Sebagai seorang hamba Allah, nggak ada salahnya kalau kamu mengisi waktu sehari-hari dengan memperbanyak ibadah. Hehe. Kalau ibadah wajib seperti shalat 5 waktu dan puasa Ramadhan telah kamu lakukan, sekarang waktunya menjalankan ibadah sunnah. Demi ngumpulin pahala ceritanya, hehehe.

Nah, sayangnya nih ada saja halangan kamu untuk melaksanakan ibadah sunnah. Jangankan sunnah, yang wajib aja susah banget rasanya, eh? ;p. Entah itu rasa malas, rasa kagok karena belum terbiasa, teman-teman yang gak ikut ibadah, dan lain-lainnya.

Advertisement

Yah, namanya juga belajar. Kalau kamu masih kesulitan untuk berpuasa sunnah Senin-Kamis, Hipwee ada beberapa tips di bawah ini yang bisa membantu. Silakan disimak ya!

1. Hambatan terbesar puasa adalah bangun sahur. Jadi kalau sudah niat puasa sunnah, pasang alarm biar kebangun!

jangan lupa setel alarm ya

jangan lupa setel alarm ya via id.wikihow.com

“Besok gue mau lanjut puasa ah, bangunin ya!”

“Lo pasang alarm juga deh, takut gue juga kesiangan. Hehe.”

Bangun sahur memang salah satu kegiatan yang dianjurkan saat kamu ingin berpuasa, tapi sulit banget nih melakukannya. Ke-mager-an yang menyelimutimu untuk bangun dari kasur ini seperti nggak ada yang bisa mengalahkannya.

Advertisement

Untuk itu, kamu perlu banget nih malam sebelum sahur jangan begadang dan menyetel alarm agar mudah bangun sebelum waktu Subuh!

2. Sebelum menyetel alarm, sebaiknya kamu udah mengetahui pukul berapa adzan Subuh berkumandang. Hal ini supaya sahurmu nggak tergesa-gesa.

sahur

“Lo udah pasang alarm buat besok sahur?”

“Udah kok. Tadi gue lihat jadwal Subuhnya dulu diinternet.”

Mengetahui waktu Subuh sebelum menyetel alarm ini harus kamu lakukan. Hal ini supaya saat makan sahur nanti kamu nggak terburu-buru karena khawatir adzan Subuh berkumandang. Dengan mengetahui waktu Subuh sebelumnya, kamu bisa menikmati makan sahur dengan tenang deh. Kamu juga nggak terlalu dini untuk bangun sahurnya kan? Hehe.

3. Biar semangat, ajak keluarga dan teman untuk puasa. Lumayan kan menahan rasa lapar dan haus berjamaah ;D

kita lagi nunggu buka puasa nih

udah adzan tapi makanan sama minumannya belum datang, huh via hafizzy.wordpress.com

Agar ibadah yang kamu laksanakan semangatnya nggak menghilang, salah satu cara ampuh yang dapat dilakukan yaitu mengajak kerabat untuk berpuasa juga. Apalagi kalau sahurnya bareng-bareng, kalian bisa saling membangunkan deh. Kan seru menahan lapar dan haus dahaganya secara bersama-sama, iya nggak? ;D

4. Buat puasa sunnahmu menjadi momen yang berkesan, salah satunya dengan mengadakan buka puasa bersama

berkesan kan hehe

berkesan kan hehe via dfmittelkom.wordpress.com

Rasanya masih kurang oke nggak sih kalau puasa tapi belum mengadakan buka bersama? Ada momen keseruan sendiri yang diciptakan dari buka bersama lho. Misalnya saja saat menyiapkan masakan dan rebutan mengambil makanannya. Habis itu baru deh mengeluarkan keluh kesah selama seharian penuh. ;p

5. Kalau gak ada yang terbius ajakanmu, ya udah gak apa-apa. Pikirkan saja kalau kamu telah selangkah lebih hemat dibanding mereka ;D

Apa kamu punya tanggungan?

Apa kamu punya tanggungan? via www.cuinsight.com

Percaya nggak kalau dibalik niatmu berpuasa untuk mendapatkan pahala dan mendekatkan diri kepada Allah, juga sebagai salah satu cara untuk berhemat? Yah, bukan niat utama sih, tapi hal itu terselubung secara nggak langsung hehe. Nah, kalau ada teman atau keluargamu yang nggak bisa diajak puasa bareng, kamu jangan sedih. Toh, kamu udah lebih mengirit pengeluaran kok. Uang makan dalam sehari bisa kamu sisihkan untuk keperluan lain.

6. Ingat saja, dengan berpuasa, kamu telah meringankan tugas organ pencernaan. Siapa yang gak senang kalau ini baik buat kesehatan?

berikan sesekali organ pencernaanmu untuk beristirahat sejenak

berikan sesekali organ pencernaanmu untuk beristirahat sejenak via bandarlampungku.com

Organ pencernaan senantiasa bekerja, namun fungsi yang dimilikinya bisa menjadi nggak optimal karena dipaksa melaksanakan tugas secara terus-menerus. Oleh karena itu, organ pencernaan membutuhkan waktu istirahat sejenak agar kinerja di kemudian hari bisa selalu maksimal.

Puasa sunnah itu banyak manfaatnya. Nggak hanya dari pahala yang kamu dapatkan, tapi juga kesehatan tubuhmu yang semakin terjaga. Selain itu, hidupmu akan lebih terasa tentram dan tenang di kemudian hari. Jadi, puasa sunnah memang nggak ada ruginya. Yuk, biasakan puasa sunnah dari sekarang. 😉

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya