7 Trik Memanfaatkan Laptop Jadul yang Sudah Rusak, Bikin Jadi Berguna Daripada Mangkrak

Mendaur ulang laptop usang

Kerasa nggak sih kalau gadget seperti ponsel maupun laptop itu berkembangnya cepat banget? Perasaan baru beli 2 tahun yang lalu, tapi sudah ketinggalan saja update-annya sama yang baru-baru. Apalagi kalau memang dasarnya sudah ada kerusakan atau cacat yang bikin nilai gunanya jadi berkurang. Hmm, rasanya malas untuk memperjuangkannya lagi.

Advertisement

Gadget yang pengen Hipwee Tips bahas kali ini adalah laptop. Kalau kamu punya laptop yang sudah jadul, belum lagi rusak di beberapa komponennya dan harus dibetulkan, jangan dibiarkan mangkrak saja di lemari. Sayang! Mending kamu manfaatkan lagi menjadi beberapa fungsi berikut.

1. Jika monitornya masih menyala, manfaatkan sebagai stasioneri atau tampilan layar di dinding

ambil layarnya via jalantikus.com

Jika laptopmu yang rusak itu bagian monitornya masih bisa menyala, kamu bisa menampilkannya di dinding kamar sebagai stasioneri atau wallpaper maupun slide foto. Untuk membongkar dan memisahkan monitor laptop, mungkin kamu membutuhkan teknisi yang paham bagaimana cara kerjanya, mengingat monitor laptop termasuk perangkat yang cukup sensitif. Selain itu, kamu juga perlu membeli monitor controller yang cocok dengan monitor milikmu.

2. Tanpa monitor, kamu juga bisa mengubah laptop bekasmu sebagai media center

jadikan media center via casosreales.info

Misalnya, monitor laptopmu yang rusak, maka gunakan bagian mesinnya sebagai media center. Kamu bisa mempergunakannya sebagai multimedia untuk memutar film atau pun musik. Jadi, kamu tinggal colokkan port VGA ke TV LCD, lalu mainkan. Akan makin nyaman lagi kalau kamu punya home theatre di rumah.

Advertisement

3. Ambil hardisk-nya jika masih berfungsi normal, lalu jadikan sebagai hardisk eksternal

manfaatkan hardisk-nya via cara-sidas.blogspot.com

Sebenarnya, di dalam hardisk eksternal yang dijual di pasaran itu berisi hardisk internal laptop, hanya saja dibedakan fungsinya. Coba bongkar laptopmu (atau minta bantuan teknisi) dan ambil hardisk-nya, pastikan masih bisa berfungsi ya. Nah, setelah itu, kamu tinggal membeli hardisk enclosure sebagai wadah atau boksnya. Hardisk eksternalmu pun siap digunakan untuk penyimpanan.

4. Agak ekstrim memang, ambil baterainya untuk dirakit menjadi sebuah powerbank

Kalau kondisi baterai laptopmu masih bagus, kamu bisa mencabut dan menyulapnya menjadi sebuah powerbank. Caranya memang sedikit rumit, intinya kamu perlu membuat diagram eletronik yang sederhana, satukan dengan baterai laptop dan selesai. Coba simak video di atas ini untuk melihat tutorialnya.

5. Kalau kamu senang berkecimpung di dunia teknologi, manfaatkan perangkat laptop yang rusak sebagai alat pembelajaran

buat pembelajaran via winfolder.blogspot.com

Kalau akhirnya laptopmu nggak berhasil diperbaiki, setidaknya kamu bisa memanfaatkan perangkatnya sebagai pembelajaran agar bisa mengenal lebih jauh mengenai sistem dan bentuk yang ada di dalam laptop. Apalagi jika kamu tertarik dengan dunia teknologi yang kental dengan kegiatan oprek-mengoprek perangkat elektronik, khususnya laptop.

Advertisement

6. Atau, manfaatkan sparepart yang masih berfungsi untuk memperbaiki laptop lainnya

manfaatkan sparepart-nya via www.laptopkalimantan.com

Kalau beberapa bagian laptopmu sudah banyak yang rusak, manfaatkan sparepart yang masih tersisa untuk memperbaiki laptop lain yang rusak. Misalnya dari resistor, kapasitor, keyboard dan lain sebagainya. Sesuaikan kebutuhan dengan dengan kerusakan laptop lainnya.

7. Jalan terakhir, jual bagian-bagian laptop secara terpisah kalau memang laptopmu sudah nggak bisa menyala lagi

ya sudah jual saja via www.laroslaptop.com

Memang banyak toko-toko komputer yang mau membeli laptop bekas, namun harganya akan berbeda kalau kamu menjualnya secara terpisah. Terlebih kalau laptopmu sudah nggak bisa menyala lagi, maka biasanya toko tersebut hanya memanfaatkan part atau hardware yang masih bisa berfungsi di dalamnya untuk ‘dikanibalkan’ dengan laptop yang lainnya.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan laptop yang sudah jadul dan rusak. Daripada langsung dijual cuma-cuma, lebih baik kamu manfaatkan dengan baik mana yang bisa difungsikan secara maksimal. Atau menjual komponen yang dirasa nggak bermanfaat tapi sebenarnya punya nilai jual yang tinggi. Hmm, kira-kira bisa dimanfaatkan untuk apa lagi ya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE