“Eh, mukamu kok masih jerawatan sih? Sampe merah gitu lho!”

Duh, keki nggak sih rasanya kalau ada teman lama yang negur begitu pas pertama kali ketemu sama kamu? Rasanya pasti jengkel bin kesel banget ‘kan. Bukannya tanya kabar, eh malah fokus ke taburan jerawat yang menghiasi wajah kamu. Lagian  siapa sih yang nggak ingin punya kulit wajah yang mulus dan halus, nggak ada noda ataupun jerawat bandel yang mengganggu?

Advertisement

Tenang, jerawat pasti bisa diatasi kok guys! Percaya deh, asal ada tekad kuat dan ketelatenan, kamu pasti bisa mendapatkan wajah yang bersih dan bebas jerawat. Sebelum frustasi karena urusan jerawat tak kunjung tuntas, cek dulu deh tips dari Hipwee kali ini. Semangat!

1. Kalau selama ini kamu terlalu panik dan kalap sampai mencoba beragam macam perawatan, coba deh perlahan mulai beralih ke perawatan yang lebih simpel

Perawatan sederhana cukup kok, nggak usah terlalu ribet! via www.linkedin.com

Bukan berarti Hipwee melarangmu untuk menggunakan serangkaian produk perawatan lengkap seperti 7 sampai 10 langkah perawatan ala Korea yang beken itu, tapi ingat kondisi kulitmu yang sedang kacau sekarang pasti sedang sangat sensitif. Semakin banyak terpapar kimia dan beragam macam bahan bisa jadi malah memperburuk kondisi kulitmu lho.

Oya, hindari menggunakan produk abal-abal yang nggak jelas produsen dan kandungannya ya. Lebih baik pilih produk yang jelas asal usul dan kredibilitasnya. Produk yang dijual via agen di Instagram atau FB perlu dipertanyakan lagi tuh kredibilitasnya, apalagi diiming-imingi hasil putih dan instan!

Advertisement

Coba deh, mulai hari ini gunakan produk yang benar-benar jelas produsennya dan benar-benar kamu butuhkan. Jika wajahmu biasa dirawat dengan 7 bahkan lebih produk kecantikan, coba mulai kurangi jadi lebih simpel dengan hanya menggunakan 3-4 produk esensial saja seperti pembersih muka, sabun cuci muka, toner dan pelembap atau serum (pilih salah satu). Terkadang yang dibutuhkan kulitmu hanya sesuatu yang simpel dan minimal. Coba 1-2 minggu dan lihat reaksi wajahmu.

2. Kulitmu adalah cerminan gaya hidupmu. Mau semahal apapun, sebaik apapun produk perawatan yang kamu miliki, efeknya nggak akan kelihatan dan bertahan selama pola hidupmu nggak sehat

Lebih rajin makan sayur dan buah yuk! via www.modernrestaurantmanagement.com

Sudah mencoba bermacam-macam produk, dari produk murah sampai yang harganya selangit bahkan sampai terjerumus ikut arus beli sepaket produk ‘dokter anu’ yang keamanannya dipertanyakan saking frustasi dengan jerawat? Hmm, coba cek lagi deh pola hidupmu. Kira-kira kamu sudah cukup tidur nggak, minimal 7 jam sehari?Sering makan gorengan, masih suka jajan sembarangan? Masih suka konsumsi telur ayam ras dan dairy product (susu sapi dan turunannya) yang sering memicu reaksi alergi pada orang yang cenderung berjerawat? Kalau ya jangan harap kulitmu bakal lekas sekinclong Miranda Kerr deh 🙂

3. Produk perawatan alami di rumah memang bagus, tapi nggak selalu semenakjubkan itu kok. Gunakan saja apa yang cocok buatmu, sekalipun orang memberi saran begini dan begitu

Terkadang bahan alami pun bisa memicu alergi lho via www.leaf.tv

Melihat wajahmu yang berjerawat, pasti kamu sudah kenyang dinasihati orang untuk coba perawatan dengan kulit pohon ini, rebusan daun itu, bahan dapur abcd dan sebagainya. Ingat, kondisi mukamu sedang sangat sensitif dan terpapar terlalu banyak hal kadang bisa memicunya semakin meradang, lho. Misalnya saja lemon, meski memang baik untuk wajah berjerawat, cocok atau nggaknya harus dites di kulitmu. Madu dan oatmeal juga bagus, tapi nggak semua orang cocok dengan kedua bahan ini.

4. Kalau kamu sudah bolak-balik ke dokter kulit dan nggak mendapat hasil yang memuaskan, coba cek lagi caramu membersihkan wajah sehari-hari. Yap, kadang solusinya semudah itu

Lebih rajin membersihkan wajah yuk! via beautynesia.id

Karena tuntutan jaman profesi, seringkali kamu terpaksa harus menggunakan beragam macam produk kosmetik di wajahmu. Coba deh sekarang agak dikurangi, terutama foundation dan primer yang biasanya banyak mengandung zat (misalnya silikon) yang bisa menyumbat pori-porimu. Malas membersihkan wajah juga bisa jadi biang kerok jerawat yang betah bercokol di kulit wajah. Coba deh melakukan double cleansing dengan lebih rajin mulai hari ini. Diawali dengan membersihkan wajah dengan micellar water atau pembersih make up berlanjut ke cuci muka, pastikan wajahmu benar-benar bersih sebelum tidur!

5. Tangan, peralatan make-up dan bantal yang kotor adalah musuh utama jerawat. Kuman dan debu di area yang sehari-hari tersentuh kulitmu bisa bikin kondisi jerawat nggak pernah membaik lho

Malas bersih-bersih tempat tidur juga jadi pemicu jerawat lho via www.star2.com

Hal-hal klise seperti sarung bantal yang jarang dicuci, hobi pegang-pegang muka pas tangan kotor dan malas cuci spons dan kuas make up bisa jadi pemicu jerawat bandel yang nggak hilang-hilang. Percuma deh melakukan perawatan sebagus apapun kalau hal sepele begini nggak diperhatikan~

6. Terkadang jerawat dipengaruhi oleh hormon dan level stres yang kamu miliki. Coba deh seminggu ini untuk rileks, lebih banyak tertawa dan nggak mikir urusan jerawat

Nggak perlu stres ya kalau mau jerawatnya minggat via healevate.com

Kalau semua cara sudah kamu lakukan dan jerawat masih betah di wajah bisa jadi jerawatmu benar-benar dipengaruhi oleh hormon dan level stres.

Dilansir dari facingacne.com, hal pengujian para dermatolog di Stanford University pada responden mahasiswa dan kaitannya dengan level stres membuktikan mahasiswa yang stres lebih mudah menderita kulit berjerawat daripada yang nggak stres.

Selain meminta saran dokter kulit terkait jerawat yang disebabkan hormon, ada hal penting yang bisa kamu lakukan sendiri yaitu belajar rileks dan menghindari stres. Lebih banyak bersyukur, cuek sama omongan orang lain dan belajar menerima kekurangan dan kelebihan diri pasti akan membuatmu lebih tenang dan nggak gampang stres deh. Percaya deh, kamu nggak sendirian kok saat berperang melawan jerawat jadi jangan sampai stres ya~

7. Percaya nggak percaya, terkadang produk sederhana yang mengandung bahan-bahan anti jerawat yang umum ditemukan seperti belerang atau salicylic acid bisa jadi senjata ampuh untuk memerangi jerawatmu lho

Cari yang paliing sesuai kocek dulu ya via www.newbeauty.com

Sudah pernah coba produk-produk simpel di pasaran yang mengusung belerang dan salicylic acid sebagai bahan utamanya? Kalau belum, coba deh iseng-iseng coba sekarang. Gunakan sesuai petunjuk dan lihat hasilnya. Terkadang produk harga di bawah 50.000 hasilnya lebih mengejutkan daripada produk seharga 500.000 lho. Jangan lupa membersihkan dan melembabkan muka nggak sampai terlewat!

Menghilangkan jerawat dengan cepat itu bisa kok, sangat bisa. Tapi ingat, ‘cepat’ itu sangat relatif dan bervariasi tergantung individu. Nggak perlu berharap simsalabim semalam langsung mulus kinclong deh. Yang pasti, percaya saja usaha nggak akan mengkhinati hasil selama usaha yang kamu lakukan benar. Entah itu 1 minggu, 1 bulan, setengah tahun, kalau kamu telaten dan menerapkan tips di atas, pasti jerawatmu bakal menghilang. Semangat terus dan tetap percaya diri ya, karena cantik itu nggak sedangkal diukur dari jerawat yang nongkrong di wajah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya