Sistem operasinya apa? via youtube.com

iOS memiliki sistem operasi yang sederhana dan dikenal dengan kemudahan penggunaannya. iOS dikenal pula mampu menggunakan sumber daya dengan baik sehingga iPhone RAM-nya kurang dan CPU-nya lebih lemah dari perangkat lain. Kelemahan iOS adalah pada keterbatasannya, misalnya untuk memainkan musik kamu hanya bisa menggunakan iTunes.

Berbeda dengan Android yang jauh lebih populer di Indonesia, penggunaannya mudah dan aplikasi yang bisa kamu unduh di playstore juga beragam. Buat kamu yang khawatir dengan privasi dan informasimu, maka merk blackberry jadi pilihan yang paling aman untukmu.

5. Rajin-rajin lah mencari tahu tentang ponsel incaranmu di internet, atau tanya-tanya ke orang yang lebih paham

Minta pendapat temen yang pakai itu via lifehacker.com.au

Kalau kamu lihat di website-website e-commerce biasanya akan ada ulasan dari para pembeli smartphone jenis tersebut. Kamu juga bisa tanya ke teman-temanmu yang kebetulan memakai jenis smartphone yang sama. Tujuannya, biar kamu tahu apakah para penggunananya puas atau menemui kesulitan saat mengoperasikan smartphone tersebut atau tidak. Mungkin kamu juga akan menemukan kebutuhan yang sama dengan salah satu pengulas.

6. Pengen yang bagus-bagus semuanya itu pasti, tapi ingat juga berapa budget atau uang yang kamu miliki

Inget uang yang kamu punya via wired.com

Sistem operasi yang bagus, RAM yang besar, dan berbagai macam pendukung kece lainnya pasti kamu inginkan. Tapi jangan lupa dengan kondisi kantong, apalah arti smartphone bagus kalau hutang atau kreditan. Mending kamu nabung-nabung dulu aja atau beli yang memang sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Jadi nggak ada tuh namanya beban hutang yang besar cuma gara-gara pengen dapet HP model terkini.

Banyak yang belum tahu kalau mengganti atau membeli smartphone itu tak semudah, tapi juga tak sesulit kelihatannya. Kamu juga harus paham, bahwa smartphone yang bermanfaat adalah, ‘dia’ yang senantiasa memudahkan hidupmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya