Tak bisa dipungkiri lagi bahwa lemak di perut memang mengganggu. Apalagi jika sudah membentuk lipatan yang tak sedap dipandang. Bawaannya kamu pasti gemes melihatnya dan bagaimanapun caranya kamu ingin menumpasanya habis-habisan!

Nah, kira-kira gimana sih buat menghilangkan lipatan-lipatan tadi? Dengan biaya murah dan cara yang mudah tentunya. Inilah salah satunya…

Sebetulnya, apa sih penyebab lipatan perut bisa terjadi? Mengapa hal ini menimpa banyak orang?

kenapa lipatan perut bisa terjadi? via dietcepatalami.com

Munculnya lipatan-lipatan di perut atau yang biasa kita sebut dengan perut membuncit sebenarnya tak jauh-jauh kaitannya dengan lemak, lemak jahat lebih tepatnya. Perut buncit merupakan tanda adanya timbunan lemak di perut. Timbunan lemak ini disebut sebagai omentum. Makin tebal lapisan lemak di balik perutmu, makin tebal pula omentum itu, dan hasilnya perutmu akan semakin membuncit.

Sebenarnya omentum merupakan organ yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Omentum adalah jaringan lemak yang terletak dalam rongga perut dan berfungsi sebagai bantalan pelindung bagi organ dalam. Jika dilihat dari dalam, omentum menyerupai lembaran kekuning-kuningan yang menggantung dan mengelilingi rongga perut.

Advertisement
Jika berat badanmu naik dan yang bertambah berupa lemak tubuh, maka jaringan omentum ini akan bertambah tebal, besar, dan menggumpal, sehingga perut akan menjadi semakin buncit. Jika berat badan turun dengan berkurangnya timbunan lemak tubuh, maka omentum akan menyusut kembali.
Omentum merupakan organ yang sangat mudah menyerap lemak berlebih di dalam tubuh. Selain lemak, omentum juga menerima dan menyimpan kortisol (hormon stres) yang dilepaskan tubuh untuk mengurangi tingkat stres yang ada. Untuk itu, stres yang berlebihan serta pola hidup kurang sehat adalah salah satu pemicu utama munculnya timbunan lemak di perutmu.

1. Mulailah dengan mengurangi konsumsi gula. Jauhi makanan yang manisnya kebangetan, ya!

Ganti camilanmu dengan buah! via garden-of-vegan.tumblr.com

Karena gula adalah musuh utama bagi kamu yang ingin mengurangi lipatan lemak di perutmu, kamu wajib memulai untuk mengurangi konsumsi gula harianmu. Hentikan konsumsi makanan yang mengandung banyak gula seperti kue dan manisan.

Untuk camilan, jika kamu susah berhenti ngemil, ganti camilanmu yang penuh gula dan micin itu dengan buah. Utamanya buah yang memiliki rasa masam dan mengandung banyak vitamin C yang baik untuk pembakaran lemak berlebih.

2. Ganti minumanmu dengan infused water. Biar lebih gampang, bikin sendiri pakai irisan lemon dan daun mint saja, yuk!

infused water penggemur lemak di perut via foodnetwork.com

Infused water adalah air putih biasa yang dicampur dengan irisan buah, sehingga vitamin dan sari-sari buahnya tetap terjaga dengan baik.

Selain mengganti makanan dan camilanmu dengan makanan-makanan rendah gula, kamu juga wajib mengganti minumanmu dengan infused water. Agar lemak di lipatan perutmu terbakar sempurna, sediakan infused water campuran antara lemon dan mint. Infused lemon dan mint ampuh mempercepat pembakaran lemak berlebih sekaligus mengganti cairan tubuh yang hilang saat kamu beraktivitas.

Belum lagi, manfaat lainnya seperti anitoksidan dan vitamin C yang juga baik untuk mengencangkan dan meremajakan kulitmu.

3. Selain mengatur pola makan, olahraga jelas wajib kamu lakukan. Coba deh rutin melakukan olahraga cardio demi pembakaran lemak yang maksmial

Jogging, yuk! via www.pinterest.com

Karena yang melilit di perutmu itu adalah lemak berlebih yang sifatnya jahat, menghilangkannya wajib kamu lakukan. Selain dengan mengontrol pola makan, cara yang juga wajib kamu kerjakan dan dijamin ampuh adalah olahraga. Namun jangan sembarang olahraga, ya.

Lakukanlah olahraga cardio seperti jogging atau lari tiap sore agar pembarakan lemak di perutmu bisa lebih maksimal. Tapi, jangan hanya melakukan olahraga cardio tersebut seminggu sekali, melakukannya rutin paling tidak seminggu 3 atau 4 kali jangan sampai malas kamu lakukan!

4. Olahraga pembentuk otot tubuh jangan sampai lupa. Sisihkan waktumu untuk sit-up tiap pagi dan malam hari

Sit-up! via www.pinterest.com

Agar lipatan lemak di perutmu lebih terfokus, selain membakar lemak berlebih dengan olahraga cardio, kamu juga harus melakukan olahraga pembentukan otot. Karena musuhmu kali ini adalah lipatan lemak di perut, maka otot yang harus kamu latih adalah otot perut juga.

Lakukan sit-up secara rutin di pagi dan malam hari agar ototmu mengencang.

Tak perlu memulainya dengan langsung banyak, cukup mulai dari 10 kali sit-up dan terus bertambah semampumu agar otot perutmu tak kaget dan malah jadi sakit. Pelan-pelan asal konsisten kamu lakukan dijamin ampuh kok menghilangkan lipatan di perutmu.

5. Mengatur jadwal tidur juga tak boleh luput dari keseharian. Hindari begadang, atau langsung rebahan setelah makan

Jangan tidur setelah makan woy! via notable.ca

Nah, setelah mengontrol pola makan dan melakukan olahraga, yang tak kalah penting kamu lakukan juga adalah mengatur pola tidurmu. Agar usahamu membasmi lipatan perut tak sia-sia, kamu wajib mematuhi aturan agar tidak tidur terlalu malam. Tidur terlalu malam bisa merusak pola metabolisme tubuhmu. Hasilnya, lemak di perut bakal tertimbun dan lebih susah dihilangkan.

Selain itu, usahakan agar kamu mematuhi aturan jangan terlalu lama tidur siang dan jangan tidur minimal 2 jam setelah makan. Alih-alih menumpas lemak di perut, yang ada malah lipatannya bakal makin melar karena metabolisme tubuhmu jadi kacau!

Sebetelunya tidak sulit untuk menjadi sehat dan memiliki bentuk tubuh yang ideal. Tapi, tergantung niatan dan usahamu saja. Mau terus-terusan menimbun lemak, atau berbahagia karena bisa hidup lebih sehat. Cheers!