6 Bahan Makanan ini Ternyata Bisa Dipakai Buat Pengganti Micin. Beri Tahu Ibumu Segera!

pengganti micin

Makan makanan tanpa micin itu kayak baru diputusin, nggak enak!

Advertisement

Kurang gurih dan kurang yummy, itulah ungkapan yang cocok dilontarkan ketika micin tidak ada dalam racikan sebuah makanan. Semua karena micin memang punya sensasi rasa umami atau gurih. Sayangnya, kebanyakan isu mengatakan kalau micin bisa bikin kamu jadi nggak pinter lagi. Padahal makin banyak micinnya makin enak.

Biar kamu nggak lagi gundah gulana, Hipwee Tips kasih tahu nih bahan makanan yang bisa jadi pengganti micin. Apa saja? Cek, yuk!

1. Katakan goodbye pada micin dan welcome ke kedelai sebagai pencipta rasa gurih yang alami

Kedelai bukan cuma soal jadi bahan baku tahu atau susu kedelai saja lo. Photo by Polina Tankilevitch from Pexels via www.pexels.com

Kandungan protein kedelai sangat tinggi dan dikenal mengandung nutrisi yang sama dengan daging. Di Jepang dan Tiongkok mereka meningkatkan rasa kacang kedelai dengan memfermentasikannya. Rasa umami dari fermentasi kacang kedelai ini lebih meledak dibandingkan rasa aslinya. Wow!

Advertisement

2. Daging, unggas, dan ikan juga nggak kalah sama micin lho sensasi gurih dan lezatnya…

Kalalu lebih banyak protein hewani, rasanya memang bakal lebih mantap. Photo by bongkarn thanyakij from Pexels via www.pexels.com

Enzim yang terkandung dalam daging bisa dipecah menjadi protein untuk meningkatkan kadar asam amino rasa umami. Cara masak tertentu seperti memanggang, membakar dan lainnya juga bisa meningkatkan kualitas rasa umami atau gurihnya. Jadi, kalau kamu memasak makanan yang berbahan dasar ikan atau unggas, rasanya akan otomatis lezat karena kandungan enzim dalam ikan-ikanan ini.

3. Tomat mungkin rasanya asam, tapi akan berubah menjadi gurih ketika dipanggang

Tomat panggang. Photo by ajafoto/Depositphotos via depositphotos.com

Nggak percaya ‘kan kalau tomat punya rasa yang mirip sama micin? Kandungan bebas glutamat pada tomat menyajikan rasa alami umami atau gurih. Memangang tomat akan semakin meningkatkan intensitas rasa umami sekaligus meningkatkan kualitas rasa masakan.

4. Jamur nggak cuma bisa jadi pengganti daging, tapi juga bisa gantiin micin

Jamur panggang. Image by Bruno /Germany from Pixabay via pixabay.com

Jamur memang sudah sering digunakan untuk menggantikan peran daging. Dengan kandungan protein yang tinggi dari senyawa yang mirip rasa umami, jamur memang paling pas untuk menggantikan peran micin. Memanggang jamur hingga kecoklatan bisa memperkaya rasa umaminya, lho!

Advertisement

5. Sekali-kali nggak perlu pakai micin, karena garam udah sama gurihnya, kok!

Garam itu juga termasuk penyedap. Photo by Artem Beliaikin from Pexels via www.pexels.com

Kalau ini udah nggak heran sih ya, garam dapur memang sudah dikenal dapat menggantikan peran micin tanpa harus mengurangi sensasi rasa umaminya. Agar rasanya lebih mantap, sebaiknya kamu menggunakan garam meja yang dibuat secara alami.

6. Kombinasi rempah-rempah yang tepat bisa menciptakan rasa umami yang lebih kuat dari micin

Rempah-rempah. Image by Дарья Яковлева from Pixabay via pixabay.com

Fungsi micin sebenarnya adalah untuk meningkatkan rasa gurih atau yang dikenal dengan rasa umami. Berbagai macam rempah-rempah bisa lho menggantikan rasa itu, misalnya bawang putih, merica, kunyit, jinten, dan lainnya. Kamu hanya perlu mengombinasikannya dengan benar untuk mendapatkan rasa yang tepat.

Bisa ‘kan ternyata hidup tanpa micin tapi tetap menikmati makanan-makanan yummy nan gurih, selamat mencoba-coba ya guys!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Ceritagrammer

CLOSE