9 Jenis Kosmetik yang Kegunannya Dipertanyakan. Daripada Boros, Mending Nggak Beli ‘Kan?

Pantas kalau orang bilang perawatannya cewek itu mahal sekali. Bagaimana tak mahal kalau dari ujung kepala sampai kaki perawatannya dibedakan masing-masing? Perawatan untuk wajah saja bisa lebih dari tiga jenis, mulai dari sabun wajah lah, susu pembersih atau penghapus make-up lah, krim pagi dan krim malam, sampai lipstik dan segala perlengkapan dandan lainnya. Selain membuat setiap cewek boros, sebenarnya ada juga barang kecantikan yang diam-diam nggak begitu bermanfaat banget.

Advertisement

Mau tahu barang apa saja yang sebenarnya nggak perlu kamu repot-repot beli? Daripada boros uang ‘kan? Yuk simak uraian yang Hipwee Tips kutip dari brightside.me!

1. Baik serum atau conditioner nggak akan benar-benar memperbaiki tampilan rambutmu yang bercabang

Rambut bercabang via brightside.me

Rambut yang bercabang bukan hanya menyebalkan secara tampilan, tapi juga salah satu penyebab rambutmu cepat sekali kusut dan berantakan. Nggak heran kalau akhirnya banyak cewek yang rela merogoh kocek untuk perawatan seperti creambath rutin, atau paling nggak membeli conditioner serta serum. Padahal serum atau conditioner itu sendiri nggak memperbaiki tampilan rambutmu sepenuhnya. Karena cara satu-satunya menghilangkan rambut bercabang, ya cuma dengan mengguntingnya.

2. Repot-repot beli lotion buat tangan, kaki dan badan dengan produk yang berbeda-beda, padahal tubuhmu hanya butuh satu saja

Lotion via misslouie.com

Karena yang diperlukan kulit tubuhmu semuanya sama saja. Jadi memang sebenarnya kamu cuma perlu satu lotion saja untuk kaki, tangan, tubuh, bahkan wajahmu. Ini berlaku kalau jenis kulitnya bukan yang sensitif sekali.

Advertisement

3. Saat rambutmu ketombean, yang dibutuhkan bukan sampo anti ketombe biasa, tapi sampo obat dari dokter kulit terpercaya

Ketombe via brightside.me

Mau berbulan-bulan rutin menggunakan sampo anti ketombe, tetap saja kepalamu tak bersih dari kotoran ini. Malah kadang bisa semakin parah, karena ternyata tak cocok. Alih-alih terus mencari-cari sampo ketombe lain, kamu harusnya segera pergi ke dokter kulit untuk mendapat treatment atau pengobatan yang tepat.

4. Buat apa facial toner?! kalau akhirnya kamu akan cuci muka dengan sabun muka

Toner via elitedaily.com

Kebanyakan dari kamu berpikir kalau toner itu salah satu langkah untuk merawat wajah dengan baik dan benar. Padahal membersihkan wajahmu dengan sabun pembersih wajah sudah cukup, bahkan lebih efektif dari toner itu sendiri. Apalagi dikebanyakan toner mengandung alkohol yang justru lebih berisiko membuat kulit wajah kering.

5. Karena nggak semua lip balm bisa membantu bibirmu terhindar dari kering dan pecah-pecah

Beeswax via www.brit.co

Kamu mungkin mengira lip balm jadi penyelamat bibirmu yang pecah-pecah. Sementara kebanyakan lip balm mengandung alkohol yang justru membuat bibirmu berisiko lebih kering lagi dan tetap saja pecah-pecah. Jadi cara paling tepat ya mengoleskan beeswax alias lilin lebah, atau minyak zaitun, kelapa serta madu.

Advertisement

6. Kalau hanya untuk memudahkan mencukur dan menghindari luka, kamu tak perlu menggunakan krim khusus kok

shaving cream via brightside.me

Krim mencukur memang fungsinya untuk melunakkan folikel rambut, supaya proses mencukur lebih mudah dan tak berisiko tergores. Tapi kamu tahu nggak, kalau sabun cair juga bisa menggantikan peranan krim mencukur, bahkan lebih baik. Karena sabun cair sendiri mengandung banyak gliserol yang jelas lebih melembapkan daripada krim cukur. Jadi masih mau beli krim cukur lagi?

7. Buat apa beli krim selulit, kalau nggak sepenuhnya menghilangkan dan cuma sedikit menghaluskan kulit

scrub yang lebih ampuh menghilangkan selulit via perfectbeauty.id

Karena menghilangkan selulit itu bisa secara alami, seperti membiasakan diri dengan gaya hidup aktif serta diet sehat, atau bisa mencoba pijat dan penggunaan scrub yang merangsang sirkulasi darah. Toh krim selulit yang beredar di pasaran tak benar-benar seperti tongkat ajaib yang menghilangkannya dengan sekejap. Kebanyakan krim selulit hanya sedikit melembutkan kulit, sementara bercaknya masih saja terlihat.

8. Minyak khusus kutikula yang sebenarnya tak memberi efek jangka panjang

Minyak kutikula via brightside.me

Bukan cuma kuku yang harus dirawat, tapi juga kutikulanya. Tapi perlu kamu tahu kalau minyak khusus kutikula pun sebenarnya tak banyak membantu. Lagi-lagi minyak kelapa, zaitun atau beewax lah yang jadi solusi untuk merawat kutikula kukumu.

9. Kalau sudah ada masker krim atau natural lain, kenapa masih harus beli masker kertas

Masker kertas via www.anibee.tv

Sekarang memang banyak masker kertas yang lucu-lucu, tapi sayangnya mereka hanya melembabkan dan menyerap minyak. Sementara untuk benar-benar menutrisi kulit masker krim atau natural lainnya tetap jadi juaranya.

Bagaimana, kamu masih mau beli barang-barang kecantikan ini?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tukang catat yang sering dilanda rindu dan ragu

3 Comments

  1. Ada beberapa poin yang saya agak gagal paham nih:
    1. Serum sama conditioner bukan berarti gak penting sih ya, yang ngaco itu kalo dipake untuk mengatasi rambut bercabang. Soalnya tujuan dibuat serum sama conditioner memang bukan buat mengatasi rambut bercabang. Lebih ke salah fungsi ini, bukan salah useless product.

    3. Apa iya sih masalah ketombe harus ke dokter kulit?! Kalau setelah penanganan standar masih belum bisa diatasi, mungkin baru perlu ke dokter kulit. Masak terus diartikan shampo antiketombe itu useless sih…

    4. Toner gak se-useless itu kali… Mungkin mbak penulisnya bisa kaji lagi soal double toning yang salah satunya bisa menggunakan toner. Soal penggunaan toner yang mengandung alkohol, apa iya semua toner kayak gitu? Ini lagi-lagi lebih ke cara penggunaan yang suka gak pas. Kalau kulitnya berminyak ya jangan pake toner yang mengandung alkohol lah. Cermati dulu kebutuhan kulit, dan lagi-lagi, bukan berarti produknya useless. Duh…

    Kayaknya mesti teliti lagi deh editing isi artikelnya…

CLOSE