6 Aplikasi Konsultasi Dokter Via Online. Kalau Lagi Kurang Sehat, Periksanya Virtual Dulu Aja

Aplikasi konsultasi kesehatan online

Di tengah pandemi corona, perhimpunan kedokteran mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk menunda melakukan pemeriksaan di rumah sakit dulu. Kecuali dalam kasus atau kondisi tertentu. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus mengingat banyaknya pasien PDP maupun positif Covid-19 yang tengah di rawat di tempat yang sama.

Advertisement

Tapi bukan berarti sakitmu lalu dibiarkan begitu saja. Alih-alih pergi ke rumah sakit, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter secara daring melalui aplikasi yang bisa dijajal di HP-mu berikut ini. Beberapa di antaranya ada yang memberikan layanan konsultasi gratis lo!

1. Alodokter tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan untuk konsultasi secara daring

aplikasi Alodokter via arenalte.com

Meski hanya dokter umum saja yang layanannya gratis, namun biaya untuk konsultasi dengan spesialisnya juga tetap terjangkau. Dokternya pun cukup banyak, kamu jadi nggak perlu nunggu lama kalau mau konsultasi.

2.  Aplikasi Halodoc bisa dibilang yang terlengkap fitur-fiturnya

bisa beli obat juga di sini via republikseo.net

Selain konsultasi dokter secara daring, kamu juga bisa membuat janji temu dan membeli obat langsung dari apotek yang terintegrasi dengan Halodoc. Kalau lagi mengalami gejala mirip Covid-19, kamu juga bisa berkonsultasi melalui aplikasi ini secara gratis.

Advertisement

3. Jika ada keluhan pas tengah malam dan pengen konsultasi, kamu bisa mengunduh aplikasi KlikDokter

melayani 24 jam via mediaindonesia.com

Hal paling menarik yang ada di aplikasi ini ialah layanan konsultasi 24 jamnya. Bahkan, respon dokternya pun terbilang cepat dan ditanggani langsung alias bukan chat bot.

4. Lewat aplikasi SehatQ kamu bisa chat dokternya langsung tanpa perlu antre

kudu di atas 18 tahun via www.aprijanti.com

Melalui aplikasi ini, kamu juga akan mendapatkan resep obat yang bisa dibeli di apotek langsung. Sayangnya, aplikasi ini hanya dapat digunakan untukmu yang berusia minimal 18 tahun.

5. Nggak cuma chat, aplikasi YesDok juga menyediakan layanan konsultasi melalui telepon dan video

bisa telepon dan video juga via jurnalapps.co.id

Setelah berkonsultasi, kamu akan mendapat catatan medis khusus mulai dari perkiraan diagnosis, rekomendasi obat, hingga penanganan pertama. Kamu juga bisa konsultasikan hasil laboratorium yang kadang nggak dijelaskan pihak rumah sakit.

Advertisement

6. Terakhir, ada aplikasi Pakdok yang bisa kamu unduh dan coba

bisa lewat WA via twitter.com

Konsultasi lewat aplikasi ini juga bisa dilakukan selama 24 jam. Nggak perlu takut, sebab semua dokter yang ada di aplikasi sudah memiliki Surat Izin Praktek (SIP). Kini, konsultasi dokter di PakDok juga bisa dilayani lewat WhatsApp lo!

Meski dianjurkan melakukan konsultasi kesehatan secara daring, kamu tetap perlu melakukan pemeriksaan mendalam kalau keluhan yang dirasakan tetap berlanjut setelah minum obat tiga hari lo, ya. Aplikasi di atas hanya digunakan untuk mengetahui penanganan awalnya saja, jadi bukan untuk mengdiagnosis sakit apa yang kamu derita. Jadi kalau sekiranya nggak parah-parah banget, kamu bisa pakai aplikasi-aplikasi ini saja!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE