4 Cara Membuat Minyak Kemiri Tanpa Bahan Kimia. Makin Lebat Rambutnya!

Cara membuat minyak kemiri

Biji kemiri merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat populer karena bisa menambah cita rasa pada masakan. Selain itu, kemiri yang diolah menjadi minyak juga cukup populer untuk perawatan tubuh dan kecantikan. Salah satu yang paling umum digunakan yakni untuk perawatan rambut. Kandungan asam amino dan asam lemak esensial pada minyak kemiri dapat menutrisi kulit kepala dan batang rambut dengan baik.

Advertisement

Nggak mengherankan jika banyak sekali merek-merek minyak kemiri yang beredar di pasar. Namun, daripada membeli, kamu bisa lo, membuatnya sendiri di rumah. Bahkan kamu bisa mendapat minyak kemiri yang alami tanpa bahan kimia. Cara membuat minyak kemiri sendiri bisa dibilang cukup simpel. Kamu hanya butuh biji kemiri yang masih mentah atau masih terbungkus kulit, supaya hasil minyaknya maksimal. Penasaran gimana cara membuat minyak kemiri? Yuk simak info berikut!

1. Cara membuat minyak kemiri dengan direbus tanpa blender, bisa digunakan untuk rambut bayi

cara membuat minyak kemiri dengan direbus

Biji kemiri | Credit by janu.indra@gmail.com on depositphoto

Minyak kemiri sering dimanfaatkan para ibu untuk membantu menumbuhkan rambut si kecil. Jika khawatir dengan kandungan bahan kimia seperti pengawet dan pewarna pada minyak kemiri pabrikan, kamu bisa membuatnya sendiri. Berikut cara membuat minyak kemiri dengan direbus dan tanpa perlu diblender.

Cara membuat:

  1. Kupas kemiri dari kulitnya, lalu cuci bersih. Ukurannya bisa menyesuaikan seberapa minyak yang ingin kamu dapatkan. Untuk permulaan, kamu bisa mengolah kemiri sebanyak 300 – 500 gram dulu.
  2. Haluskan kemiri dengan cara ditumbuk atau diparut. Tambahkan air sedikit demi sedikit saat proses menghaluskan.
  3. Saring biji kemiri yang sudah halus untuk mengambil airnya. Jika belum tuntas, peras biji kemiri seperti memeras santan atau dengan bantuan kain.
  4. Diamkan air perasan dalam wadah tertutup selama 24 jam. Setelah itu, rebus air perasan tersebut hingga mengeluarkan minyak. Saring kembali untuk memisahkan minyak dan kerak. Simpan minyak di dalam wadah tertutup.
Advertisement

Minyak kemiri yang didapat dari proses ini biasanya lebih jernih dari proses lainnya. Namun, kamu harus lebih bersabar karena prosesnya yang cukup lama. Cara membuat minyak kemiri ini hasilnya aman untuk rambut bayi, karena tanpa bahan kimia dan prosesnya direbus, jadi lebih higienis.

2. Panggang kemiri dalam oven untuk mendapatkan kemiri yang kering dan lebih banyak minyaknya

cara membuat minyak kemiri untuk rambut

Kemiri panggang | Credit by Anskuw on depositphoto

Minyak kemiri akan keluar saat dipanaskan, sehingga dalam proses pembuatannya harus dimasak. Salah satunya dengan cara dipanggang dalam oven. Cara membuat minyak kemiri ini cukup praktis dan lebih cepat daripada dengan merebusnya. Kamu hanya perlu menyiapkan oven atau pemanggang dan food processor atau blender kering.

Advertisement

Cara membuat:

  1. Kupas kemiri mentah dari bijinya. Nggak perlu dicuci karena akan membuat kemiri lembap dan lebih lama keringnya.
  2. Tuangkan dalam loyang roti aluminium, ratakan di seluruh permukaan loyang. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat C selama 20 – 30 menit, hingga biji kemiri benar-benar kering dan berwarna cokelat.
  3. Setelah biji kemiri kering dan dingin, lanjut haluskan menggunakan food processor atau blender, tapi jangan tambahkan air. Setelah halus, kemiri akan mengeluarkan minyak.
  4. Saring menggunakan kain dan peras untuk mengeluarkan seluruh minyaknya. Simpan dalam wadah tertutup

Cara membuat minyak kemiri dengan dipanggang seperti ini akan menghasilkan minyak yang sedikit keruh dibanding cara yang direbus, tapi khasiatnya tetap sama kok. Hasil dari cara membuat minyak seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk melentikkan bulu mata dan menebalkan kumis, bahkan bisa untuk memperbaiki sel pada kulit kering dan bersisik.

3. Selain dipanggang, cara membuat minyak kemiri juga bisa dengan disangrai menggunakan wajan biasa

cara membuat minyak kemiri disangrai

Kemiri sangrai | Credit by Craigansibin on depositphoto

Cara membuat minyak kemiri ini cukup praktis, kamu hanya perlu menyiapkan wajan yang tebal untuk menyangrai biji kemiri supaya nggak mudah gosong. Selain menggunakan wajan biasa, kamu juga bisa menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat untuk menghasilkan kemiri yang matang merata.

Cara membuat

  1. Kupas kemiri mentah lalu belah menjadi 2 bagian, untuk memudahkan biji kemiri matang lebih cepat.
  2. Sangrai di atas wajan menggunakan api kecil supaya kemiri nggak mudah gosong. Saat proses menyangrai ini, biji kemiri harus terus diaduk supaya matangnya merata. Angkat kemiri yang sudah berwarna kuning kecokelatan.
  3. Haluskan kemiri yang sudah matang menggunakan food processor atau ditumbuk hingga halus. Setelah halus, diamkan beberapa jam hingga kemiri mengeluarkan minyak.
  4. Saring menggunakan kain dan peras untuk mengeluarkan seluruh minyaknya. Simpan dalam wadah tertutup.

Cara membuat minyak kemiri dengan disangrai seperti ini akan menghasilkan minyak yang sedikit keruh. Hasil dari cara membuat minyak seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk melentikkan menebalkan kumis dan alis, melentikkan bulu mata, memperbaiki batang rambut yang rusak, dan melembapkan kulit kering.

4. Minyak kemiri juga bisa didapat dengan cara dibakar hingga kehitaman, hasilnya cocok untuk perawatan rambut

cara membuat minyak kemiri

Kemiri bakar | credit by adev.com

Cara membuat minyak kemiri yang terakhir adalah dengan dibakar langsung di atas api hingga kering. Cara ini cukup efektif untuk membuat kemiri mengeluarkan minyak. Namun, kamu harus hati-hati dengan sisa gosongan kemiri ini karena bisa mengotori pakaian.

Cara membuat:

  1. Kupas kemiri mentah dari kulitnya, lalu taruh diatas bara api. Kamu bisa menggunakan pemanggang daging atau langsung membakarnya menggunakan arang.
  2. Setelah biji kemiri berubah warna menjadi hitam pekat seperti arang, kemudian haluskan hingga kemiri mengeluarkan minyak.
  3. Saring menggunakan kain dan peras untuk mengeluarkan seluruh minyaknya. Simpan dalam wadah tertutup.

Cara membuat minyak kemiri dengan dibakar seperti ini akan menghasilkan minyak sedikit kotor bahkan cenderung gelap. Sehingga, lebih baik kamu gunakan untuk perawatan rambut kering dan rambut beruban. Caranya, cukup balurkan minyak kemiri ke seluruh batang rambut hingga kulit kepala. Diamkan semalaman dan bilas saat esok hari. Nutrisi pada minyak kemiri ini cukup efektif lo, untuk menebalkan rambut dan memperbaiki sel rambut yang rusak dan kering.

Nah, itulah 4 cara membuat minyak kemiri murni yang alami dan tanpa bahan kimia. Sehingga, minyak kemiri home made ini aman digunakan pada anak-anak hingga orang dewasa. Kamu bisa mencoba dengan cara mana pun yang menurutmu paling mudah ya, selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE