Apa produk kosmetik terfavorit kamu?

Pasti akan ada yang bakal langsung menjawab (dalam hati aja ya jawabnya!) lipstik, blush on, pensil alis, atau maskara sebagai kosmetik terfavorit. Ya memang nggak ada yang salah kok dengan bermain-main make-up. Tapi ingat, jangan sampai lupa satu elemen penting yang bisa menjaga awet cantikmu. Yap, perawatan kulit! Secetar apapun hasil make-up kamu, pasti nggak bakal nolak dong punya kulit yang flawless

Advertisement

Nah, kalau selama ini produk perawatan kulit kamu hanya seputar micellar water dan sabun cuci muka, simak baik-baik dulu nih trik penting perawatan kulit yang kerap disarankan oleh para ahli perawatan kulit. Demi meraih kulit mulus dan bersinar, jelas cuci muka saja nggak cukup! Cus langsung cek nih tipsnya!

1. Cuci muka sudah. Tapi kok kayaknya komedo dan jerawat masih suka betah? Bisa jadi gara-gara kamu nggak melakukan double cleansing method!

Jangan asal cuci muka! via www.mamamia.com.au

Wajahmu yang seharian terpapar polusi debu dan asap butuh pembersihan yang lebih dari sekadar cuci muka. Eh, kamu sehari-hari nggak pakai make-up? Darling, mau kamu pakai make-up macam kue lapis alias tumpuk-tumpuk atau nggak bedakan tetap saja wajahmu terpapar kotoran yang beterbangan di udara. Pastikan sebelum tidur wajahmu sudah benar-benar bersih dari residu dengan membersihkan wajah dengan cleansing milk, micellar water, balm atau oil dilanjut dengan cuci muka dengan face wash andalan.

2. Maskeran 1 sampai 2 kali seminggu mungkin selama ini hanya kamu lakukan kalau ingat. Padahal nih, maskeran bisa memberi suntikan nutrisi penting yang dibutuhkan kulitmu lho

Pakai aja masker yang cocok di kulit dan kantong kamu via www.simple.co.uk

Secara teori mungkin kamu tahu, kalau maskeran itu penting. Tapi pada praktiknya, kadang suka malas nggak sih? Hehe! Padahal nih, maskeran bisa memberikan nutrisi ekstra yang dibutuhkan kulit kamu. Ya minimal pakai sheet mask yang super praktis itu lho, yang nggak perlu dibilas-bilas lagi!

3. Menggunakan produk yang mengandung retinol bisa jadi solusi untuk kulit kusam yang terlihat menua sebelum usia agar kulitmu nggak lagi kusam dan terlihat lelah!

lawan penuaan via stylecaster.com

Advertisement

Retinol bekerja untuk melawan tanda-tanda penuaan dengan menstimulasi kemampuan sel kulit untuk terus beregenerasi, terlebih dengan seiring pertambahan usia kemampuan sel beregenarasi semakin berkurang. Tentu ada hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan produk perawatan dengan menggunakan retinol, seperti nggak digunakan saat hamil, memperhatikan dosis pemakaian sampai wajib mengenakan sunblock di pagi dan siang hari.

4. Menggunakan pelembap sesuai jenis kulit itu sangat, sekali lagi, sangat penting. Segala jenis kulit, tak terkecuali. Yap, termasuk kamu yang kulitnya berminyak

Sudah pakai pelembap wajah hari ini? via www.google.co.id

Percayalah, pelembap bukan hanya milik mereka yang berkulit kering. Pilih pelembap dengan fungsi yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pelembap yang tepat dan menghidrasi dapat membantu banyak masalah kulit, seperti kekeringan, produksi sebum berlebih sampai masalah kulit kusam.

5. Sudah masuk tahun 2018 tapi masih buta sama sunscreen? Duh, jangan sampai deh ya!

Tabir surya itu buat SEGALA usia ya, Gengs via www.google.co.id

Hidupmu belum lengkap kalau belum bertemu produk sunscreen yang tepat. Gih, buruan cari kalau belum punya! Bukan sekadar ikut arus tren kecantikan, sunscreen bisa memperlambat proses penuaan dan memperkecil risiko kanker kulit lho! Ingat, bukan cuma buat cewek tapi juga buat cowok lho.

6. Menggunakan face spray bagi sebagian orang mungkin terkesan mewah bahkan lebay. Padahal nih, aneka pilihan face spray bisa bantu atasi masalah kulitmu

Entah itu buat penyegar, pelembap atau sunscreen semuanya via www.google.co.id

Ada beragam pilihan face spray yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kulit, mulai dari mengontrol minyak wajah sampai melembapkan wajah kering. Bahkan ada face sunscreen spray untuk melindungi kamu dari bahaya sinar UV A dan UV B. Bukan buat sok cantik, face spray itu penting!

Dari sekian banyak trik perawatan kulit standar tersebut, mana yang paling sering kamu langgar? Mendapatkan kulit sehat memukau memang nggak bisa instan, selain butuh usaha dari luar juga tentu butuh dukungan dari dalam seperti menjaga asupan makanan, minuman dan aktivitas olahraga yang seimbang. Yuk mulai sekarang lebih rajin lagi merawat kulit, biar cantiknya bisa terus bertahan sampai nanti!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya