Ngomongin Korea itu nggak melulu soal operasi plastik!

Kulit muka yang mulus, cerah, dan bersinar. Kuaitas-kualitas tersebut sering kita jumpai pada kecantikan wajah wanita-wanita Korea. Mungkin kamu merasa bahwa cuma artis-artis Korea saja yang bisa melakukan perawatan wajah seperti itu. Tapi ternyata, hal tersebut nggak sepenuhnya benar, lho!

Advertisement

Mau tahu apa saja rahasia mereka? Kali ini Hipwee Tips bakal ngasih tahu kamu tentang perawatan-perawatan wajah ala cewek Korea yang bisa bikin kecantikanmu bertambah. Langsung cek aja, yuk!

Pertama-tama, bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan make-up remover atau cleanser. Ini penting!

bersihin dulu mukanya

bersihin dulu mukanya via footage.framepool.com

Untuk memulai perawatanmu, kamu wajib memastikan bahwa wajahmu sudah bersih dari segala bentuk kotoran dan sisa make-up. Make-up remover ini bisa membersihkan wajahmu dari make-up yang membandel seperti riasan di bagian mata. Sedangkan untuk cleanser-nya, pastikan bahwa kamu memilih yang berbahan dasar minyak atau oil cleanser. Selain lebih aman untuk wajahmu, oil cleanser juga membersihkan sisa-sisa make-up yang nggak terangkat oleh make-up remover-mu.

Mengapa membersihkan wajah terlebih dahulu penting? Ya, karena ini berguna untuk mencegah debu dan kotoran penyumbat pori-pori wajah, sehingga jerawat dan komedo bisa dicegah.

Setelah itu, maksimalkan pembersihan wajahmu dengan sabun cuci muka andalan. Usahakan, yang berbahan dasar air (water based), ya…

langkah kedua: cuci muka!

langkah kedua: cuci muka! via www.kojabeauty.com

Advertisement

Make-up remover dan oil cleanser memang cocok untuk membersihkan make-up dan kotoran. Meski begitu, produk tersebut akan meninggalkan residu-residu bahan kimia yang perlu kamu bersihkan dengan sabun mukamu. Contohnya, make-up remover biasanya mengandung ethanol yang dapat mengeringkan muka.

Untuk itu, memaksimalkan kebersihan wajahmu dengan sabun cuci muka berbahan dasar air ini sangat perlu dilakukan.

Kemudian, lanjutkan dengan krim pengelupas atau exfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit matimu! Langkah Ini cukup dilakukan dua kali seminggu saja

langkah ketiga: krim pengelupas!

langkah ketiga: krim pengelupas! via designforenterprises.sg

Langkah selanjutnya adalah menggunakan exfoliator atau krim pengelupas kulit. Krim yang satu ini bakalan mengangkat sel-sel mati dan membersihkan hingga ke pori-pori. Krim ini pun dapat meratakan warna kulit. Kamu cukup melakukan langkah ini dua kali seminggu agar kulitmu tetap sehat dan nggak kering, ya!

Sebelum bersiap pakai bedak atau make-up, seimbangkan dulu pH kulit wajahmu dengan toner

pakai toner

pakai toner via allremedies.com

Apa sih toner itu?

Toner adalah cairan berbahan dasar ringan yang dikhususkan untuk menyeimbangkan pH kulit, sehingga lebih siap menerima pengauh dari luar seperti; make-up dan krim-krim perawatan lainnya. Toner juga berfungsi mengecilkan pori-pori wajah, sehingga tampilannya lebih cerah. Di supermarket terdekat sudah banyak dijual, kok 🙂

Setelah kulit wajahmu bersih total dari tiga langkah sebelumnya, sekarang saatnya menyiapkan wajahmu agar bisa menerima vitamin-vitamin dan nutrisi yang akan kamu berikan nantinya. Toner berfungsi sebagai penjaga keseimbangan PH dan kelembaban wajah. Layaknya spons, toner akan membuat wajahmu lebih mudah menyerap nutrisi dan vitamin!

Essence, bagian terpenting dari perawatan wajah ala Korea. Cukup di puk-puk ke wajah dengan tangan, wajahmu pun jadi bersinar!

langkah kelima: essence!

langkah kelima: essence! via www.reallyree.com

Essence adalah produk yang identik dengan perawatan khas Korea. Di Indonesia sendiri belum banyak produk yang menjual essence, meskipun bukan berarti tidak bisa ditemukan. Essence sendiri memiliki beberapa jenis fungsi yang antara lain adalah membuat kulit lebih elastis dan juga mempercepat pergantian sel kulit!

Kemudian, gunakan serum atau booster untuk perawatan kulit wajah yang lebih spesifik!

maksimal dengan serum dan booster

maksimal dengan serum dan booster via herworldplus.com

Serum dan booster biasanya dapat disesuaikan dengan permasalahan kulitmu secara pribadi. Baik kamu yang ingin mengecilkan pori-pori, mencerahkan kulit, menghilangkan flek wajah, ataupun, menghilangkan keriput. Serum dan booster adalah jawabannya. Pakai serum atau booster setelah memakai essence dengan cara yang sama, yaitu ditepuk-tepuk ke wajah.

Masker wajah pun menjadi langkah berikutnya demi wajah yang ternutrisi dengan baik!

rutin pakai masker

rutin pakai masker via darlingmagazine.com

Seperti krim pengelupas wajah, kamu hanya perlu menggunakan masker wajah dua kali dalam seminggu, selama 15-20 menit.

Masker wajah berfungsi untuk memberikan nutrisi pada wajahmu. Seperti serum dan booster, kamu bisa menyesuaikan masker wajah sesuai kebutuhanmu. Variasi masker wajah pun ada banyak mulai dari masker penambah vitamin C, pencerah wajah, hingga penghilang bekas jerawat!

Atau, kamu mau referensi masker yang alami dan bisa dibuat sendiri? Cari tahu di sini, yuk! https://www.hipwee.com/tips/5-resep-masker-wajah-ini-nggak-cuma-bikin-wajahmu-terjaga-tapi-juga-ampuh-buat-kulit-awet-muda/

Matamu pun perlu diberi perawatan tersendiri. Gunakan krim mata untuk menghindari keriput di usia muda!

pakai juga krim mata

pakai juga krim mata via girlscosmo.com

Kulit bagian mata adalah salah satu kulit yang paling rapuh di wajah. Keriput pun biasanya mulai dari bagian kulit sekitar mata. Oleh karena itu, kulit daerah matamu perlu diberikan perawatan khusus dengan menggunakan krim mata.

Untuk menggunakan krim mata, ambil sedikit krim dengan jari manismu dan tepuk-tepuk di kelopak dan bagian bawah mata. Ingat, ditepuk-tepuk ya, jangan diusap!

Selain melembabkan, rutin mengaplikasikan pelembab juga diyakini cewek-cewek Korea sebagai cara untuk mencerahkan kulit

pelembab? wajib!

pelembab? wajib! via youtube.com

Krim pelembab menjadi kunci utama kenapa wajah cewek-cewek Korea bisa tampil dewy atau bercahaya!

Langkah ke-sembilan adalah menggunakan pelembab ke wajah. Pelembab pun banyak manfaat, lho! Selain melembabkan wajah pastinya, pelembab juga mengunci nutrisi-nutrisi yang kamu berikan ke wajah pada langkah-langkah sebelumnya.

Dan terakhir, gunakan krim malam yang cocok dengan wajahmu, demi regenerasi sel kulit yang baik!

pakai juga krim malam

pakai juga krim malam via elle.com

Langkah terakhir dari perawatan wajah ala Korea adalah menggunakan krim malam sebelum tidur. Krim malam memiliki banyak manfaat, antara lain; memperbaiki sel-sel kulit wajahmu yang rusak ketika tidur. Tentunya ‘mereka’ juga mencegah penuaan dini dan menjadikan wajahmu segar ketika kamu bangun tidur!

Meski menurutmu ke-sepuluh langkah tadi ribet atau krurang natural, tidak demikian dengan cewek-cewek Korea. Kamu pun bisa memparktikkan langkah-langkah tadi, asal menggunakan produk yang sesuai dan pastinya aman buat kulit, terutama kulit wajahmu. Nggak perlu ngoyo, kok. Asal rutin, kulit wajah impian pasti nggak mustahil untuk didapatkan!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya