6 Ancaman Serius ini Mengintaimu yang Hobi Gigit Kuku. Nggak Ada Urusannya Sama Ngobatin Gugup

Bahaya gigit kuku

Nggak sedikit orang yang punya hobi mengigit-gigit kuku. Biasanya mereka melakukannya ketika sedang bosan atau lagi gugup. Secara medis, kebiasaan menggigit kuku ini disebut dengan onychophagia. Beberapa orang menganggap kebiasaan ini wajar, sayangnya kalau keseringan bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Advertisement

Melansir dari beberapa sumber, berikut efek yang ditimbulkan dari kebiasaan menggigit-gigit kuku. Mending hentikan dari sekarang sebelum terlanjur.

1. Kebiasaan menggigit kuku bisa menimbulkan infeksi serius di area sekitarnya yang umumnya disebut paronichia

paronikia via hellosehat.com

Biasanya, infeksi ini ditandai dengan buku jari yang mulai memerah, bengkak, dan terasa nyeri. Selain karena infeksi jamur, bakteri, atau virus tertentu, risiko infeksi bakal lebih tinggi kalau ada luka atau trauma, seperti menggigit kuku, mengisap jari, sering mencuci piring, atau terpapar zat kimia tertentu.

2. Akibat kebiasaan buruk ini, kuku jadi tumbuh ke dalam

tumbuh ke belakang via www.healthboards.com

Karena sering digigiti, lapisan matriks atau fondasi kuku akan mengalami kerusakan dan membuatnya jadi tumbuh ke dalam. Akibatnya, kondisi ini bisa menimbulkan rasa sakit dan memicu infeksi. Padahal kalau sudah infeksi kamu harus segera mengoperasinya sebelum mengganggu jaringan di jarimu.

Advertisement

3. Nggak cuma kuku, gigi juga bisa kena imbasnya lo!

gigi maju via www.klikdokter.com

Sering mengigit kuku bisa membuat gigi bergeser keluar dari tempatnya alias gigi maju atau tonggos. Meski nggak terjadi langsung, tapi pergesaran gigi bisa merusak email pelindungnya. Akibatnya, gigi jadi mudah keropos dan mengalami infeksi pembengkakan.

4. Bahkan, mengigit kuku juga bisa memicu keracunan

keracunan via www.honestdocs.id

Biasanya, risiko ini dialami oleh para cewek yang suka pakai cat kuku. Ya, zat kimia pada cat kuku bisa memicu keracunan jika kamu nggak sengaja menggigit dan menelannya. Walaupun toksinnya dalam jumlah rendah nggak memicu masalah serius, tapi jika keseringan ini tentu menyebabkan efek yang nggak main-main.

5. Mengigiti kuku juga bisa memicu timbulnya kutil

Kemunculan kutil disebabkan oleh bakteri HPV (Human papillomavirus) yang bisa masuk melalui goresan atau luka di sekitar kuku. Mulanya kutil memang hanya tumbuh kecil dan nggak sakit, tapi semakin lama ia akan membesar dan mengganggu penampilan lo! Nah, untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa membersihkan kuku dan mengoleskannya dengan petroleum jelly.

Advertisement

6. Secara nggak langsung, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan sakit perut

sakit perut hingga diare via www.honestdocs.id

Rajin cuci tangan nggak menjamin kuku terbebas dari kuman. Padahal kuman ini bisa memicu banyak penyakit, seperti sakit perut misalnya. Bahkan, menurut Juru bicara kesehatan Texas A&M University  kebiasaan menggigiti kuku juga berpotensi menyebabkan radang tenggorokan dan diare, melansir laman Halo Doc.

Nah, agar kebiasaa buruk ini berangsur menghilang, cobalah tahan diri dengan melakukan hal lain yang bisa mengalihkan perhatian, misalnya meremas squishy. Tapi, jika ternyata kebiasaan ini kamu lakukan ketika sedang gugup dan panik, alangkah lebih baik jika kamu segera mengunjungi dokter untuk berkonsultasi. Sebelum terlanjur, mending hentikan dari sekarang, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE