Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Berwarna. Bisa Dipakai Lagi~

Selain pakai detergen, bahan-bahan dapur ini bisa dimanfaatkan

Noda luntur pada baju kerap mengganggu dan merusak warna asli baju ya, Sobat Hipwee. Noda luntur yang terlihat dengan jelas tentu saja bisa membuat penampilan menjadi kurang sedap dipandang. Apalagi jika yang terkena lunturnya itu adalah baju yang berwarna putih atau hitam. Pasti kita enggan untuk memakainya.

Advertisement

Sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dicoba untuk menyamarkan bahkan menghilangkan noda luntur pada baju. Dan bahan-bahan untuk menghilangkan noda luntur ini relatif mudah didapat karena ada banyak di sekitar kita. Bahan apa sajakah itu? Mari kita simak bersama-sama.

1. Jeruk nipis

jeruk nipis

Photo by Jessica Lewis Creative from Pexels

Asam dari jeruk nipis bisa menghilangkan noda luntur pada pakaian. Cara menggunakannya adalah dengan menggosok-gosokkan jeruk nipis ke area pakaian yang terkena luntur selama beberapa menit lalu diamkan sebentar. Setelah didiamkan, cuci pakaian seperti biasa menggunakan detergen lalu keringkan.

2. Cuka

cuka

Photo by Nahdro from Pexels

Cuka juga memiliki sifat asam yang cukup tajam. Bahan ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda luntur. Caranya dengan mengoleskan area baju yang luntur dengan cuka secukupnya. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas. Setelah itu, cuci seperti biasa menggunakan detergen.

Advertisement

3. Baking soda

baking soda

Photo by Kaboompics .com from Pexels

Selain sebagai salah satu bahan untuk membuat kue, ternyata baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan noda luntur di pakaian. Caranya dengan mencampurkan baking soda dengan detergen, lalu oleskan pada bagian pakaian yang luntur. Kemudian rendam sebentar lalu sikat hingga bersih.

4. Alkohol

alkohol

Photo by cottonbro from Pexels

Khusus untuk noda luntur yang berasal dari cat atau tinta, cairan alkohol bisa menjadi solusinya. Caranya dengan menggosokkan area yang luntur dengan alkohol sampai nodanya sedikit memudar. Lalu sikat pakaian itu dengan detergen. Ulangi dua sampai tiga kali sampai noda benar-benar menghilang.

Cara ini ampuh dilakukan jika noda luntur itu masih baru. Kalau noda itu sudah lama tercetak di baju, sepertinya kamu harus mencari solusi lain yang lebih ampuh. Selamat mencoba!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE