Punya berat badan yang ideal jadi cita-cita banyak orang. Hanya saja, yang bikin malas itu treatment-nya. Makanya banyak yang melakukan diet ini dan itu, tapi ujung-ujungnya kandas di tengah jalan karena nggak cukup mantap niatnya. Iya, kayak batal puasa. Belum lagi diharuskan untuk olahraga teratur. Ah, makin mustahil aja kayaknya.

Kamu bisa lo mengupayakan diri untuk menurunkan berat badan tanpa harus repot-repot berdiet apalagi olahraga rutin tiap hari. Asalkan, 3 makanan super penghancur lemak ini rutin kamu konsumsi.

1. Dikenal sebagai makanan super yang ampuh mengecilkan sekaligus meratakan perut, stok pepaya di menu harianmu

Advertisement

Makanan super yang satu ini kaya akan vitamin C, E dan antioksidan. Di dalamnya 100 gram pepaya mengandung 43 kalori. Penelitian yang diterbitkan di NCBI menyebutkan bahwa makan pepaya bisa cegah rasa kembung di perut karena mengandung enzim papain yang menyehatkan sistem pencernaan. Makanya pepaya dianjurkan buatmu yang lagi sembelit.

Konsepnya, semakin cepat sistem pencernaan bekerja, semakin cepat pula metabolisme tubuh bekerja. Kalau sudah begini, pembakaran lemak juga jadi lebih cepat. Efeknya, berat badan pun akan turun perlahan dengan sendirinya.

2. Jahe jadi rempah terbaik yang berperan dalam pembakaran lemak, pencernaan karbohidrat, dan produksi insulin

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Institute for Human Nutrition di Columbia University, seperti dilansir dari Hello Sehat menemukan bahwa mengonsumsi jahe panas bisa kamu merasa kenyang lebih lama sehingga kamu pun cenderung nggak makan lebih banyak nantinya. Studi ini juga menemukan bahwa jahe bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh dan kalori yang dibakar, itu artinya jahe bisa menekan nafsu makanmu.

Advertisement

Cara mudahnya, minum jahe hangat dua sampai tiga kali sehari untuk membantu memperlancar sistem pencernaanmu. Bisa juga dicampur dengan teh atau madu.

3. Minyak kelapa juga mampu tingkatkan metabolisme tubuh. Kalorimu akan cepat terbakar alih-alih tertimbun

minyak kelapa via www.health.harvard.edu

Asam lemak dalam minyak kelapa membutuhkan energi yang lumayan tinggi untuk dapat dicerna tubuh. Hal ini bisa mendorong tubuh untuk membakar energi lebih banyak. Akibatnya, berat badanmu yang turun nantinya. Hasil survey yang dilakukan oleh University Sains of Malaysia, seperti dilansir dari Detik membuktikan, orang yang mengonsumsi minyak kelapa setiap hari selama 12 minggu lingkar pinggangnya berkurang sebesar 1.1 inci. Hal ini didapat tanpa berolahraga ataupun mengubah pola makan mereka.

Kamu disarankan untuk melahap sekitar 2 sendok makan minyak kelapa per hari. Tapi juga batasi jangan sampai lebih dari 30 ml per harinya.

Hipwee mengambil kesimpulan bahwa ketiga makanan super di atas mampu meningkatkan metabolisme tubuh karena hal inilah yang menjadi kunci untuk bisa menurunkan berat badan. Jadi selain mengonsumsi tiga makanan di atas, baiknya kamu hindari makanan-makanan yang justru memperlambat metabolisme tubuhmu seperti karbohidrat olahan (roti, pasta, pizza), junk food, mentega, makanan manis, dan soda. Selebihnya, tetap usahakan banyak bergerak lo ya, bukan berarti kamu leha-leha saja.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya