Kita hidup di dunia yang jauh dari kata sempurna. Akan ada saja orang lain yang bisa menyinggung, bahkan menyakiti kita dengan tingkah lakunya. Lantas apa yang harus dilakukan untuk menghadapi orang-orang seperti itu?

Kamu gak harus uring-uringan sendiri. Lakukan cara-cara cerdas untuk menyiasati rasa benci yang muncul dalam dirimu. Berikut Hipwee memberikan beberapa saran yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi mereka yang gak kamu sukai. Simak sama-sama, yuk!

Kamu tak harus berpura-pura. Jujurlah pada diri sendiri kalau sebenarnya kamu memang benci sama dia.

Cobalah menerima kenyataan kalau kamu memang tidak menyukainya

Cobalah menerima kenyataan kalau kamu memang tidak menyukainya via tumblr-sketchbook.tumblr.com

Advertisement

Bukan bermaksud untuk menghasut agar kamu jadi jahat, tapi berpura-pura baik pun tak akan menyelesaikan masalah. Jika bertemu dengan orang yang tidak kamu suka, sudah pasti berbagai emosi tercampur jadi satu.

Akan sulit bagi kita untuk berpura-pura baik didepannya. Bahkan menurut sebagian peneliti, berpura-pura baik kepada orang yang tidak kamu suka justru akan mengganggu kesehatan psikologismu, loh! Oleh karena itu, cobalah menerima kenyataan bahwa kamu memang tidak menyukainya. Yang harus kamu lakukan hanyalah jujur pada diri sendiri.

Tapi meski gak suka, bukan berarti kamu boleh mencaci-maki dia. Bagaimana pun, kamu layak memperlakukan orang yang tak disukai layaknya manusia.

Senyum adalah salah satunya!

Senyum adalah salah satunya! via www.reddit.com

Ingat, menerima kenyataan bahwa kamu memang membencinya itu bukan hasutan agar kamu bertindak yang jahat loh. Tapi sekadar untuk menerima kenyataan dan membantumu menyehatkan kejiwaanmu. Jadi jangan bertindak yang menyakiti, ya. Karena menyakiti tak akan membantumu menyelesaikan masalahmu dengannya. Biar bagaimana pun, dia tetap manusia yang harus diperlakukan layaknya manusia.

Jangan melakukan tindakan yang gegabah. Mention di media sosial justru memperlihatkan kalau dirimu mudah dikuasai amarah.

Beraninya cuman di socmed doang!

Berani-beraninya mention di socmed?! via www.sheramag.com

Advertisement

Kamu tentunya tak ingin menambah panjang daftar permusuhan kalian ‘kan? Kalau kamu tanpa pikir panjang langsung main mention di social media, bisa fatal jadinya. Masalah diantara kalian tak akan kunjung usai. Jangankan menyelesaikan masalah, yang ada malah bisa nambah masalah.

Saat orang yang gak kamu sukai mulai berulah, jangan mudah terpancing emosi. Diamlah sejenak untuk menenangkan pikiran dan hati.

Cobalah tenangkan dirimu

Cobalah tenangkan dirimu via sg.jobsdb.com

Tak ada gunanya terpancing emosi. Lebih baik kamu diam sejenak guna menenangkan pikiran kala dia mulai berulah. Diam adalah cara terbaik untuk menenangkan hati dan pikiran. Cobalah berpikir hal-hal positif yang akan membuatmu menghiraukan ulahnya. Paling tidak, dengan diam itu nantinya kamu bisa meredam tingkahnya yang membuatmu kesal.

Kalau perlu, ajaklah dirinya bicara. Katakan apa yang selama ini mengganggu perasaan dan membuatmu gak menyukainya.

Coba deh bicarain baik-baik

Coba deh bicarain baik-baik via www.playbuzz.com

Setelah pikiranmu lebih tenang, cobalah untuk berbicara empat mata dengannya. Cobalah utarakan hal-hal yang membuatmu kesal. Tak perlu sungkan-sungkan. Dengan meluapkan segala uneg-uneg yang kamu pendam, kamu akan melepaskan segala kepenatanmu.

Tapi tentunya harus diperhatikan juga caramu berbicara dengannya. Cobalah berbicara dengan baik-baik. Gunakan diksi yang sopan untuk menjaga agar dia tak langsung tersinggung. Selain itu, berbicara dengan cara yang baik juga diharapkan mampu menyelesaikan masalah kalian dengan baik pula.

Tapi kalau ternyata dia tetap saja menyebalkan, sebaiknya mulailah membuat jarak yang jelas di antara kalian.

Cobalah untuk sedikit menjauh agar kamu bisa lebih tenang

Cobalah untuk sedikit menjauh supaya tak menambah kekesalanmu padanya via worldthroughmylens.tumblr.com

Apabila memang setelah kamu berbicara dengan baik-baik dia tetap berulah, cobalah memberi jarak diantara kalian. Apabila dia adalah teman sekelas atau teman kerja, cobalah untuk pindah posisi dudukmu. Jangan memaksakan diri untuk tetap berada disekitarnya karena itu akan semakin membuat hubungan kalian menjadi lebih rumit. Cobalah untuk seminimal mungkin berinteraksi dengannya guna mengurangi hal-hal yang bisa membuatmu menambah kebencian kepadanya.

Kenapa harus kamu yang pindah tempat atau menjauh darinya? Mungkin, memang kamulah yang sebenarnya over-sensitif pada dia.

Mungkin kamunya nih yang over sensitif

Mungkin kamunya nih yang over sensitif via marcus-eduardo.tumblr.com

Iya, terkadang kamu juga harus meng-introspeksi diri. Mungkin kamu lah yang sebenarnya menciptakan suasana yang mengakibatkan hubunganmu dengannya terganggu. Bisa jadi orang yang kamu benci itu hanya sedikit menyinggung hal sepele, tapi kamunya yang terlalu sensitif. Nah, daripada fokus menyalahkan orang, apalagi sampai menyakiti orang lain, lebih baik kita fokus kepada diri sendiri dulu.

Bagaimana pun, kita hidup di dunia yang beragam. Meski tak suka, toh keberadaan orang yang kamu benci pun harus diterima.

Fokus aja ke nikmatin hidupmu

Fokus aja ke nikmatin hidupmu via wishestrumpet.com

Tak semua orang akan mendengarkan omonganmu. Tak semua orang akan bertingkah seperti yang kamu mau. Cobalah untuk menerima kenyataan tersebut agar kamu bisa berpikir lebih positif dan lebih menikmati hidup ditengah orang yang tidak kamu suka. 🙂

Gimana? Apakah kamu setuju dengan artikel ini? Selamat mencoba cara-cara di atas, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya