Kalau mendengar kata hanger atau gantungan baju, pasti yang ada dicucianmu adalah cucian basah atau handuk bekas pakai sehabis mandi. Atau, sebagian besar dari kamu menganggap hanger adalah benda yang sepele karena cuma punya satu fungsi, yakni merapikan jemuran atau lemari. But, please. Ini pikiran kuno!

Nyatanya hanger punya banyak manfaat buat kehidupan sehari-hari, tapi kamu saja yang belum menyadari. Gantungan baju yang semula hanya ada di gudang, jemuran atau dekat mesin cuci ini juga bisa eksis di tempat-tempat penting seperti kamar, ruang tamu atau bahkan teras dengan 9 kreasi yang nggak biasa ini. So let’s being creative, people!

1. Jangan biarkan koleksi antingmu berantakan! Gunakan hanger dengan sedikit sentuhan untuk menggantungnya

koleksi anting via wikistyles.com

hanger aksesoris via hgtv.com

aksesoris via homedit.com

Advertisement

unyuuuuu via flickr.com

Selain sedikit-sedikit hilang, anting adalah benda yang susah disimpan karena bahannya yang mudah berkarat dan patah.

Tapi semua keluahan itu nggak akan berlaku lagi, kalau kamu menyimpan koleksi antingmu dengan hanger yang ditambahkan skrup-skrup kaitan berbentuk bulat di bagian bawahnya.

Begini cara merakitnya: Siapkan dulu hanger baju berbahan dasar kayu supaya gampang dirangkai. Pasang skrup dengan jarak tertentu sampai dibagian ujung hanger. Setalah semua skrup terpasang, anting-antingmu pun bisa kamu tata dengan rapi di sana.

2. Masih pakai hanger kayu, sabukmu yang biasanya berceceran juga bisa dirapikan dengan modal gantungan baju

sabuk via fashionmax.com

Selain tempat menyimpan anting, hanger kayu yang ditambah skrup-skrup kaitan juga bisa jadi tempat menyimpan sabuk. Caranya masih sama, skrup-skrup kaitan tadi di pasangakan dibagian bawah hanger. Setelah tersusun rapi hingga ujung-ujungnya, kamu tinggal meletakkan sabuk-sabukmu di sana. Selain lebih hemat ruangan, sabuk-sabukmu pun jadi terlihat lebih rapi di satu tempat saja.

3. Supaya muat dua handuk, coba deh balik posisi hanger yang biasa kamu gantung di dinding!

Kalau biasanya satu hanger cuma muat untuk satu handuk saja. Kamu harus mencoba meletakkan hanger kayumu di dinding kamar mandi dengan terbalik. Nah, dibagian yang berbentuk hook kamu bisa menggantungkan satu handuk besar, sedangkan di bagian atasnya bisa diletakkan lagi satu handuk kecil. Jadi bisa untuk dua tempat menggantuk handuk atau pakaian ‘kan?

4. Sulap saja celana jeans bekasmu jadi Hanging Locker Organizer, agar tatanan kamarmu lebih rapi

Nggak sesulit yang dibayangkan, begini cara membuatnya:

  • Siapkan celana jeansmu yang sudah tak terpakai beserta satu hanger
  • Setelah itu, potong bagian saku belakang dan depan dengan terpisah
  • Sambungkan keduanya kembali dengan menjahitnnya jadi satu bagian seperti gambar di atas
  • Jangan lupa sebelum menjahit bagian atas, kamu perlu memaskukkan terlebih dahulu ke gantungan yang sudah kamu siapkan.

Tadaaaa…. hanging locker organizer dari celana jeans tak terpakai pun siap kamu gantung di tempat kamarmu!

5. Taruh koran-koran atau majalahmu di hanger, biar lebih catchy dan tertata

tempat koran via www.diyncrafts.com

buku-buku via banidea.com

Buatmu yang hobi baca koran atau majalah, menggunakan hanger sebagai tempat menggantungnya bisa jadi solusi jitu. Tanpa ribet, ruangan khususnya ruang tamumu bisa lebih tertata dan enak dilihat.

6. Hanger jadi tempat kacamata pun sah-sah saja. Supaya nggak nyelip dan gampang rusak

kacamata via www.diyncrafts.com

Sama seperti aksesoris lain yang gampang hilang atau rusak, kacamatamu pun butuh perawatan dan penyimpanan khusus. Nah, supaya nggak kebingungan bagaimana cara merawatnya, pakai hanger tak terpakai untuk menggantungnya bisa jadi solusi untukmu.

7. Hanger kawat bisa dimodifikasi untuk tempat meletakkan album foto atau memajang beberapa buku koleksimu

hanger kawat via www.diyncrafts.com

Nggak cuma hanger kayu yang bisa di modifikasi. Tapi hanger kawatmu pun bisa di ubah sedemikan rupa supaya bisa jadi tempat meletakkan buku atau album-album foto keluargamu. Pastinya praktis sekaligus jadi pajangan di dinding rumah atau kamar.

8. Buat cowok-cowok yang punya banyak topi, hanger yang ditambah kaitan plastik pun bisa jadi organizer topimu

Buat cowok-cowok yang suka koleksi topi, tapi sayangnya tercecer di mana-mana. Kadang ada yang di atas meja, tempat tidur, di atas buffet, bahkan ada juga yang tergeletak begitu saja di lantai. Hanger dengan tambahan pengait plastik berbentuk C ini jadi tempat menyimpan topi yang ringkas. Nggak ada lagi perkara bingung nyari topi karena lupa taruh atau terselip entah di mana. 🙂

9. Supaya jilbab atau syalmu tak lecek saat akan digunakan, kamu perlu membuat gantungan khusus seperti ini

hanger hijab via themuslimgirls.com

Di artikel ‘Kreasi Gantungan Jilbab‘ yang pernah Hipwee Tips tulis, kamu akan menemukan beberapa inspirasi gantungan jilbab super unik dan pastinya gampang dibuat. Simak tips dan triknya di sana, ya! 🙂

Setelah melihat beberapa ide kreatif menggunakan hanger di atas, kamu berminat mencoba yang mana nih? Semoga kamarmu jadi lebih rapi, tertata dan pastinya enak dipandang, ya!