Pencuci wajah atau facial wash kini hadir dalam berbagai bentuk dengan formulanya masing-masing. Mulai dari facial foam, cleansing gel, cream cleanser, hingga cleansing oil, semuanya menjanjikan kulit yang bersih tanpa kotoran yang tersisa. Tantangannya adalah memilih cleanser yang cocok dengan kulitmu. Karena masing-masing jenis cleanser itu juga diperuntukkan bagi karakter kulit wajah yang berbeda-beda.

Biar nggak salah pilih demi memaksimalkan kebersihan dan kesehatan kulitmu, ketahui yuk macam-macam pencuci wajah yang beredar di pasaran bareng Hipwee Tips.

1. Facial foam adalah jenis cleanser paling banyak digunakan yang teksturnya berbusa dan bikin wajah lebih kesat

facial foam via www.carolinemayling.com

Advertisement

Facial foam umumnya bersifat water-based dan punya kandungan yang membuatnya menghasilkan busa sekaligus mengangkat sisa kotoran. Busa dari facial foam juga efektif mengangkat minyak berlebih pada wajah dan bikin wajah jadi lebih kesat. Makanya, jenis pencuci wajah yang satu ini cocok untukmu yang kulitnya normal dan cenderung berminyak.

Kamu yang kulitnya kering dan sensitif, hindari pakai facial foam karena bakal bikin kulit wajahmu makin kering dan serasa bersisik.

2. Cleansing gel punya tekstur gel yang ringan sehingga aman dan nggak bikin iritasi bagi kulit yang bermasalah

cleansing gel via www.divajournals.com

Karena formulanya yang lembut dan nggak bikin iritasi, pencuci wajah berjenis gel ini disarankan untukmu yang punya kulit wajah berminyak, berjerawat, kombinasi, atau sensitif. Cocok juga untukmu yang aktif berolahraga karena bisa mengangkat sisa kotoran dan keringat dengan efektif. Kalau kamu berjerawat, pilih cleansing gel yang punya kandungan anti jerawat, ya.

Advertisement

Sebelum mencuci wajah dengan cleansing gel, ada baiknya kamu bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu cuci wajah dan biarkan selama 5 menit sebelum membilasnya dengan air.

3. Cream cleanser adalah pencuci wajah tanpa busa yang bertekstur krim dan mampu melembapkan kulit wajah

cream cleanser via dessydiniyanti.blogspot.com

Jenis cleanser ini mengandung emulsi dan minyak alami yang mampu mengangkat kotoran pada wajah tanpa menghilangkan lapisan minyak pada kulit. Formulanya cocok untukmu yang kulit wajahnya cenderung kering atau sensitif. Kandungan minyak dalam cream cleanser ini juga mampu mengangkat sisa makeup secara maksimal lo.

Setelah mencuci wajah dengan cleanser ini, jangan lupa bersihkan kembali wajahmu dengan toner atau facial wipes untuk memastikan nggak ada residu yang tersisa, ya!

4. Cleansing oil berbahan dasar minyak dan punya sifat ‘oil attracts oil’ yang mampu menyerap minyak dan kotoran sekaligus menutrisi kulit

cleansing oil via www.laroche-posay.com

Jenis cleanser ini paling ampuh untuk mengangkat makeup juga melembapkan kulit berkat kandungan minyaknya. Ketika memakainya, kamu harus melakukan pijatan di wajah agar sisa kotoran benar-benar diikat oleh kandungan minyak. Setelah mengaplikasikannya, kamu harus membilasnya dengan maksimal, bahkan disarankan tetap menggunakan cleansing gel atau foam agar nggak ada lagi minyak yang tersisa di wajah.

Pastikan produk yang digunakan bersifat non-comedogenic biar nggak menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Nah, setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai macam-macam pencuci wajah, semoga kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya