7 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tumbuh Subur dan Nggak Gampang Layu

Cara merawat bunga mawar

Bunga mawar menjadi salah satu jenis bunga yang sangat popular dan disukai banyak orang. Bentuknya yang cantik, warnanya yang bermacam-macam, dan aromanya yang khas menjadi daya tarik dari bunga mawar ini. Tidak heran kalau tumbuhan ini menjadi simbol cinta dan kasih sayang. Orang-orang menggunakan bunga ini untuk menyatakan cinta kepada orang yang dikasihinya. Saat pernikahan, bunga mawar juga sering menjadi pelengkap untuk dekorasi maupun prosesi.

Advertisement

Bunga mawar termasuk tanaman yang mudah tumbuh meski pada suhu yang panas atau dingin sekalipun. Namun, kamu tetap perlu mengetahui cara menanam dan merawat bunga mawar supaya tumbuh subur dan tidak mudah layu.  Bagaimanapun, kamu pasti akan kecewa jika sudah menanam bunga mawar sejak awal, tetapi akhirnya justru layu dan tidak berbunga. Jangankan berbunga, sebelum berbunga saja tanaman mawar bisa mati jika tidak dirawat dengan benar, lo. Pertanyaannya, bagaimana cara merawat bunga mawar ini?

1. Pertama, pilih pot yang mempunyai banyak pori-pori untuk mengalirkan air

Pilih pot yang cocok | Credit: Pxhere

Kalau kamu ingin menanam bunga mawar dalam pot, jangan lupa memilih pot yang tepat. Bukan pot biasa, akan lebih baik kalau kamu menanam bunga mawar dalam pot yang berjenis tanah liat. Alasan memilih pot berjenis tanah liat dibandingkan pot plastik adalah untuk memudahkan aliran air ketika dilakukan penyiraman. Pot tanah liat juga memiliki banyak pori sehingga membuat air mudah untuk keluar.

Jika menggunakan pot plastik, air akan mudah terperangkap dan menyebabkan terjadinya pembusukan. Kalau sudah menggunakan pot tanah liat, air tidak terperangkap dalam pot yang bisa membuat akar tanaman mudah membusuk.

Advertisement

2. Cara merawat bunga mawar yang berikutnya adalah dengan melakukan penyiraman secara tepat

Penyiraman yang tepat | Credit: Pxfuel

Untuk menjaga agar bunga mawar tumbuh subur, perlu dilakukan penyiraman yang tepat. Maksudnya, jangan sampai kamu menyiram terlalu banyak air yang akhirnya menimbulkan genangan di dalam pot. Siram bunga mawar melalui tanah sehari sekali saat musim hujan dan dua kali sehari saat musim panas. Jangan menyiraminya terlalu berlebihan karena lagi-lagi akan membuat tanaman mudah membusuk.

3. Pilih media tanam yang baik, gunakan tanah yang tidak terlalu gembur dan tidak terlalu kering

Media tanam yang tidak terlalu gambur atau kering | Credit: Piqsels

Media tanam menjadi salah satu kunci keberhasilan menanam bunga mawar. Untuk membuat bunga mawar tumbuh subur, pilih-pilih tanah dengan kadar air yang bagus. Mawar akan sulit tumbuh di media yang terlalu gembur atau terlalu kering. Cara menanam bunga mawar di daerah panas, yaitu dengan menanam di waktu yang tepat, seperti di awal musim kemarau atau sebelum musim hujan. Setelah dilakukan penanaman, jangan lupa dialiri air supaya tidak terlalu kering.

4. Lakukan pemupukan untuk membuat bunga mawar semakin subur

Pemupukan alami maupun pemupukan khusus | Credit: Cade Martin via Pixinio

Cara menanam bunga mawar dari batang agar cepat berbunga adalah dengan pemupukan. Dengan pemberian pupuk, tanaman akan mendapatkan unsur hara dan membuatnya semakin subur. Pupuk alami untuk bunga mawar yang bisa kamu pilih adalah pupuk kandang dari kotoran hewan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pupuk khusus bunga mawar, seperti NPK yang membantu menumbuhkan akar dan membantu mempercepat tumbuhan untuk berbunga.

Advertisement

5. Beri penyinaran dengan intensitas matahari yang cukup. Jangan berlebihan, ya!

Penyinaran yang cukup | Credit: le-loup via Pixabay

Seperti tumbuhan pada umumnya, tanaman bunga mawar juga membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis. Maka dari itu, kamu perlu menjemur tanaman ini sekitar pukul 6-10 pagi. Jika tanaman diletakkan di tanah langsung, kalian bisa memasang jaring-jaring di atasnya supaya intensitas cahaya matahari tidak berlebihan.

6. Jangan lupa lakukan pemangkasan pada daun yang kuning dan batang yang busuk

Pemangkasan secara rutin | Credit: artursfoto via Pixabay

Kebanyakan kesalahan orang saat menanam bunga mawar adalah tidak rutin memangkas bagian yang kering atau busuk pada tanaman. Padahal, kamu perlu mengecek seara rutin daun, ranting, dan juga bunganya supaya tidak ada bagian yang mengering atau membusuk pada tanaman. Jika ada bagian yang mengering atau membusuk, kamu perlu memangkasnya dengan guntung yang tajam supaya tanaman tidak rusak. Usahakan potong bagian tanaman yang busuk dengan lurus, bukan menyerong atau diagonal.

7. Jauhkan tanaman bunga mawar dari hama. Kamu bisa menyemprotkan pestisida 1-2 kali sebulan

Jangan sampai mawar layu | Credit: Hippopx

Musuh dari semua tanaman adalah hama. Hama bisa menghambat tumbuhnya tanaman dan bisa membuat tanaman mati. Untuk menghindarinya, kamu bisa menyemprotkan pestisida sekali atau dua kali dalam sebulan. Kalau kamu tidak telaten menangkal hama pada bunga mawar, maka siap-siap saja tanamanmu akan mati. Itulah sebabnya mengapa kita harus berhati-hati merawat tanaman bunga mawar.

Nah, itu dia delapan cara merawat bunga mawar yang perlu kamu lakukan supaya bisa tumbuh subur dan lekas berbunga. Jangan lupa diterapkan ya, SoHip!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE