Sebagai orang yang berat badannya kurang dari rata-rata, mungkin kamu sudah terbiasa dengan berbagai ejekan dari orangtua atau teman-teman. “Kerempeng!” “Tulang!” “Kurang gizi!” Selain itu, kamu juga sadar bahwa jadi terlalu kurus itu tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Keadaan ini bisa mengganggu kesehatan jantungmu, membuat tulangmu rentan osteoporosis, dan meningkatkan risiko kamu terserang anemia. Duh, males banget ‘kan?

Supaya bisa hidup lebih sehat, kamu harus coba menaikkan berat badan. Eits, jangan buru-buru dulu. Menaikkan berat badan juga nggak boleh sembarangan. Kalau kamu makan secara asal, yang ada malah kamu tubuhmu menggendut secara instan dan menjadi lebih rentan pada penyakit. Berabe!

Jadi, berikut ini cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk menaikkan berat badanmu secara aman! Tengok satu-satu yuk…

1. Hitunglah jumlah kalori yang memang tubuhmu perlukan

mulai hitung kalori harianmu via decreasize.com

Mayoritas dari kita pasti nggak memikirkan berapa banyak jumlah kalori yang masuk ke tubuh kita. Padahal, jumlah asupan kalori kita ini adalah pedoman utama saat mau menaikkan berat badan maupun saat mau menurunkan berat badan.

Advertisement

Gunakan formula Harris-Benedict di bawah ini untuk menghitung berapa banyak kalori yang kamu butuhkan setiap harinya:

  • Kalau kamu cowok = 88,362 + (13,397 x Berat Badan dalam kg) + (4,799 x Tinggi Badan dalam cm) – (5,677 x Umur)
  • Kalau kamu cewek = 447,593 + (9,247 x Berat Badan dalam kg) + (3,098 x Tinggi Badan dalam cm) – (4,330 x Umur)

2. Tambahkan juga kalori harianmu

Tambahkan kalorimu via bonduelle.ro

Setelah kamu menentukan jumlah kalori yang kamu butuhkan tiap harinya, langkah selanjutnya adalah mulai makan dengan asupan kalori ekstra sebanyak 500 hingga 1000 kalori. Penambahan kalori ini mutlak agar kamu memiliki kelebihan kalori yang bisa disimpan tubuh menjadi daging ataupun lemak.

3. Makanlah tiga kali sehari, diselingi dua kali sesi kudapan

Ngemil? Tentu saja via www.bakeryandsnacks.com

Bagaimana mau berisi kalau perutmu aja malas kamu penuhi? Supaya berat timbanganmu bisa naik sedikit, mulai biasakan makan 3x sehari dan selingi cemilan di sela-sela jam makanmu itu.

Sesi makan ini nggak boleh asal lho ya! Pilih makan-makanan yang tinggi protein dan tinggi karbohidrat serta berbagai cemilan yang menyehatkan seperti keju, roti, pisang, apokat, ataupun buah-buahan lainnya.

4. Mulai Perbanyak Asupan Protein, Karbohidrat, dan Lemak

Mulai masukkan beberapa makanan kaya nutrisi seperti daging merah, roti, kacang-kacangan, keju, atau alpukal ke dalam menu harianmu. Beberapa macam makanan tersebut mengandung banyak nutrisi yang kamu butuhkan untuk menambah berat badanmu. Tapi biar kamu bisa menaikkan berat badan secara sehat, sebisa mungkin hindarilah junk food.

5. Rajin Olahraga atau Fitness

Rajin-rajin fitness via blog.codyapp.com

Baik kamu ingin menurunkan berat badan ataupun menaikkan berat badan, olahraga atau fitness adalah sebuah hal yang wajib kamu lakukan. Mulailah rajin ke gym, gerakkan tubuhmu bukan untuk latihan kardio, namun lebih fokuslah pada latihan angkat beban atau weight lifting.

Selain membentuk badanmu menjadi lebih proporsional dan sedap dipandang, latihan ini juga akan menambah nafsu makanmu sehingga kamu dapat makan lebih banyak daripada biasanya.

6. Kurangi atau berhenti merokok

berhenti merokok via www.wikisup.com

Jika kamu kurus dan juga seorang perokok, mulai sekarang hentikanlah kebiasaanmu itu. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Yale, nikotin yang terkandung di rokok itu membuatmu malas dan menekan nafsu makanmu. Hipwee juga sudah pernah menulis tentang alasan-alasan lain kenapa kamu harus berhenti merokok, lho.

7. Makanlah sebelum tidur

makan sebelum tidur via img.terra.com.br

Makan sebelum tidur adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang yang sering makan setelah lebih dari jam 8 malam memiliki Body Mass Index (BMI) yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak makan malam.

Hal ini karena di malam hari, metabolisme tubuh kita telah melambat sehingga apapun makanan yang masuk akan tertimbun lebih banyak dan disimpan menjadi lemak tubuh.

8. Jangan lupa, perbanyak konsumsi air putihmu

perbanyak minum air putih via psn.sdn.si

Minum air dengan jumlah yang cukup (2 liter per harinya) membantu sistem pencernaanmu sehingga proses penyerapan nutrisi makanan yang kita makan dapat berjalan optimal. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu minum air dengan jumlah yang cukup.

9. Kalau makanan saja belum cukup, coba juga suplemen seperti multivitamin

multivitamin? via www.deshebideshe.com

Jika selama ini belum pernah terpikir olehmu untuk menambahkan suplemen atau multivitamin, mungkin kini saat yang tepat untuk menambahkan multivitamin dan suplemen makanan lainnya ke dalam daftar menumu. Vitamin B kompleks atau suplemen makanan yang mengandung curcuma bisa kamu pilih untuk menambah nafsu makanmu.

10. Berkonsultasi ke ahli gizi juga tidak apa-apa, lho!

konsultasikan dengan ahli gizi via imunews.imu.edu.my

Setelah bermacam-macam cara udah kamu coba tapi berat badanmu masih tetep nggak bergeming, maka langkah terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan konsultasi dengan ahli gizi mengenai keadaanmu itu.

Konsultasikan masalah-masalah yang kamu alami selama ini, serta cari tahu juga mengapa berta badanmu nggak naik-naik. Tentu saja ahli gizi juga bisa memberikan menu diet khusus untuk membantumu naikkin berat badan.

Jadi itu dia 10 tips sehat yang bisa kamu coba buat kamu yang udah bosen disebut kurus kerempeng. Mulai ubah hidupmu dengan gaya hidup lebih baik dan lebih sehat yuk!