Resep minuman segar dan enak ala Korea yang wajib dicoba

Saat mendengar tentang kuliner Korea, apa yang pertama terlintas di kepalamu? Hayo ngaku, pasti banyak yang membayangkan tentang si kimchi yang berwarna merah itu ‘kan? Padahal selain makanan, minuman segar ala Korea juga bisa jadi menu kuliner yang asyik buat dicoba lho!

Untukmu yang selama ini tahunya cuma si kimchi atau tteokbokki, kamu perlu nih mencoba resep-resep minuman enak dari Korea. Selain relatif mudah dibuat, rasanya yang segar pas banget buat menghilangkan dahaga saat matahari sedang terik-teriknya di luar. Yuk simak baik-baik resepnya dan jangan lupa dipraktikkan di rumah ya~

1. Susu rasa pisang sangat populer di Korea Selatan. Selain membeli yang sudah jadi, kamu bisa lho membuat sendiri minuman segar dan bergizi ini!

Advertisement

Minuman susu rasa pisang atau biasa dikenal dengan banana uyu merupakan salah satu jenis minuman segar yang sangat populer di Korea. Kamu pun bisa lho mengkreasikan sendiri minuman rasa pisang ala rumahan!

Bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 buah pisang matang, potong-potong
  • 1/2 cangkir susu (sekitar 250 ml)
  • 1/2 cangkir air
  • 1 sendok makan sirup mapel (15 ml)
  • Setetes esens vanila

Cara membuat:

Campurkan semua bahan, masukan dalam blender dan haluskan sampai benar-benar cair. Sajikan dalam keadaan dingin~

2.  Panas-panas, memang paling enak bikin minuman segar dan ringan. Korean Watermelon Punch bisa jadi pilihan sempurna untukmu yang gampang mager!

Duh, seger banget! via mykoreankitchen.com

Sajian minuman dingin dan menyegarkan berisi buah-buahan seperti semangka, melon, nanas dan kawan-kawannya mungkin akan mengingatkanmu pada es buah atau sop buah di Indonesia. Ternyata jenis minuman ini pun cukup populer di Korea lho! Yuk, langsung buat sendiri es buah ala Korea-mu!

Advertisement

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 420 g semangka, disekop bulat atau potong dadu
  • 95 g melon, sekop bulat atau dadu sesuai selera
  • 40 g nanas, potong dadu
  • 40 g lemon, iris tipis-tipis
  • 20 g blueberry (opsional saja ya)
  • Daun mint secukupnya sebagai garnish

Cara membuat:

  • Campurkan 2 cangkir minuman soda rasa lemon Sp*ite, 3 sendok makan jus semangka dan es
  • Masukan buah-buahan yang tadi sudah kamu tuangkan
  • Sajikan dalam gelas cantik dan jangan lupa, masukkan daun mint secukupnya. Siap disajikan~

3. Minuman Honey Citron Sparkling Iced Tea adalah jenis minuman Korea populer yang juga wajib kamu coba. Rasanya segar-segar asem gimana gitu~

Maknyes di kerongkongan~ via mykoreankitchen.com

Minuman asem-asem segar khas Korea ini dijamin bakal bikin kamu ketagihan. Modal beli selai jeruk sitrun Korea, kamu bisa kreasikan minuman sendiri berkali-kali~

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 5 sendok makan selai marmalade jeruk sitrun Korea /Yujacha, 유자차
  • 2 cangkir minuman sparkling water, dinginkan
  • Es batu sesuai selera

Cara membuat:

Campurkan semua bahan sampai benar-benar merata, siap disajikan dalam keadaan dingin.

4.  Nggak lengkap kalau kamu ngaku penggemar Korea tapi belum pernah cobain segarnya teh barley atau boricha ini. Cara bikinnya super gampang lho!

Ini Korea banget! via mykoreankitchen.com

Suka sajian teh yang simpel dan bercita rasa unik? Maka kamu wajib banget nih cobain teh barley Korea atau Boricha. Teh ini dipercaya berkhasiat melancarkan pencernaan, membantu mengurangi berat badan dan mengontrol kadar gula dalam darah. Cara membuatnya mudah dan sederhana kok!

Bahan yang kamu butuhkan:

  • 3~4 sendok teh barley panggang atau 1~2 sachet teh celup boricha
  • 2 liter air minum

Cara membuat:

  • Langkah pertama, kalau kamu menggunakan teh barley tubruk, maka kamu harus menyangrai atau memanggahnya terlebih dulu sampai berwarna kecoklatan dan berbau harum. Campurkan dengan air segera.
  • Langkah kedua, kalau kamu menggunakan teh celup barley siap pakai, kamu tinggal seduh saja tehnya seperti biasa dengan air mendidih dan diamkan beberapa saat.
  • Bisa disajikan hangat, tapi dingin lebih nikmat~ Gampang ‘kan? Oya, kamu bisa mencampurkannya dengan gula tapi untuk mendapatkan manfaat dan rasa otentiknya, sebaiknya sih dinikmati tawar saja.

5. Korean Plum Tea, minuman pelepas dahaga ini khas Korea banget dan layak kamu coba. Cara membuatnya simpel dan mudah, asal sudah punya bahan utamanya

Ini juga minuman khas Korea banget dan wajib dicoba~ via mykoreankitchen.com

Buah maesil atau plum Korea ini nggak cuma bisa diolah jadi minuman beralkohol tapi juga sajian teh yang lezat. Yuk coba bikin sendiri di rumah!

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 2 sendok makan ekstrak buah maesil atau plum Korea siap pakai
  • Es batu
  • 1/2 cangkir cangkir (1 cangkir kira-kira 250 ml)

Cara membuat:

  • Susun es batu dalam gelas, masukkan ekstrak buah maesil dan tambahkan air. Aduk rata dan sajikan dingin. Seger!

6. Pernah coba minum Sungyung alias teh beras panggang ala Korea? Sensasi rasanya unik banget lho!

Rasanya unik banget lho! via www.thespruce.com

Sungyung atau teh butiran beras sangrai atau panggang khas Korea ini mudah dibuat karena tinggal menyangrai dan menyeduh teh tersebut. Rasanya ada sensasi gosong dan beraroma kacang. Unik dan wajib coba! Biar nggak repot, buatlah sangrai beras dalam jumlah agak banyak, biar gampang tinggal seduh.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • Beras, sangrai sampai wangi dan berwarna kecoklatan
  • Air minum

Cara membuat:

Campurkan beras yang sudah kamu sangrai sampai kecoklatan, biarkan sejenak sampai rasa dan aroma membaur sempurna. Sajikan dingin. Sensasi rasanya unik banget lho!

7.  Buat kamu yang getol nonton drama Korea pasti sudah nggak asing dengan minuman Sikhye ini. Selain bahannya unik, sensasi rasanya itu nggak bisa kamu dapatkan di minuman lain!

Lucu nih, minumannya pakai bahan nasi~ via mykoreankitchen.com

Pernah minum pakai air nasi? Maka kamu harus nih cobain minum sikhye, minuman nasi dari Korea. Meski kamu sebenarnya bisa juga minum sikhye instan, tapi buatan sendiri tentu lebih hemat lezat. Bahannya mudah dan sederhana. Yuk coba praktikkan di rumah!

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 210 g tepung barley bungkus celup
  • 15 cangkir air
  • 1 mangkok nasi putih , jangan lembek ya!
  • gula sesuai selera
  • Biji pinus kering (opsional)
  • Jujube kering ,potong-potong (ini opsional juga)

Cara membuat:

  • Siapkan rice cooker. Kamu butuh ini untuk membuat minumanmu
  • Masukkan tepung barley instan celup, nasi dan air ke dalam rice cooker. Set rice cooker dalam mode penghangat nasi selama 4-8 jam. Jangan dimasak ya, cukup hangatkan saja!
  • Minumanmu sudah siap jika nasinya sudah terlihat mengambang
  • Setelah selesai, singkirkan tepung celup dan pindahkan minuman ke panci besar
  • Panaskan lagi minuman di panci, masukkan gula sesuai selera
  • Aduk-aduk, matikan api. Dinginkan
  • Setelah dingin, bisa disimpan di kulkas. Sajikan dingin~

Gimana, kira-kira kamu tertarik mencoba yang mana guys? Yuk praktikkan juga, biar kamu nggak perlu jauh-jauh ke Korea dulu untuk menikmati sajian minuman ala Korea, hehe. Jangan lupa nikmati dengan cemilan enak sambil duduk santai di kamar atau di depan rumah ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya