Ingin punya foto-foto kece tapi hanya ada modal smartphone saja? Bisa kok asal kamu tahu triknya! Nggak cuma pakai fish eye dan mode panorama saja, masih ada banyak trik yang bisa kamu pakai. Nah kali ini, Hipwee Tips akan ngasih tahu kamu beberapa trik mengambil foto keren ala-ala fotografer profesional hanya dengan menggunakan smartphone.

1. Gunakan teropong untuk mengambil gambar dari jarak jauh dengan hasil yang menakjubkan

Pakai teropong via youtube.com

Kalau kamu punya teropong (sebaiknya berwarna hitam), coba tempelkan ke smartphone-mu dan bidik objek-objek fenomenal seperti misalnya monumen. Hasil jepretanmu akan jadi berbentuk bulat dengan sekelilingnya hitam. Dijamin keren banget deh! Buat memfoto pacarmu juga pasti oke hasilnya. Hehe…

2. Teteskan setitik air di atas kamera smartphone untuk mengambil foto dari objek yang kecil

Teteskan air via youtube.com

Gunakan sedotan untuk meneteskan air ke kamera smartphone-mu. Tenang, air itu tidak akan jatuh dan menetes kok! Lalu carilah objek kecil seperti serangga atau yang lainnya dan bidik menggunakan kameramu. Hasilnya, pasti selayaknya profesional!

3. Nggak perlu susah-susah selfie lagi kalau sudah ada tripod buatan sendiri

Advertisement

Tripod buatan sendiri via youtube.com

Selfie dengan tangan sendiri kadang tidak memungkinkan terutama untuk mengambil gambar dari angle tertentu. Makanya kamu harus punya tripod. Tapi nggak perlu beli karena sebenarnya kamu bisa bikin sendiri. Gunakan kardus bekas yang dibentuk sedemikian rupa. Lalu manfaatkan headset-mu untuk mengambil gambar tanpa harus memperlihatkan lengan panjangmu.

4. Masukkan smartphone-mu ke dalam gelas, lalu celupkan ke air dan lihat efek yang seperti apa yang terjadi

Masukin gelas dulu jangan lupa via youtube.com

Masukkan smartphone ke dalam gelas dan giring objek yang kamu foto untuk mendekati air. Celupkan sebagian gelas itu ke dalam air dan mulailah memotret. Efeknya bisa kamu lihat pada gambar anjing sebelah kanan atas. Keren ‘kan?

Bukan HP-mu yang dicelupkan, tapi cukup gelasnya saja, ya.

5. Kacamata hitam bisa jadi penyelaras cahaya objek yang sedang kamu foto lho, coba deh!

Pakai kacamata hitam via youtube.com

Ketika objek yang kamu foto memiliki pencahayaan yang berbeda, gunakan saja kacamata hitam untuk menyelaraskannya. Hasilnya juga bakal Instagram-able banget.

6. Cukup bermodalkan potongan kardus, hasil fotomu pun bisa menarik dan pastinya bagus

Lubang kecil via youtube.com

Siapkan secuil kardus yang dibentuk kotak kecil dan lubangi menggunakan jarum. Letakan tepat di depan lensa kamera smartphone-mu. Lalu bidik saja objek yang kamu inginkan dengan meletakkan cuilan kardus tadi di tempat yang tepat.

7. Buat frame menggunakan kertas berwarna putih untuk membuat kesan 4 dimensi. Wiiiiihhh….

bikin frame via youtube.com

Agar fotomu tampak seperti foto 4D kamu bisa memakai trik ini. Buat frame yang benar-benar mirip frame foto lalu tempelkan objek pada bingkai buatanmu itu. Biarkan ada sedikit bagian objek yang keluar dari frame yang sedang kamu pegang. Tanpa susah-susah mengedit, hasil fotomu sudah jelas mirip objek 4D!

Gimana? Nggak susah ‘kan? Cukup asah kreativitasmu saja, hasil foto via smartphone-mu sudah pasti jadi sempurna!