Jerawat Nggak Kunjung Hilang? Bisa Jadi Karena 8 Tips Acne Diet ini Belum Kamu Terapkan

Acne diet untuk hilangkan jerawat

Selama ini, kita tahu bahwa penumpukan kotoran di wajah, hormon, stres, dan genetik adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat. Namun tahukah kamu bahwa ternyata pola makan juga dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah? Membasmi jerawat membandel nggak cukup hanya dengan rutin membersihkan wajah dan melakukan perawatan. Mengatur pola makan juga perlu karena asupan makanan yang kamu konsumsi dapat berpengaruh pada kondisi kulitmu.

Advertisement

Nah, untuk mengurangi jerawat yang muncul di wajah kamu bisa mencoba mengatur pola makan dengan melakukan program diet jerawat atau acne diet. Penasaran gimana caranya? Simak ulasan Hipwee Tips berikut!

1. Konsumsi makanan berkadar glikemik rendah biar kadar insulin dalam tubuh nggak melonjak dan akhirnya bikin jerawatan

makanan dengan indeks glikemik rendah via hellosehat.com

Makanan yang mempunyai indeks glikemik tinggi dapat mengancam kestabilan kadar insulin tubuh. Kondisi ini akan memicu penyumbatan pertumbuhan sel pori-pori sehingga aktivitas kelenjar minyak meningkat. Inilah yang kemudian mengakibatkan jerawat. Oleh karena itu, makanan dengan indeks glikemik rendah sangat direkomendasikan buat kamu yang sedang mengalami jerawat.

2. Konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang ampuh mengontrol produksi minyak di wajah

makanan yang kaya omega3 via doktersehat.com

Rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 sangat dianjurkan untuk orang yang jerawatan parah. Karena asam lemak omega-3 dapat membantu mengontrol produksi eukotrien B4 yang meningkatkan sebum serta peradangan pertumbuhan jerawat.

3. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan E biar jerawatnya nggak mudah meradang

makanan yang mengandung vitamin a dan e via www.honestdocs.id

Vitamin A atau retinol dapat mengurangi inflamasi pada jerawat. Sedangkan vitamin E bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen. Makanya orang yang memiliki kulit rentan jerawat sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung kedua vitamin tersebut.

4. Peradangan dan penyembuhan jerawat juga dibantu oleh konsumsi makanan yang kaya akan anti-oksidan

makanan kaya antioksidan via www.themedicalconcierge.com.sg

Penanganan jerawat membandel dapat dibantu dengan penggunaan antioksidan karena zat antioksidan terbukti efektif untuk meredakan peradangan pada jerawat. Antioksidan dapat diperoleh dari bahan pangan seperti buah, sayur dan kacang-kacangan.

5. Konsumsi makanan yang banyak mengandung zincĀ yang efektif melawan bakteri penyebab jerawat

makanan yang mengandung zinc via www.thefitglobal.com

Zinc terbukti efektif melawan bakteri penyebab jerawat. Beberapa studi mengungkapkan bahwa orang yang berjerawat mempunyai kadar zinc dalam tubuh yang rendah, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc.

Advertisement

6. Kalau kamu pengen jerawatnya mendingan, kurangi konsumsi produk olahan susu deh dari sekarang

produk olahan susu via naturalcave.com

Produk olahan susu dapat memperparah kondisi jerawat. Karena produk olahan susu berasal dari sapi-sapi di peternakan yang disinyalir disuntik hormon dan steroid untuk meningkatkan produksi susu perah. Hormon tersebut mengakibatkan ketidakseimbangan hormon sehingga memicu timbulnya jerawat jika terserap oleh tubuh manusia.

7. Cokelat disinyalir banyak mengandung gula, jadi hindari dulu deh, ya~

cokelat via www.lisadrayer.com

Sebuah studi mengungkapkan bahwa cokelat dapat memperparah jerawat. Kandungan gula yang tinggi dalam cokelat lah yang dituding sebagai penyebabnya. Oleh karena itu, jika kamu sedang berjerawat usahakan hindari konsumsi cokelat, atau pilihlah dark chocolate tanpa gula sebagai penggantinya.

8. Minum suplemen kesehatan kulit untuk menyukseskan program diet jerawatmu

supplemen via www.acneeinstein.com

Tak hanya makanan saja, bila perlu tambahkan konsumsi supplemen untuk melengkapi program diet jerawatmu. Bahan-bahan suplemen yang baik untuk kulit berjerawat antara lain selenium, vitamin C dan vitamin B3 atau Niacinamide.

Nah, itulah beberapa cara melakukan acne diet yang bisa kamu praktikkan untuk mendapatkan kulit mulus idaman. Selamat mencoba, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mind wanderer~

CLOSE