6 Trik Ngurangin Porsi Makan Tanpa Harus Mewek dan Kelaparan. Nggak Berasa Lagi Diet!

Trik mengurangi porsi makan

Hal pertama yang terlintas saat berencana menurunkan berat badan adalah mengurangi porsi makan. Kedengarannya sih gampang, tapi bagi yang sudah terbiasa makan porsi sekenyangnya banyak, ini adalah hal yang sulit. Kendala paling sering adalah merasa belum kenyang. Alih-alih menahan diri untuk makan dengan porsi yang sudah diatur, justru malah jadi dobel makannya gara-gara kelaparan. Huft, gagal diet deh jadinya~

Advertisement

Hipwee Tips punya trik cerdas untuk mengurangi porsi makan tanpa merasa sayang dan kelaparan.

1. Gunakan piring kecil dengan warna yang mencolok. Otomatis jumlah makanan yang kamu makan pun berkurang

pakai piring kecil dan mencolok warnanya via www.thespruceeats.com

Orang cenderung mengisi piring mereka dengan makanan sekitar 70%, terlepas dari ukuran piring yang digunakan. Nah, kalau kamu pakai piring berukuran kecil, secara nggak sadar porsi makanmu juga ikut berkurang. Cara ini sudah jadi budayanya orang Jepang saat mengonsumsi makanan. Selain itu, piring yang warnanya mencolok atau kontras dengan makanannya juga bikin kamu cenderung makan lebih sedikit. Gunakan piring kecil yang warnanya merah atau biru, misalnya.

2. Penuhi piringmu dengan sayur dan buah dulu sebelum mengambil nasi atau karbohidrat lainnya

buah dan sayuran via eatthegains.com

Penelitian membuktikan bahwa rasa kenyang dipengaruhi oleh jumlah makanan yang dimakan, bukan jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Nah, akali dengan mengambil sayur dan buah yang banyak lebih dulu ketimbang mengambil nasinya. Kalau kamu sudah kenyang lebih dulu karena makan sayur dan buah yang seratnya lebih banyak, otomatis kamu sudah mengurangi porsi nasinya.

Advertisement

3. Selain buah dan sayur, pastikan piringmu juga terisi sumber protein yang bikin kenyang lebih lama

protein via loveleafco.com

Sebelum ambil nasi, pastikan ada sumber protein yang rendah lemak di piringmu setiap makan seperti ikan, seafood, telur, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa makanan sumber protein meningkatkan rasa kenyang lebih besar dibandingkan makanan sumber karbohidrat maupun lemak. Hal ini akan membantumu mengurangi porsi makanan.

4. Ngemil sebelum makan juga bisa mencegahmu makan berlebihan. Tapi ngemil yang sehat lo, ya!

ngemil kedelai via www.health.com

Pilih camilan sehat yang tinggi serat dan protein, misalnya yang terbuat dari kacang kedelai. Protein kedelai bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama karena kandungan serat dan proteinnya yang tinggi, pun rendah lemak, rendah karbohidrat, dan memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga nggak akan menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat setelah makan. Kadar gula darah dan insulin yang stabil akan mengurangi rasa lapar.

5. Kalau nggak ngemil, kamu juga bisa minum air putih terlebih dahulu sebelum makan berat

minum air putih via www.rd.com

Minum air putih sebelum makan cukup efektif bikin makanmu nggak berlebihan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum sekitar 2 gelas sebelum sarapan bisa makan 13% lebih sedikit dibandingkan mereka yang nggak minum sebelum makan. Air putih akan memuaskan dahagamu sebelum makan tanpa meningkatkan asupan kalorimu.

Advertisement

6. Kalau lagi makan, makan saja. Jangan menyambi kegiatan lainnya

fokus makan via www.familyeducation.com

Terakhir, makanlah dengan perhatian penuh dan jauhi gangguan seperti ponsel, televisi, dan komputer saat makan. Hal ini membantu tubuh untuk merespon sinyal kelaparan dan kekenyangan. Sehingga, kamu akan lebih fokus dan mampu merasakan kapan harus berhenti makan saat merasa sudah kenyang.

Kalau sudah tahu trik ini, mengurangi porsi makan pun bukan hal yang mustahil lagi. Coba terapkan trik ini selama seminggu, lalu lihat perubahan yang terjadi di tubuhmu. Semoga dietnya berhasil, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE