Selama ini mungkin kamu nggak sadar jika kebiasaan yang dilakukan sehari-hari itu berpengaruh bagi tubuh. Meski kamu menganggap bahwa kebiasaan tersebut biasa saja, sebenarnya bisa jadi bumerang jika kurang berhati-hati. Salah satunya adalah kebiasaan saat mengonsumsi makanan dan minuman – yang ternyata bisa bikin kamu cepat tua.

Sebagai anak muda yang punya keinginan untuk bisa awet muda, sebaiknya kamu jangan asal-asalan dalam mengonsumsi makanan dan minuman mulai dari sekarang. Jika tidak, ya jangan heran kalau kamu bakal dibilang wajah yang terlihat lebih tua dari usia. Maka dari itu, Hipwee Tips mengajakmu untuk mengetahui fakta tentang makan dan minum seperti apa yang tanpa disadari bikin kamu cepat tua. Mumpung masih ada waktu, yuk berbenah!

1. Terlalu sering mengonsumsi makanan olahan. Rasanya memang memuaskan, tapi kandungannya jelas kurang baik bagi kesehatan

makanan olahan cepat saji via www.businessinsider.com

Mengonsumsi makanan olahan memang memuaskan lidah. Rasanya yang lezat bikin kamu jadi sering mengonsumsinya, belum lagi cara pengolahannya yang praktis dan cepat saji. Kuliner olahan seperti kentang goreng, bakso, nugget, beragam jenis lauk yang dibalut tepung dan didinginkan seperti ini memang jadi andalan saat lagi banyak kerjaan. Tapi, makanan olahan ternyata nggak baik bagi kesehatan, lho. Karena bahan-bahan kandungannya nggak sebaik makanan rumahan. Misalnya saja, terdapatnya lemak trans yang berbahaya dan bikin kamu jadi cepat tua.

2. Sebisa mungkin hindari minum minuman bersoda dan beralkohol deh kalau ingin dibilang awet muda

terlalu sering minum minuman bersoda via www.eminenthealth.com

Advertisement

Minum minuman bersoda dan beralkohol memang lebih banyak nggak ada faedahnya. Memang enak sih, tapi kedua minuman jenis ini nggak memiliki gizi yang berarti busat tubuh, justru sifatnya merusak. Seperti minuman bersoda yang banyak mengandung sirup jagung fruktosa tinggi untuk pemanis – yang lebih buruk dari gula. Sirup ini bisa merusak hati dan menyebabkan peningkatan glukosa tinggi. Begitupun dengan minuman beralkohol yang jika terlalu banyak dikonsumsi justru akan mengurangi cairan tubuh, kamu akan dehidrasi dan terkulai lemas. Jika dibiarkan, maka kulitmu jadi cepat mengeriput, kolagen jadi menghilang, kulit memerah, dan tubuh membengkak. Alhasil, penampilanmu jadi terlihat lebih tua dari usia.

3. Banyak mengonsumsi makanan yang serba asin bikin darah tinggi dan dehidrasi. Alhasil tubuh jadi lemas dan tak berdaya

makanan asin termasuk keripik berbumbu via crunchylist.blogspot.com

Makanan atau camilan yang bercita rasa asin memang menggiurkan. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan ini juga ternyata bikin kamu cepat tua. Hal ini disebabakan karena biasanya makanan asin mengandung garam tinggi sehingga kamu berpotensi terkena penyakit darah tinggi. Selain itu, makanan asin menimbulkan dehidrasi – yang membuat tubuh terasa lemas dan tak berdaya. Kalau sudah begini, kamu jadi terlihat kuyu dan cepat tua.

4. Terbiasa mengonsumsi kuliner dengan kandungan gula berlebih juga nggak baik. Bukan hanya membahayakan kesehatan tubuh, tapi juga penampilanmu

makanan manis dan banyak mengandung gula via www.rd.com

Sama seperti garam, terbiasa makan kuliner yang mengandung gula berlebih bisa membahayakan kesehatan. Beberapa di antaranya yaitu kue, muffin, dan permen. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan memungkinkan berbagai penyakit berbahaya, penampilanmu pun jadi terasa lebih tua.

5. Minum pakai sedotan biar terlihat imut sih boleh-boleh saja. Tapi, kamu harus tahu kalau itu bikin wajahmu jadi mudah berkeriput

menyedot minuman bikin kulit wajah berkerut via www.babycenter.com

Minum menggunakan sedotan kadang dilakukan agar lipstik di bibirmu nggak belepotan. Tapi ada juga yang berpikir bahwa minum pakai sedotan memberi efek imut karena bagian pipi jadi terlihat memiliki cekungan. Sayangnya, minum pakai sedotan bikin kamu cepat tua lantaran bibir dan kulit pipimu yang mengerut. Saat menyedot, bagian matamu juga akan menyipit, sehingga kerutan di sekitar mata akan lebih cepat munculnya.

8. Makan gorengan secukupnya saja, minyak trans-nya adalah penyebab kolesterol tinggi yang berpengaruh terhadap kesegaran kulit

enak sih, tapi… via food.detik.com

Lemak trans di Indonesia memang umunya ditemukan pada makanan yang digoreng pada suhu amat panas, di atas 180 derajat celcius. Lemak trans juga berlipat ganda kadarnya jika minyak goreng dipakai secara berulang. Untuk mengimbanginya, minumlah lebih banyak air mineral serta konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup. Sebaiknya, kamu pikir-pikir dulu sebelum jajan gorengan, ya!

7. Minum air mineral itu perlu. Jangan biarkan tubuhmu dehidrasi dan bikin kulitmu kering dan kusam

lemas karena kurang minum via abcnews.go.com

Kurang minum air mineral dalam kadar cukup juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Padahal, air mineral berfungsi untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan menjaga kerja organ tetap optimal. Tak hanya menjaga kulit selalu kencang dan cerah, kamu juga jadi segar dan bersemangat setiap saat. Kurang minum air mineral akan menyebabkan dehidrasi, kerja organ nggak maksimal dan sehingga kulitmu pun akan tampak kusam dan pucat.

8. Dietlah sewajarnya, tak perlu berlebihan. Kamu juga perlu melakukan aktivitas dan butuh tenaga

diet sewajarnya saja via www.elephantjournal.com

Percayalah jika kamu diet berlebihan maka tubuh akan terasa lemas. Tak ada asupan makanan yang cukup masuk ke dalam tubuh, apalagi kalau aktivitasnya berlebihan. Berat badanmu sih memang berkurang, tapi tubuhmu akan loyo dan menderita sakit perlahan. Untuk bisa beraktivitas dengan baik, tubuhmu juga perlu tenaga yang cukup, sehingga makanan bergizi tetap harus tetap dikonsumsi dengan porsi yang tepat.

Sekarang kamu jadi tahu ‘kan, kalau bukan cuma suka marah-marah atau efek dari riasan wajah saja yang bikin kamu terlihat tua. Tapi, kebiasaan makan dan minum yang nggak sehat juga. Mumpung belum jadi tua beneran, baiknya berhati-hati dari sekarang sebelum makan dan minum, yuk!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya