Beberapa orang ngebet pengen sehat tapi mereka mengaku malas untuk berolahraga. Bukan nggak mungkin, tapi paling nggak kamu harus melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Tenang, masih ada harapan kok untuk bisa sehat tanpa olahraga. Asal kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh dan rutin, percayalah kamu akan mendapatkan satu kata sehat itu.

Seperti 10 kegiatan yang sama-sama menguras tenaga ini, bisa banget kamu coba demi tubuh yang bugar dan sehat sepanjang hari. Apa saja kira-kira? Yuk, simak!

1. Jalan-jalan di mal sembari cuci mata, sejam dua jam lumayan bakar lemak sekaligus menstabilkan tenaga

kalau jalan-jalan di mal? masa nolak? via Beberapa%20orang%20ngebet%20pengen%20sehat%20tapi%20mereka%20mengaku%20malas%20untuk%20berolahraga.%20Bukan%20nggak%20mungkin,%20tapi%20paling%20nggak%20kamu%20harus%20melakukan%20sesuatu%20untuk%20mencapai%20tujuan%20tertentu.%20Tenang,%20masih%20ada%20harapan%20kok%20untuk%20bisa%20sehat%20tanpa%20olahraga.%20Asal%20kamu%20melakukannya%20dengan%20sungguh-sungguh%20dan%20rutin,%20percayalah%20kamu%20akan%20mendapatkan%20sehat%20itu.%20%20Hal-hal%20ini%20bisa%20kamu%20lakukan%20selagi%20kamu%20beraktivitas%20sehari-hari.%20Jangan%20ada%20yang%20terlewatkan,%20ya!%20%201.%20Jalan-jalan%20di%20mal%20sembari%20cuci%20mata,%20sejam%20dua%20jam%20lumayan%20bakar%20lemak%20%20Dengan%20berjalan-jalan%20di%20mal%20dan%20mengobrol%20dengan%20teman,%20kamu%20nggak%20akan%20memperhatikan%20waktu,%20sehingga%20cenderung%20berjalan%20lebih%20lama%20dan%20membakar%20kalori%20lebih%20banyak%20-%20Carlos%20Woods,%20pelatih%20NFL%20spesialis%20pengkondisian%20kekuatan%20dan%20performa%20olahraga.%20%202.%20Sering-sering%20bernyanyi%20bikin%20badan%20lebih%20bugar.%20Biar%20kata%20fals,%20pede%20saja!%20%20Dengan%20bernyanyi,%20tubuh%20akan%20melepaskan%20kelenjar%20yang%20dipercaya%20mampu%20meningkatkan%20sistem%20imun%20tubuh.%20Suasana%20yang%20terasa%20nyaman%20dan%20juga%20ceria%20pada%20saat%20bernyanyi%20bisa%20meredakan%20kondisi%20stres.%20Nggak%20hanya%20itu,%20perasaan%20yang%20lepas%20setelah%20bernyanyi%20juga%20mampu%20menaikkan%20rasa%20percaya%20diri%20kamu.%20%20Jadi,%20kapan%20kita%20karaokean%20bareng

Dengan berjalan-jalan di mal dan mengobrol dengan teman, kamu nggak akan memperhatikan waktu, sehingga cenderung berjalan lebih lama dan membakar kalori lebih banyak.

Carlos Woods, pelatih NFL spesialis pengkondisian kekuatan dan performa olahraga.

2. Sering-sering bernyanyi bikin badan lebih bugar. Biar kata fals, pede saja!

nggak bakal stres deh! via www.easyeartraining.com

Advertisement

Dengan bernyanyi, tubuh akan melepaskan kelenjar yang dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Suasana yang terasa nyaman dan juga ceria pada saat bernyanyi bisa meredakan kondisi stres. Nggak hanya itu, perasaan yang lepas setelah bernyanyi juga mampu menaikkan rasa percaya diri kamu.

Jadi, kapan kita karaokean bareng?

3. Otak juga butuh asupan, mengisi teka-teki silang efektif sebagai suplemennya

makanan otak nih via ecs7.tokopedia.net

Daripada menonton televisi, berikan tantangan pada otak dengan bermain teka-teki silang, sudoku atau membaca buku.

Kalau kamu benar-benar malas atau nggak punya tenaga untuk berolahraga fisik, kamu bisa kok mengajak otakmu untuk berlatih. Ketika otak berpikir memecahkan teka-teki, ada kalori yang terbakar. Teka-teki juga akan membantu otakmu lebih aktif serta mencegah pikun.

4. Nggak banyak orang tahu bahwa bermain bersama hewan peliharaan bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental

senangnya.. via i.huffpost.com

Studi menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan terbukti mengalami peningkatan kesehatan fisik dan mental, termasuk penurunan tekanan darah, memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah hidup yang lebih baik serta memiliki kadar stres yang rendah.

Baiknya kamu pilih hjewan peliharaan yang bisa diajak jalan-jalan ya, guys! Masa kamu mau bawa ikan hias di akuarium ke taman? Hmm…

5. Boleh saja kamu malas olahraga, tapi jangan bilang malas bersih-bersih rumah juga!

lumayan cari keringat via i.huffpost.com

Malas olahraga boleh, tapi jangan juga kamu jadi malas bergerak, dong! Cobalah untuk membersihkan rumah, menyapu atau mengepel misalnya. Dengan ini, kamu akan mengeluarkan keringat sehingga membantu membakar kalori tubuhmu.

6. Istirahatkan mata secara berkala, apalagi kalau aktivitasmu menghadap layar komputer terus-terusan

lihat objek jauh begini bagus buat mata kamu via picjumbo.imgix.net

Kesehatan mata juga penting, lho! Terlebih kalau kamu dituntut untuk bekerja di depan layar komputer berlama-lama. Baiknya kamu terapkan kebiasaan untuk mengalihkan pandangan selama 20 menit sekali.

Misalnya setelah 20 menit kamu fokus mengerjakan sesuatu di depan layar, kamu harus bangun dan pergi ke luar untuk mengalihkan pandanganmu ke objek yang lain. Jangan menyiksa mata!

7. Kurang-kurangin deh minum es, biasakan minum hangat dalam cuaca apapun. Ini berguna, agar berat badan tetap terjaga

segar sih, tapi… via drizly.com

Diantara kamu pasti ada yang punya kebiasaan minum es, atau justru nggak bisa minum tanpa es? Duh, kamu kurang-kurangin deh kebiasaan ini.

Kenapa? Sebab air es dapat membekukan lemak yang ada di darah, sehingga membuat peredaran darah nggak lancar. hal ini menyebabkan proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh terganggu. Hasilnya, tubuhmu menjadi gemuk. Mau?

8. Kalau susah tertawa, nonton saja film komedi. Makin banyak tertawa, makin banyak kalori yang terbakar

banyak tertawa, banyak untungnya via static.independent.co.uk

Selain membuatmu bahagia, tertawa bisa membuat tubuh lebih sehat, terutama paru-paru. Saat tertawa, kamu akan mengambil napas panjang dan menggerakkan otot pernapasan lebih banyak dibanding sebelumnya. Ini bagus untuk latihan pernapasan dalam. Jantung pun jadi lebih sehat.

Selain itu, ketahanan tubuhmu akan meningkat, karena tertawa bisa menekan stres. Tapi jangan ketawa-ketawa sendiri, ya! Bahaya.

9. Naik turun tangga, nyetrika atau bantu angkat jemuran juga bisa kamu lakukan, demi terus menjaga stamina

alternatif latihan fisik juga nih via upload.wikimedia.org

Dengan memanfaatkan tangga rumah atau undakan, kamu bisa melatih otot kaki dengan cara naik turun tangga. Jika kamu rutin melakukannya setiap 10 langkah, maka sama saja dengan membakar 1 kalori tubuhmu. Wow!

10. Melatih keseimbangan dengan cara sederhana, manfaatnya buat otot dan otak luar biasa

pura-puranya mau terbang via i.ytimg.com

Kamu mungkin kurang memahami arti latihan keseimbangan bagi tubuhmu. Manfaatnya untuk meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan sistem keseimbangan tubuh yang hubungannya langsung ke otak. Otak, otot dan tulang bekerja bersama-sama menjaga keseimbangan tubuh agar tetap seimbang dan mencegah terjatuh.

Meski bukan sepenuhnya mengganti manfaat baik dari olahraga, kiat-kiat tadi tak kalah baik buat kebugaran tubuhmu, kok. Asal rutin dan MAU tetap bergerak setiap harinya.