Kalau kamu pernah punya keinginan buat buang air kecil secara terus menerus dengan jumlah urin yang sedikit, itu artinya kamu pernah anyang-anyangan. Terkadang kondisi ini juga disertai dengan rasa tidak nyaman di perut bagian bawah. Bahkan tak jarang juga disertai rasa perih di saluran kencing saat buang air kecil. Anyang-anyangan juga bisa dilihat dari warna urin yang biasanya terlihat lebih pekat. Menurut ahli, wanita lebih rentan mengalami kondisi ini, karena uretra yang lebih pendek dibanding pria.

Anyang-anyangan terjadi karena ada bakteri yang menyerang daerah saluran kemih. Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau gangguan ginjal. Padahal keduanya jelas-jelas berbeda. Menurut dr. Akbari Wahyudi Kusumah dilansir detik.com, tidak semua anyang-anyangan itu berarti ISK. Karena jika tidak disertai rasa nyeri saat kencing, maka kemungkinan itu bukan ISK. Meski begitu, anyang-anyangan bisa berkembang jadi ISK jika kamu tak perhatikan 5+ hal ini lho! Simak ya!

1. ISK bisa terjadi jika kamu sering lalai menjaga kebersihan daerah genitalmu. Karena ISK ini asalnya dari bakteri

Jaga kebersihan organ intim via kawaiibeautyjapan.com

Advertisement

Infeksi saluran kemih bisa terjadi kalau kamu sering lalai menjaga kebersihan area intimmu. Penyebaran bakteri akan makin parah jika kamu tak biasakan membersihkan daerah genitalmu sesudah buang air. Daerah intim yang tak sering dibersihkan akan membuat bakteri yang menempel lebih cepat berkembang biak. Kemudian bakteri tersebut akan masuk melalui uretra dan menginfeksi saluran kemih.

2. Cara membasuh area genital yang tidak benar juga bisa mendorongmu terjangkit bakteri yang menyebabkan ISK

Cara membasuh harus benar via health.detik.com

Kebersihan area genital juga bisa diukur dari caramu membasuhnya seusai buang air. Jika kamu masih sering cebok dari arah belakang ke depan, segera ubah kebiasaanmu sebelum terlambat. Karena cara itu bisa membawa bakteri E. coli dari anus ke vagina, yang mana kalau dilakukan terus menerus bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Sebaliknya, kamu harus mulai membiasakan cebok dari depan ke belakang.

3. Kebersihan pakaian dalam juga perlu kamu perhatikan. Ganti “CD”-mu minimal 1 kali dalam sehari, biar terhindar dari bakteri

Rutin ganti celana dalam via jateng.tribunnews.com

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kebersihan celana dalammu agar terhindar dari bakteri penyebab ISK. Ganti celana dalam 1 atau 2 kali dalam sehari. Pilih juga pakaian dalam yang longgar dan terbuat dari bahan katun agar bisa menyerap keringat dan menjaga daerah intimmu tetap kering.

4. Jika kamu sudah menikah, buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan intim disinyalir bisa mengurangi risiko ISK. Jangan lupa juga untuk membersihkannya dengan benar

Buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan intim via keeks.com.ng

Advertisement

Kalau kamu sudah menikah, perhatikan juga kebersihan alat vitalmu sebelum dan sesudah berhubungan intim. Karena bakteri juga bisa disebarkan lewat aktivitas seksual. Untuk mencegah ISK terjadi, buang air kecil-lah sebelum dan sesudah berhubungan. Bersihkan juga alat kelaminmu dengan benar setelah buang air kecil. Eits, jangan lupa suruh pasanganmu melakukan hal yang sama.

5. ISK akan lebih rentan mendatangi kalau kamu kurang minum air putih. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh kalau tak ingin menderita

Minum air putih via www.w24.co.za

Hampir semua orang tahu kalau air putih itu adalah minuman paling menyehatkan. Kekurangan air putih ternyata juga bisa memicu infeksi di saluran kemihmu. Logikanya, ginjal butuh cairan untuk bisa berfungsi dengan baik. Kalau kamu kurang minum, ginjal akan kehilangan cairan. Urin akan berubah jadi lebih pekat karena kamu jarang buang air kecil. Kalau ginjal kurang cairan, bakteri akan lebih mudah menyerang, ISK pun bisa tak terhindarkan.

6. Jangan biasakan menahan kencing karena urin yang ditahan justru akan kembali ke ginjal dan menimbulkan infeksi

Jangan tahan kencing via hellosehat.com

Hindari juga kebiasaan menahan kencing kalau tak mau terjangkit ISK. Karena kalau kamu menahan kencing, urin justru bisa naik kembali ke ginjal. Padahal dalam urin bisa terkandung bakteri yang bisa membahayakan kesehatan ginjal. Kamu tentu tidak mau ginjalmu jadi terinfeksi dan berkembang jadi ISK, ‘kan?

Meski ISK bisa menjangkit 1 dari 5 wanita, tapi bukan berarti para pria bisa lebih santai ya. Karena penyakit ini sebenarnya tak pandang bulu. Semua bisa terserang, kalau tak perhatikan kebersihan daerah genitalnya. Nah, selain cara-cara di atas, kamu juga bisa lho mengatasi ISK dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti jahe, jeruk nipis, dan kunyit. Selamat mencoba ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya