Beberapa dari kita punya masalah dengan berat badan. Kita tidak tahu apa yang salah hingga lemak tubuh selalu berlebihan. Maka dari itu, banyak yang kemudian punya pertanyaan: bagaimana sih caranya supaya aku bisa lebih kurus?

Disini Hipwee akan menjabarkan 5 hal yang harus kamu hindari di pagi hari jika kamu ingin menurunkan berat badan. Semuanya adalah hal simpel, namun berkontribusi besar dalam mempertahankan lemak-lemak di tubuhmu selama ini. Apa saja, sih?

1. Memencet Tombol Snooze

jangan pencet snooze! via www.insightwalk.com

Insting untuk memencet tombol snooze bisa jadi tanda bahwa kamu kurang tidur. Padahal, memiliki berat badan ideal akan sulit jika waktu tidurmu tidak cukup. Kurang tidur bisa menyebabkan metabolismemu melambat. Produksi hormon leptinmu — hormon yang memberitahu otak bahwa kamu masih lapar — juga akan meningkat.

“Kita semua butuh minimal 7,5 jam waktu tidur dalam sehari. Jika kamu sudah memilikinya, menambahkan waktu tidur menjadi 8 jam tidak akan berpengaruh banyak pada berat badanmu. Namun, jika kamu biasa tidur 5 jam semalam dan mulai menambah waktu tidur menjadi 7 jam, kemungkinan besar kamu akan kehilangan berat badan dalam waktu singkat,” jelas Michael Breus, Ph.D, Direktur Kepala di Arrowhead Health Center Arizona, AS.

Advertisement

Untuk meningkatkan kualitas tidurmu, pastikan bahwa kamu tidak minum kopi pada jam makan siang. Hindari juga makan malam yang terlalu berat dan tinggi karbohidrat.

2. Tidak Berolahraga Sebelum Sarapan

tak berolahraga via blog.beved.com.br

Dengan berolahraga sebelum sarapan, kamu akan membakar lebih banyak kalori daripada ketika kamu berolahraga dalam keadaan kenyang. “Pembakaran lemak banyak dipengaruhi oleh kadar insulin dan adrenalin dalam darah,” ungkap Peter Hespel, Ph.D., profesor Katholieke Universitas Leuven, Belgia. Berolahraga dalam keadaan perut kosong dapat memicu produksi adrenalin dan menekan kadar insulin, yang memaksa otot membakar lebih banyak lemak tubuh untuk energi.

Cobalah berolahraga beberapa jam sebelum sarapan. Bantu tubuhmu beraktivitas dengan air putih, alih-alih minuman berenergi.

3. Tidak Sarapan

malas sarapan via kokikutv.fimela.com

“Bolos” sarapan memang tidak akan serta-merta membuatmu lebih gemuk, sebagaimana diungkapkan periset Cornell University, AS, di jurnal akademik Physiology and Behavior. Tapi sarapan teratur akan membantumu mencapai berat badan ideal dalam waktu yang lebih cepat. 78% peserta program The National Weight Control Registry di AS yang berhasil menjaga berat badan mereka mengaku rutin menyantap sarapan setiap hari. Protein yang tercukupi akan menurunkan keinginanmu untuk makan-makanan manis. Serat yang kamu dapatkan dari biji-bijian dan buah-buahan akan mencegahmu dari ngemil kudapan tidak sehat.

Bingung mau sarapan apa? Hmm…ikuti saja resep-resep yang pernah Hipwee tuliskan di artikel “Hey, Anak Kost. Bikin Sarapan Sehatmu Sendiri, Yuk!”.

4. Lupa Menikmati Matahari Pagi

matahari pagi ada untuk dinikmati via humansarefree.com

Cahaya matahari pagi bisa membantumu menjaga berat badan, lho. Pertama, memaparkan diri pada cahaya alami ini membantu tubuhmu mensinkronkan jam biologis dan ritme sirkadian tubuhmu. Artinya, ini akan lebih memudahkanmu tidur teratur — yang sebagaimana telah disebutkan di atas bisa mendukung usahamu mencapai berat badan ideal.

Berjalan-jalanlah 20-30 menit di pagi hari untuk mendapatkan manfaat cahaya matahari pagi. Tidak sulit, ‘kan?

5. Kamu Tidak Minum Susu

Minum susu, yuk! via superficialcunt.tumblr.com

Minum susu bisa membantu menunda lapar! Sebuah studi yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition di tahun 2010 juga mengungkapkan bahwa minum susu di pagi hari bisa mencegahmu makan terlalu banyak di saat siang atau sore. Sebabnya sendiri belum jelas, namun para periset tersebut berteori bahwa kandungan protein dalam susulah yang membantu tubuhmu mengontrol asupan makan. Selain itu, kandungan kalsium tubuh yang tercukupi juga akan mencegah tubuh memproduksi hormon yang bisa menambah berat badanmu.

Jadi kalau pagi ini kamu gagal olahraga, tak sempat menikmati cahaya matahari, dan tak sempat sarapan, paling tidak kamu bisa menikmati secangkir susu segar, ‘kan?

Nah, itu dia 5 hal yang tak disangka-sangka bisa membuatmu berlebihan berat badan. Dengan lebih mengerti, semoga kamu bisa menghindari mereka di esok hari. Sukses, ya!