Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit. Modal Jarum dan Benang, Bisa Bikin Aneka Model Sendiri

Cara menjahit baju

Merasa boros karena membeli baju terus-terusan? Atau kamu kesulitan memperoleh baju yang sesuai keinginanmu? Untuk mengatasinya, yuk coba menjahit baju sendiri. Kamu nggak perlu punya mesin jahit, ikuti aja cara menjahit baju dengan tangan. Terdengar mustahil tapi masih bisa diwujudkan. Hitung-hitung latihan~

Advertisement

Langkah-langkahnya cukup gampang dan bisa diterapkan pemula. Sebetulnya, cara menjahit baju anak dan cara menjahit baju gamis nggak terlalu berbeda. Begitu pula dengan cara menjahit seragam sekolah. Yuk ikuti tips dasar berikut.

Sebelum menjahit, siapkan alat-alat yang dibutuhkan

1. Kain

Jenis kain / Credit: Berezko via www.housebeautiful.com

Ada banyak sekali jenis kain yang bisa dipilih, mulai dari katun sampai beludru. Karena masih pemula, lebih baik beli aja kain lokal yang harganya Rp20 ribuan per meternya.

Advertisement

2. Perlengkapan jahit esensial

Alat dasar / Credit: Insider via www.peakpx.com

Perlengkapan ini terdiri jarum jahit, jarum pentul, benang, gunting kain, dan pengurai jahitan. Penting banget!

Advertisement

3. Cutting mat dan pen cutter

Saling melengkapi / Credit: Ali Express via aliexpress.com

Pen cutter digunakan untuk memotong kain, sedangkan cutting mat berfungsi sebagai alasnya. Hasilnya lebih akurat dibandingkan memakai gunting biasa.

4. Peralatan untuk membuat pola jahitan

Pola jahitan / Credit: University of the Fraser Valley via en.wikipedia.org

Pola pakaian sangat dibutuhkan sebelum menjahit. Kamu bisa membuatnya dengan kertas pola, pensil, gunting kertas, penggaris, kertas karbon, dan rader atau pemotong.

5. Meteran jahit

Meteran / Credit: Wallpaperflare via www.wallpaperflare.com

Berbeda dengan penggaris, meteran jahit bisa menekuk dengan fleksibel. Cocok nih untuk mengukur lingkar tubuh.

Setelah peralatan siap, kamu bisa mulai membuat pakaian tanpa mesin jahit

1. Pilih kain yang diinginkan

Memilih kain / Credit: Armands Drapery via www.armandsdrapery.com

Sebagai pemula, pilihlah kain yang mudah dijahit seperti katun. Kamu bisa membelinya di toko kain atau memanfaatkan kain bekas. Panjangnya bisa mencapai 2 hingga 3 meter tergantung ukuran tubuh dan panjang baju. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa mencoba cara menjahit baju anak untuk pemula sehingga kain yang dibutuhkan juga secukupnya saja.

2. Cucilah kain terlebih dahulu

Mencuci / Credit: Getty Images via www.gettyimages.com

Proses mencuci bisa menghilangkan kerutan dan noda. Setelah dicuci dan dikeringkan, setrikalah kain agar licin dan siap dijahit.

3. Membuat atau membeli pola baju

Pola baju / Credit: Sewport via sewport.com

Pola digunakan agar bisa memotong kain sesuai ukuran dan model yang diinginkan. Kamu bisa membuatnya dengan mencontoh di internet. Kalau merasa kesulitan, bisa juga membeli pola yang sudah jadi di toko kain atau peralatan jahit.

4. Memotong kain sesuai pola

Memotong / Credit: Lovetoknow via fashion-history.lovetoknow.com

Hamparkan kain di permukaan yang rata dan taruh pola baju di atasnya. Lalu potonglah kain sesuai pola tersebut, jangan lupa tambahkan ekstra 2 cm untuk bagian jahitan. Kalau ingin membuat bagian lengan, potonglah secara terpisah dari bagian badan. Keduanya bisa disatukan lagi dengan jahitan.

5. Mulai menjahit

Jahitan zig-zag / Credit: Make it Coats via www.youtube.com

Masukkan benang ke dalam lubang jarum, lalu mulailah menjahit dengan mengikuti bagian tepi pola. Gunakan tusuk zig-zag untuk menyambung bagian depan dan belakang baju, lalu tambahkan dengan tusuk rata untuk mengunci jahitannya. Lakukan hal yang sama untuk menggabungkan bagian badan dan lengan.

6. Mengelim atau melipit bagian leher dan bagian bawah baju

Pengeliman / Credit: Sewway via sewway.com

Supaya nggak berjumbai, gunakan tusuk lurus di sepanjang garis leher dan bagian bawah baju untuk mengelimnya. Hal ini bakal lebih mudah dilakukan kalau kita menyeterika bagian yang akan dikelim.

7. Memberi sentuhan akhir

Renda / Credit: TRC Leiden via trc-leiden.nl

Agar baju tampak lebih indah, tambahkan aksen seperti renda, kerut, manik-manik, kancing, atau ritsleting. Setelah semua langkah ini diikuti, jadi deh baju buatan sendiri!

Selain membut baju dari nol, kamu juga bisa menerapkan cara menjahit baju robek

1. Memilih jarum dan benang yang sesuai

Penting / Credit: Insider via www.insider.com

Gunakan jarum yang besar dan tajam kalau kamu hendak menjahit kain tebal seperti denim dan kulit. Sedangkan kalau kainnya tipis seperti katun dan nilon, lebih baik gunakan jarum yang tipis pula. Lengkapi dengan benang yang sesuai. Semakin tebal kainnya, berarti semakin tebal pula benangnya.

2. Menjahit keliman yang robek

Keliman robek / Credit: MakeItDo via id.pinterest.com

Biasanya masalah ini terjadi pada bagian saku. Pertama, balik baju sehingga bagian dalamnya berada di luar. Lalu jahitlah sepanjang garis keliman dengan jahitan yang lurus dan rapi. Timpa aja jahitan yang lama dengan yang baru.

3. Menjahit lubang yang agak besar

Berlubang / Credit: Heddels via www.heddels.com

Misalnya, pakaianmu berlubang dan sebagian kainnya hilang karena aus. Letakkan potongan kain di bagian bawah lubang dengan sisi yang bagus menghadap ke atas. Setelah itu, jahit kain ke sekeliling lubang dengan menggunakan jahitan zig-zag. Jahitlah dengan jarak 2 cm dari tepi lubang untuk mencegah kerobekan lebih lanjut.

4. Menambal lubang dengan potongan kain yang menarik

Menambal / Credit: The Spruce Crafts via www.thesprucecrafts.com

Berbeda dengan cara sebelumnya, kali ini kamu menjahit tambalan dari luar. Jadi batas-batas antara kain baju dan kain tambalan bakal terlihat lebih jelas. Keren nih kalau sengaja memilih kain yang warnanya kontras atau berpola. Cara menjahit baju bolong ini bisa membuat pakaianmu makin menarik.

Itulah berbagai cara menjahit baju untuk pemula. Ternyata nggak sesulit yang dibayangkan! Untuk lebih jelasnya, kamu bisa download cara menjahit baju dari berbagai sumber di internet. Setelah mencoba cara manual, kamu bisa mencoba cara menjahit baju dengan mesin jahit agar hasilnya lebih rapi. Selamat mencoba, ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE