Masa Berlaku SIM Habis? Ini Cara Daftar Perpanjangan SIM Secara Online. Ada Kebijakan Dispensasi

Cara daftar perpanjangan sim secaraonline

Dengan masuknya masa new normal, kini beberapa aktivitas mulai mendapat penyesuaian. Kebanyakan kini aktivitas dilakukan secara daring. Sebut saja membeli tiket kereta, mengikuti ujian sekolah sampai membuat dan memperpanjang SIM.

Advertisement

Di masa pandemi ini Kepolisian melalui Korlantas Polri membuka pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online. Upaya ini dilakukan kepolisian sebagai bentuk pencegahan penularan virus Corona. Terus, gimana sih cara membuat atau memperpanjang SIM secara online ini? Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk langsung aja simak tata caranya di bawah ini

1. Kamu bisa memperpanjang atau membuat SIM secara online dengan mengakses laman resmi Korlantas Polri

Pendaftaran SIM online via sim.korlantas.polri.go.id

Bagi yang ingin melakukan perpanjangan masa berlaku SIM atau membuat SIM baru kini kepolisian telah membuka pendaftaran secara online. Perpanjangan SIM ini hanya berlaku untuk pemegang SIM A dan SIM C. Caranya cukup mudah, kamu bisa membuka laman resmi Korlantas Polri dan mendaftarkan diri disana.

Untuk mengajukan perpanjangan SIM pemohon harus mengisi semua data yang dibutuhkan. Seperti nomor SIM, masa berlaku, asal penerbitan, hingga alamat email. Nah jika semua syarat sudah terpenuhi maka kamu bisa mendaftar di mana pun dan kapan pun. Setelah mendaftar nantinya kamu nggak perlu mengantri dan tinggal memilih tanggal kedatangan sesuai keinginan.

Advertisement

2. Lantas biasanya berapa aja nih? Biayanya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, ya. Berikut detailnya

Biaya yang harus dikeluarkan via kumparan.com

Setelah mendaftarkan diri, kamu harus membayar biaya pembuatan SIM ini. Berapa harganya? sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, biaya PNPB perpanjangan SIM adalah 80 ribu rupiah untuk SIM A dan 75 ribu rupiah untuk SIM C. Selain biaya tersebut pendaftar online akan dikenai biaya administrasi tambahan sebesar 5 ribu rupiah. Pembayaran bisa dilakukan melalui ATM ataupun mobile banking. Nah kamu juga akan dimintai untuk mencantumkan rekening pengembalian dana apabila kamu mengundurkan diri atau nggak lolos.

3. Selain pendaftaran online petugas kepolisian juga melayakan layanan drive thru dan SIM keliling. Petugas telah mendesain agar penyerahan dokumen dan pengambilan foto bisa dilakukan di kendaraan masing-masing

Layanan Drive Thru via www.kompas.com

Melansir Kompas, selain memberlakukan layanan online, Satpas SIM kota Surakarta juga memberlakukan perpanjangan SIM dengan metode drive thru sehingga nantinya masyarakat nggak perlu keluar atau turun dari kendaraan. Petugas telah mendesain agar penyerahan dokumen dan pengambilan foto dapat dilakukan dari kendaraan. Selain layanan drive thru ini masyarakat juga bisa mengakses pelayanan SIM keliling yang telah disiapkan oleh petugas.

4. Sementara itu kepolisian juga memberikan dispensasi perpanjangan SIM bagi mereka yang menjadi suspect atau pasien Covid-19

Advertisement

Terakhir, kepolisian juga memberikan dispensasi bagi mereka pasien Covid-19 yang masa berlaku SIM-nya habis. Melansir Kompas, masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis namun dalam status Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bisa mengurusnya setelah dinyatakan sehat.

Nah itu dia informasi tata cara bagi kamu yang ingin membuat atau memperpanjang SIM secara online. Semoga tips ini bermanfaat dan memudahkan kamu dalam mengurus surat izin mengemudi ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE