Menjadi mahasiswa atau orang yang hidup dalam kejaran deadline emang berat. Paling nggak, kamu belum bisa tenang sampai selesai menuntaskan pekerjaanmu itu. Mengerjakan hingga larut, nggak kenal waktu, dan kadang juga lupa makan. Cuma kopi yang menjadi teman setiamu saat itu juga. Mungkin beberapa camilan dan rokok—buat kamu yang merokok—menjadi teman yang nggak cukup setia.

Tapi, tahukah kamu bahwa kopi nggak terlalu bagus buat kamu selama begadang mengerjakan deadline itu? Nah, kalau kamu udah tahu bahayanya kafein dalam segelas kopimu, Hipwee Tips akan memberikan beberapa alternatif yang bisa kamu konsumsi sebagai teman begadang yang asyik!

Walau kadang bikin eneg, minum bergelas-gelas air putih saat begadang diyakini mampu menyehatkan kulit, pencernaan hingga ginjal

Air putih, lebih mudah. via shutterstock.com

Sebagai teman begadang, percayakan malammu pada segelas air putih dingin. Kamu hanya perlu meminumnya setiap 30-45 menit sekali. Karena, rasa lelah dan kantuk bisa disebabkan oleh kekurangan cairan atau dehidrasi. Dengan meminum air putih dingin, kamu akan kembali segar bugar. Semangat kerja lagi, Cuy!

Hal yang paling sederhana, kamu bisa mengunyah permen karet. Selain bisa bikin melek, kamu akan bisa lebih fokus dengan pekerjaan

permen karet via www.rd.com

Ketika kamu mengunyah, otot-otot rahang menstimulasi bagian-bagian tertentu dari otak, termasuk korteks premotor. Nah, hal itu rupanyya menyiapkan otak untuk gerakan dan reaksi, yang sama-sama menyebabkan performa (otak) lebih baik. – Yoshiyuki Hirano, peneliti dari Chiba University, Jepang.

Advertisement

Ya, permen karet ternyata bisa menghindarkanmu dari kantuk. Permen karet yang mengandung guarana, tanaman merambat dari kawasan Amazon, menyimpan kandungan kafein yang cukup tinggi. Selain itu, mengunyah permen karet sama halnya membiarkan otot-otot rahangmu bekerja, yang bisa memberi stimulan bagi syaraf otak, yakni korteks premotor. Sehingga, kamu akan sedikit-banyak kehilangan rasa kantukmu.

Istirahatlah sejenak, segarkan mata dan pikiranmu dengan hal-hal yang mengundang tawa. Nonton acara komedi, misalnya

ketawa! via goodreads.com

Pasti lelah, ketika harus berhadapan dengan pekerjaan, apalagi di depan komputer. Cobalah untuk meregangkan otot-otot tubuhmu, dengan jalan-jalan atau beranjak dari bangkumu. Atau hal yang lebih mudah, tertawalah! Dengan tertawa, kamu akan mendapatkan mood baikmu kembali. Selain itu, otot-otot wajahmu akan kembali segar. Murah dan mudah, ‘kan?

Cokelat dipercaya dapat memberikan rasa bahagia. Benar, begadangmu nggak akan percuma kalau mengonsumsi cokelat asli tanpa pemanis tambahan

cokelat murni via pexels.com

Dark chocolate atau cokelat tanpa pemanis buatan/susu, dipercaya bisa memberi energi buat kamu yang tengah disibukkan dengan kerjaan hingga larut malam. Hal ini disebabkan karena biji kokoa mengandung theobromine dan phenethylamine yang dapat melahirkan serotin atau hormon bahagia. Saat kamu bahagia, tugas pun akan selesai tanpa terasa ~~

Sebagai anak muda yang peduli akan kesehatan, mengonsumsi buah-buahan saat begadang bisa jadi pilihan

Begadang sehat! via diva.aktuality.sk

Seorang meminum kopi sebagai teman begadang mungkin karena bisa bikin melek. Sejatinya, kadar gulalah yang membuat kamu bisa segar di malam hari. Nah, sebagai penggantinya, konsumsilah buah-buahan, seperti apel atau melon.

Buah-buahan dapat memberikan kadar gula yang cukup untuk tubuhmu. Kalau kadar gulamu rendah, kamu akan merasa lemah dan susah untuk konsentrasi.

Vitamin C dalam makanan yang pedas atau asam juga layak untuk menggantikan posisi kafein dalam segelas kopi. Tapi jangan terlalu pedas juga, ya, mules nanti!

makanan pedas via pexels.com

Ya, vitamin C pada asam, jeruk, atau lemon bisa membuat matamu segar kembali. Semacam shock therapy, seketika kamu akan melek dibuatnya.

Sama halnya dengan makanan pedas. Kandungan cabai dalam makanan pedas bisa memberi stimulus atau rangsangan pada sirkulasi darahmu. Dengan begitu kamu akan merasa segar kembali. Tapi ingat, jangan kebanyakan, ya! Yang ada malah kamu bakal begadang di toilet lagi. Haha.

Terakhir, kamu bisa mengganti bohlam kamarmu menjadi lebih terang. Kalau remang-remang mah enaknya buat tidur!

Apa yang kamu harapkan dari lampu kamar yang redup? Tidur. Nggak ada lagi yang bisa kamu lakukan dengan bohlam kuning yang remang-remang. Kalau emang pengen bisa melek mengerjakan tugasmu, gantilah bohlam kamarmu dengan yang lebih terang. Karena cahaya yang cukup terang dapat mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Melek woy!

Nah, begitulah tips yang bisa kamu terapkan dalam malam-malammu yang ribet dengan pekerjaan. Begadang sehat tanpa perlu segelas kopi. So, udah siap begadang, Gengs?