Inilah 4 Perbedaan Teriyaki, Yakiniku dan Bulgogi

Meski sering menyantapnya di rumah makan Jepang, masih ada beberapa orang yang belum tahu perbedaan antara bumbu teriyaki, yakiniku, dan bulgogi. Apalagi ketiganya punya rasa yang relatif mirip. Sebenarnya baik teriyaki, yakiniku, atau bulgogi, nggak cuma sebatas saus saja. Ketiganya merujuk pada teknik memasak juga.

Advertisement

Nah, biar bisa lebih menikmati rasa saat memesan menunya, ketahui perbedaan teriyaki, yakiniku, dan bulgogi berikut ini.

1. Memiliki tambahan bahan yang berbeda

perbedaan teriyaki yakiniku bulgogi

bahannya beda via natashaskitchen.com

Bahan dasar ketiga saus ini memang sama, yakni kecap asin, gula merah, dan bawang putih. Pada yakiniku, biasanya ada tambahan bahan berupa sake dan wijen. Sedangkan, teriyaki biasanya ditambah air, madu, jahe, dan tepung maizena.

Agak berbeda dari keduanya — karena merupakan saus ala Korea, bulgogi menggunakan bumbu gochujang yang bahan utamanya dari beras ketan dan bubuk cabai fermentasi.

Advertisement

2. Metode masak yang berbeda

perbedaan teriyaki yakiniku bulgogi

cara masaknya juga beda via natashaskitchen.com

Untuk teriyaki, biasanya daging direndam selama 15 menit dengan bahan saus. Sisa saus rendaman nantinya dikentalkan dengan maizena dan dijadikan siraman. Yakiniku lebih simpel. Kamu cuma perlu mencelupkan irisan daging ke bahan saus, terus tinggal bakar deh.

Kalau bulgogi, kamu mesti merendam dagingnya cukup lama, sekitar lima jam. Setelah direndam, bulgogi biasa langsung dimasak di atas hot plate, jadi nanti masih ada kuah dari kaldunya.

3. Perbedaan tekstur dan rasa

perbedaan teriyaki yakiniku bulgogi

rasanya juga pasti beda via damndelicious.net

Meski sama-sama manis seperti bulgogi, teriyaki punya rasa manis yang beda berkat karamelisasi dari gula dan madu yang ditambah tepung maizena. Sedangkan yakiniku punya rasa yang cenderung lebih asin, meski warnanya lebih cokelat daripada bulgogi.

Advertisement

4. Cara makan yang berbeda

perbedaan teriyaki yakiniku bulgogi

cara makannya beda via jpassport.asia

Pada teriyaki, biasanya dagingnya akan dipotong-potong setelah dipanggang, sedang untuk yakiniku, daging dipotong-potong sebelum akhirnya dicelup saus. Jika kebanyakan teriyaki sausnya disiram, yakiniku justru dicelup. Keduanya bisa langsung dimakan pakai nasi.

Kalau bulgogi, umumnya disantap dengan tambahan selada yang sudah diberi sedikit kimchi. Side dish ketiga hidangan ini biasanya berupa sayuran.

Perlu kamu tahu bahwa teriyaki dan yakiniku berasal dari Jepang, sedang bulgogi lebih akrab disantap di Korea, makanya, ada tambahan pasta cabai asli Korea di dalam bumbunya. Meski begitu, ketiganya sama-sama enak kok, tinggal pilih saja mana rasa yang kamu suka. Itulah ulasan tentang perbedaan teriyaki, yakiniku dan bulgogi.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE