Jadi cewek itu cobaannya banyak. Selain sebagai kaum yang sering galau menunggu kepastian hubungan dengan si dia yang entah mau dibawa ke mana, mereka juga bakal galau berkepanjangan saat lagi haid. Terutama ketika masa-masa Pre Menstruation Syndrome (PMS) datang. Bukan hanya kondisi psikis yang jadi serba sensitif, tapi juga nyeri di perut yang tak tertahankan.

Aktivitas yang dilakukan menjelang atau pas PMS sering terganggu dan nggak jarang bikin harimu jadi buruk.

Advertisement

Terkadang kalau kamu sudah menyerah, obat peluruh rasa sakit adalah solusinya. Padahal ada lho, cara lain yang bisa atasi keluhanmu. Untuk itu, kali ini Hipwee Tips akan berikan ulasan gerakan-gerakan tubuh seperti apa yang membantu mengurangi ngilu haid. Gerakan yang berasal dari olahraga simpel seperti yoga ini mudah banget kamu lakukan. Yuk simak 7 pose manjur biar nyeri haid kamu mereda secepatnya.

1. Duduk bersila yang simpel ini identik dengan ketenangan. Oleh karena itu, nggak heran kalau tubuhmu akan rileks segera tanpa ada rasa nyeri lagi

paling simpel

paling simpel via www.eyeinformer.com

Saat ada yang menyebut olahraga yoga, kamu pasti langsung terbesit adanya ketenangan pikiran dan jiwa dalam diri. Hal ini karena gerakan-gerakan yoga memang difokuskan untuk memunculkan rasa tenang. Salah satunya yakni duduk bersila (kapalabhati) – di mana posisi tubuh duduk bersila dengan meletakkan tangan pada masing-masing ujung dengkul. Pose sederhana ini dipercaya dapat melancarkan pernapasan yang gerakannya bisa merenggangkan otot-otot kaku. Tubuhmu rileks dan nyeri haid berkurang.

2. Mengurangi rasa nyeri pada bagian bawah perut dapat kamu lakukan dengan seated forward fold. Sekalian bisa menenangkan pikiran lho

lakukan seperti ini

lakukan seperti ini via www.askmen.com

Saat sedang haid, biasanya daerah perut yang terasa nyeri yaitu bagian bawah. Nah, agar ngilunya tak terasa lagi, kamu bisa menggerakan tubuh dengan duduk sambil kaki dan tangan diluruskan. Kepalamu pun menunduk mengarah ke jari-jari kaki dan berusaha menggapainya dengan tangan secara perlahan. Aliran darahmu jadi lebih lancar, sehingga rasa nyeri berkurang.

3. Kamu memang bukan anak kecil lagi. Tapi, gerakan a la anak kecil yang sedang merengek ampuh meredakan rasa nyeri

gerakan child's pose

gerakan child’s pose via www.today.com

Advertisement

Siapa sangka kalau pose yang sering dibilang seperti anak kecil sedang merengek ini baik untuk tubuhmu saat haid? Yup! Kenyataannya memang terbukti bisa meredakan rasa nyeri. Kamu dapat memposisikan tubuh sedang bersujud, lalu tangan dibentangkan ke depan sampai terkena lantai. Pertahankan letak tangan tersebut, kemudian mengambil napas pelan-pelan dan hitung sampai 10 kali. Percaya deh rasa nyeri dan anggota yang terasa nggak nyaman dapat menghilang seketika.

4. Suka merasa susah kentut saat lagi menstruasi? Coba saja gerakan Pavanamuktasana biar nggak cuma ngilu pada perut berkurang, tapi juga pencernaan lancar

tubuhmu akan terasa nyaman

tubuhmu akan terasa nyaman via praveenyoga.com

Buat kamu yang susah kentut, pencernaan bermasalah, dan nyeri di bagian perut, kamu bisa coba gerakan pavanamuktasana ini. Dengan tubuh berbaring, lalu salah satu kaki atau dua-duanya ditekuk dan dipegang hingga ke dada. Gerakan ini akan memberikan kenyamanan pada daerah perut.

5. Bagi kamu yang suka tengkurap, posisi seperti Locust Pose adalah pilihan tepat. Nyeri hilang dan tubuh terasa rileks

tak ada lagi nyeri

tak ada lagi nyeri via www.yoga15.com

Kamu mungkin sering tengkurap kalau ngilu menstruasi lagi tinggi-tingginya. Tapi, tahukah kamu kalau ada gerakan yang memang bisa membuat ngilu pada perut berkurang dengan cara tengkurap juga? Yup! Kamu bisa melakukan Locust Pose. Gerakan ini membutuhkan tubuhmu tengkurap, lalu tangan diarahkan lurus ke belakang punggung. Jangan lupa mengangkat dada dan kaki berbarengan sambil menghela napas. Lakukanlah hingga lima kali napas panjang ya.

6. Ingin coba gerakan hewan seperti Cat Pose? Mudah dan bermanfaat banget!

posisi tubuh seperti kucing

posisi tubuh seperti kucing via yogadopa.com

Ada berbagai pose yang bisa kamu sontek untuk mengurangi nyeri perut, salah satunya cat pose atau Marjaryasana. Pose ini dilakukan dengan membengkokkan punggung ke atas dan ke bawah seperti kucing. Jangka waktu yang bisa dipakai yaitu sekitar 5 menit atau 10 kali dalam helaan napas panjang. Nah, cat pose ini juga dapat meregangkan otot kaki di bagian tulang belakang dan mengurangi rasa tegang pada punggung. Sehingga tubuhmu akan benar-benar terasa rileks.

7. Manfaatkan tembok rumah untuk mengurangi nyeri haid. Ini penting demi aktivitasmu tak terganggu lagi

sikap lilin

sikap lilin via ashleyneese.com

Kalau kamu suka merasa daerah perut sakit ketika berbaring, mungkin kamu bisa membuat variasi gerakan lainnya dengan sikap lilin. Kamu dapat berbaring sambil pinggul terangat sampai kaki lurus ke atas. Nah, kepalamu yang terasa pusing dapat hilang saat itu juga. Hal ini karena sikap lilin dapat memperbaiki peredaran darah seluruh tubuh. Dengan begitu, rasa nyerinya berkurang.

Datang bulan memang cewek alami setiap bulan. Kamu yang sering merasa terganggu aktivitasnya karena rasa nyeri saat masa PMS muncul, kini nggak akan lagi mengalami. Asalkan lakukan secara perlahan, tubuhmu akan nyaman kembali dan santai untuk beraktivitas.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya