7 Cara Diet Alami Minim Effort yang Nggak Ngoyo. Tanpa Terasa, Bobotmu Sudah Turun Dua Kilo

Cara diet alami

Memiliki berat badan yang ideal jadi impian banyak orang. Untuk mewujudkannya, rata-rata dari mereka melakukan diet ekstrem atau mengonsumsi obat pelangsing alami di apotik. Sebenarnya boleh saja, tapi tak dianjurkan dilakukan dalam jangka waktu lama karena bisa memicu masalah kesehatan.

Advertisement

Menurut pakar, cara diet alami tanpa obat justru lebih direkomendasikan. Walau penurunan berat badannya nggak signifikan, setidaknya cara ini lebih aman daripada diet ekstrem kebanyakan. Malah dengan menerapkan cara diet alami ala dokter ini, kamu nggak akan merasa sedang menjalani diet khusus. Nah, berikut cara diet alami dan cepat yang dianjurkan.

1. Diet yang sehat bukan berarti harus memangkas porsi makan seminimal mungkin, tapi lebih ke membatasi asupan kalori hariannya

batasi kalori | credit: CNBC via www.cnbcindonesia.com

Kebutuhan kalori masing-masing individu bisa berbeda, tergantung usia dan aktivitasnya. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, baiknya kurangi asupan kalori harian sekitar 500 kalori atau sekitar 20 persen porsi makan biasanya. Dengan pengurangan ini, niscaya cara diet alami mengecilkan perut akan lebih optimal. Bobot bisa susut sekitar 0,5 sampai 1 kg per minggunya. Lumayan, kan?

2. Perbanyak asupan protein dan kurangi konsumsi karbohidrat olahan

tambah protein | credit: Foodie Factor via www.pexels.com

Protein merupakan nutrisi penting yang paling berpengaruh saat menjalani cara diet alami tanpa olahraga. Sebab saat mengolah protein, tubuh secara bersamaan juga melakukan pembakaran kalori. Dengan memperbanyak konsumsi protein, tubuh akan merasa kenyang lebih lama sehingga akan memengaruhi nafsu makan.

Advertisement

Berlawanan dengan protein, saat diet, justru kamu dianjurkan untuk mengurangi asupan karbohidrat kecuali yang mengandung serat seperti gandum, kentang, wortel, maupun quinoa. Dengan mengurangi karbohidrat, proses pembakaran kalori akan lebih optimal dan cara diet super cepat bisa diwujudkan.

3. Asupan serat yang cukup dapat mempercepat cara diet alami mengecilkan perut buncit

tambah serat | credit: Louis Hansel via unsplash.com

Selain protein, kamu juga butuh serat supaya berat badan turun lebih signifikan dan nggak cepat naik kembali. Nutrisi ini bisa ditemukan dalam berbagai menu makanan sehat seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, kamu tak perlu mengkhawatirkan asupan kalori harian, karena nilai kalorinya lebih rendah daripada makanan olahan. Tentunya hal ini sangat menguntungkan selama menjalani cara diet alami dalam waktu singkat.

4. Saat menjalani cara diet sehat dan cepat kurus, kamu wajib mengurangi asupan gula dan garam

Advertisement

kurangi garam dan gula | credit: Emmy Smith via unsplash.com

Banyak orang sering meremehkan anjuran ini, padahal mengurangi asupan gula dan garam sangat berpengaruh selama menjalani cara diet alami dan cepat tanpa olahraga. Mengutip laman Hello Sehat, makanan tinggi gula dan garam umumnya memiliki kalori tinggi dapat akan memperlambat proses penurunan berat badan. Apalagi gula dalam bentuk fruktosa, akan dicerna hati dan berubah menjadi lemak.

Sebagai langkah mengurangi gula, kamu dapat menggantinya dengan pemanis rendah kalori, seperti gula Stevia misalnya. Untuk garam dapur, bisa beralih menggunakan garam himalaya atau garam vulkanik.

5. Mematuhi jam makan juga merupakan kunci sukses saat menjalani cara diet cepat kurus dalam 1 minggu

patuhi jam makan via unsplash.com

Tidak apa-apa makan 3 kali sehari selama kamu memperhatikan porsi dan takaran kalorinya. Menurut ahli gizi pun, kamu tetap diperbolehkan mencamil, tapi dengan catatan mengonsumsi makanan kaya serat dan patuhi jam makannya. Dengan pengaturan jam makan ini, kamu akan terbebas dari kelaparan yang akhirnya berujung pada ‘balas dendam’. Saran lainnya, kamu harus terus-menerus makan pada waktu yang sudah ditentukan, supaya sistem metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik.

6. Jangan lupa perbanyak minum air putih supaya cara diet alami dan sehat langsing dan ramping dalam 15 hari nggak berakhir sia-sia

minum air putih | credit: Daria Shevtsova via www.pexels.com

Minum air putih dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan membuatmu cepat kenyang. Ditambah lagi, air putih juga nggak memiliki kalori sama sekali, beda dengan es kopi atau minuman kemasan lainnya. Seseorang yang menjalani diet alami dengan air putih akan mendapatkan manfaat kesehatan secara keseluruhan, baik pada proses penurunan berat badan maupun detoksifikasi tubuhnya.

Kalau bosan dengan air putih, sesekali kamu boleh menggabungkannya dengan cara diet alami dengan lemon atau jeruk nipis, dibuat infused water misalnya. Meski khasiatnya nggak begitu terasa, setidaknya infused water bisa dijadikan sebagai obat pelangsing alami buatan sendiri yang aman dan minim efek samping.

7. Sekeras apapun kamu berdiet, kalau waktu tidurmu kurang, tetap nggak akan berhasil

cukup tidur | credit: Ketut Subiyanto via www.pexels.com

Menurut penelitian, seseorang yang sering tidur larut malam akan mengalami peningkatan hormon dan membuatnya jadi cepat lapar. Biasanya, mereka melampiaskan laparnya dengan mencamil makanan yang kurang sehat, padahal hal ini dapat meningkatkan timbunan lemak dalam tubuh. Untuk itu, mulailah cukupi tidurmu yakni 7-8 hari per hari.

Untuk mempercepat proses penurunan berat badan, kamu juga mesti mengimbanginya dengan berolahraga. Nggak perlu terlalu ngoyo juga, jalan santai 20 sampai 45 menit sehari pun diperbolehkan. Intinya, lakukan apapun yang setidaknya bisa membakar kalori harianmu. Semangat berdiet, ya!

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE