Saat teman atau saudaramu ada yang melahirkan atau mempunyai anak, kamu pasti ke rumahnya untuk mengunjunginya. Nah, biasanya nih kamu akan membawakan bingkisan, entah itu kado untuk si bayi atau malah untuk sang ibu. Pokoknya, jarang deh yang datang dengan tangan kosong.

Hal yang menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia ini sebenarnya sebagai wujud kebahagiaan terhadap keluarga kerabat, yang sekarang memiliki tambahan anggota baru. Siapa sih yang nggak senang punya keluarga baru yang imut nan lucu itu? Hehe.

Advertisement

Tapi, memilih kado seringkali juga bikin bingung, lho! Nah, di artikel ini Hipwee mau kasih rekomendasi buat kamu. Yuk, simak sama-sama!

1. Momen kedekatan ibu dan bayi itu saat mandi. Berikan kado peralatan mandi yang lucu-lucu buat si baby.

peralatan mandi

peralatan mandi via sharingdisana.com

Kebutuhan bayi memang banyak macamnya dan kamu nggak salah meringankan kerabatmu dalam memenuhinya. Memberikan kado berupa peralatan mandi sangat bermanfaat lho bagi kedekatan ibu dan anak. Karena mandi merupakan salah satu momen untuk menjalin kedekatan di antara keduanya.

Selain itu, di toko-toko juga udah banyak dijual sepaket lengkap kok dengan bungkus cantiknya. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot memilihnya.

2. Bayi yang baru lahir pasti aktivitasnya tidur melulu. Kamu boleh banget beliin perlengkapan bobok yang unyu…

perlengkapan tidur untuk sibayi

perlengkapan tidur untuk sibayi via perlengkapanbayi-eno.com

Advertisement

“Lo udah beli kasur khusus buat bayi belum sih?”

“Gak ada. Dari kemarin tidurnya bareng sama gue. Tenang aja, gak bakal ketindihan. Hehe.”

Membeli perlengkapan tidur juga bisa kamu berikan. Hal ini bermanfaat karena kamu nggak khawatir bayi mungil yang baru lahir ini akan tertindih oleh orang tuanya. Lagi pula, perlengkapan tidur ini juga ada kelambu untuk melindungi bayi dari nyamuk dan binatang lainnya yang ada di rumah.

3. Gak melulu buat bayi. Kamu bisa juga memberikan kado buat ibunya. Coba deh cari baju menyusui yang praktis dan bahannya nyaman.

baju untuk ibu menyusui

baju untuk ibu menyusui via www.dhgate.com

“Ngadoin apa ya? Alat mandi udah biasa, perlengkapan tidur juga.”

“Baju buat menyusui aja, yang bukaan kancing atas biar gampang nyusuin bayinya.”

Bagimu mungkin memberikan kado untuk bayi terlalu biasa dan kamu ingin sesuatu yang berbeda. Nah, kamu bisa nih membelikan baju untuk ibunya agar mudah saat menyusui. Kamu tinggal mencarikan ukuran yang cocok dengan kancing bukaan atas. Jangan lupa juga pilih bahan baju yang nyaman digunakan seperti bahan kaos atau katun.

4. Kebutuhan bayi banyak banget macamnya, kado tas khusus buat baby pasti bakal sangat berguna.

beliin tas bayi yang lucu ini.

beliin tas bayi yang lucu ini. via www.kumakumahouse.co.id

Kamu tahu kan kalau ada bayi, pasti ibu dan bayinya akan sering diajak untuk menginap di rumah saudara-saudaranya? Terkadang juga diajak berpergian ke berbagai tempat walau hanya sebentar. Nah, untuk itu kamu bisa nih membelikan tas bayi nih. Saat ini model tas bayi udah banyak modelnya, jadi kamu bisa memilih sesuka hati. Kalau mau sih jangan yang terlalu banyak gambar agar bisa dipakai oleh siapapun tanpa harus diisi dengan perlengkapan bayi.

5. Kasih aja pakaian bayi yang imut dan lucu. Bungkus dengan cantik biar kadomu semakin berkesan.

berikan kado pakaian

berikan kado pakaian via fairuzbabyshop.blogspot.co.id

Saat sedang melewati toko perlengkapan bayi, pasti kamu gemas deh melihat pakaian-pakaian bayi yang dijual. Modelnya yang lucu-lucu dan warna yang menarik pasti akan membuat penampilan bayi semakin menggemaskan. Kamu bisa membelikannya pakaian sesuai umurnya. Namun, untuk pakaian khusus bayi yang baru lahir nggak terlalu banyak modelnya yang unik-unik nih. Kalau kamu mau membelikannya yang lucu-lucu, biasanya tersedia pada pakaian bayi untuk berumur di atas 6 bulan.

6. Yang namanya bayi, pasti inginnya digendong. Gak ada salahnya kalau kamu menghadiahi gendongan masa kini.

gendongan bayi

gendongan bayi via gendonganbayi.org

Kalau udah melihat bayi, inginnya pasti menggendong deh. Padahal bayinya juga nggak menangis, tapi orang-orang di sekitarnya tetap aja ingin menggendongnya. Karena bayi saat digendong nggak cukup dalam waktu yang sebentar, biar gampang perlu ada gendongan. Gendongan saat ini udah banyak macamnya, tinggal selera kamu dan fungsi untuk memilihnya. Ada yang gendongan depan jadi kamu nggak capek dan ada juga gendongan seperti kain di samping.

7. Bisa juga kok beliin mainan. Tapi, kamu harus pintar-pintar pilih mainan yang aman.

mainan bayi

mainan bayi via www.haibunda.com

Mainan bagi bayi banyak macamnya dan hampir setiap mainan ada fungsinya sendiri-sendiri. Untuk yang masih bayi, kamu bisa memilih mainan berupa bantal cerita yang ada gambar dan warna-warna menarik. Ada juga mainan dari bahan karet yang khusus diperuntukkan bagi bayi untuk membantu menumbuhkan gigi. Selain itu, mainan juga merupakan salah satu cara ampuh untuk membuat bayi berhenti dari tangisnya lho.

8. Karena ASI eksklusif itu perlu, kamu bisa membelikan perlengkapannya. Beliin botol-botol untuk menyimpan ASI misalnya.

Memberikan ASI eksklusif nggak harus dari menyusui. Seorang ibu yang kadang memiliki aktivitas di luar rumah, mengharuskannya untuk meninggalkan bayi kecilnya sebentar. Pada saat itulah, kado darimu berupa perlengkapan menyusui seperti botol-botol asi sangat bermanfaat. Atau kalau uangmu mencukupi, bisa membelikannya breastpump.

9. Agar perlengkapan bayi (dot, botol ASI, dan alat makan) jauh dari kuman, sterilizer pasti akan sangat dibutuhkan.

sterilizer

sterilizer via family.fimela.com

Segala barang-barang bayi diwajibkan untuk selalu bersih dari kuman, terutama alat-alat yang digunakan untuk minum maupun makan. Biasanya harus disiram atau direndam dengan air panas agar sterilnya terjamin. Supaya nggak ribet-ribet memberikan air panas, kamu bisa membantu kerabatmu dengan membelikan sterilizer sebagai kado.

10. Membelikan bouncer atau stroller boleh-boleh aja. Biar lebih ringan, patungan aja sama teman atau saudara.

Kedua jenis kado ini memang cukup menguras kantong. Jadi, kalau kamu memang memiliki uang yang memadai, nggak ada salahnya membelikan ini. Untuk mengakalinya, kamu bisa nih mengajak saudara atau teman-temanmu untuk patungan. Jadi, lebih terasa ringan kan?

11. Gak punya waktu buat beli kado? Tenang, dengan uang semua terselesaikan. Hehehe.

berikan uang juga gak apa-apa

berikan uang juga gak apa-apa via ekbis.sindonews.com

“Tari udah melahirkan lho, mau patungan gak?”

“Gak ah. Gue mau kasih mentahnya aja.”

Yup, memberikan kado berupa uang memang merupakan pilihanmu karena nggak sempat membeli barang atau malah bingung memikirkan memilih kado apa yang akan diberikan. Nggak ada yang melarangnya kok, toh pasti orang tua si bayi pasti akan menerima aja dengan senang hati.

Memberikan kado saat ada kerabat yang melahirkan atau memiliki bayi udah lumrah dilakukan. Sekarang ini pun tersedia beragam jenis kado yang bisa kamu pilih. Kalau kamu malas atau nggak sempat membeli kadonya, kamu bisa memberikan uang kepada orang tuanya. Yah, lumayan kan uangnya bisa dipakai untuk membeli kebutuhan bayinya. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya