5 Cara Merebus Daging Sapi Biar Cepat Empuk Tanpa Presto. Hemat Gas, lo!

Cara merebus daging sapi

Olahan daging sapi memang banyak disukai banyak orang. Sayangnya, proses memasaknya butuh waktu yang lama sekitar 1 jam untuk menghasilkan daging yang empuk. Selain itu, memasak daging sapi juga butuh trik supaya teksturnya nggak mudah rusak. Biasanya, cara paling ampuh adalah menggunakan panci presto. Masalahnya, nggak semua orang memilikinya.

Advertisement

Hal tersebut membuat sebagian orang malas memasak daging sapi karena dianggap repot dan butuh waktu lama. Sebenarnya, cara merebus daging supaya cepat empuk tanpa merusak tekstur cukup mudah, lo. Asal tahu trik yang benar, dijamin mengolah daging sapi jadi menyenangkan karena cepat, hasilnya lezat, dan bisa menghemat gas. Nah, berikut ini Hipwee kasih tahu cara merebus daging sapi biar cepat empuk dengan mudah, yuk simak!

1. Sebelum memulai perebusan, pastikan beberapa hal berikut tentang teknik pemotongan daging, panci dan api yang digunakan

Potong daging melawan arah serat | Credit by Javy_indi on Freepik

Sebelum menambahkan bahan-bahan yang bisa membantu mengempukkan daging, pastikan kamu memotong daging dengan benar. Daging harus dipotong dengan melawan arah serat, kalau bisa jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal. Hal ini supaya daging tekstur daging tidak mudah rusak saat direbus dan bisa mempercepat pengempukkan daging.

Selain itu, pastikan kamu menggunakan panci yang tertutup rapat dan jangan terlalu sering mengaduk, supaya panasnya bisa maksimal. Api yang digunakan pun harus api sedang, jangan terlalu besar karena bisa bikin tekstur daging jadi kering dan alot. Jika ingin mempercepat perebusan, bisa gunakan api besar di awal hingga air mendidih. Kemudian kecilkan api ketika daging sudah masuk ke dalam panci atau ketika daging sudah berubah warna.

Advertisement

2. Remas atau bungkus daging sebelum direbus menggunakan daun pepaya bisa bikin empuk tekstur daging tanpa memengaruhi rasa masakan

Bungkus daging dengan daun pepaya | Credit by murty setiawan on Cookpad

Cara merebus daging supaya tidak alot bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun pepaya. Hal ini karena getah pepaya mengandung zat yang bisa mengurai protein daging sehingga bisa lebih empuk. Cara agar daging sapi cepat empuk dengan daun pepaya pun cukup mudah. Remas-remas daging bersama daun pepaya hingga keluar getahnya. Atau gunakan daun pepaya yang sudah diremas untuk membungkus daging.

Diamkan selama 15-30 menit sebelum merebus daging. Jangan terlalu lama ya, karena getah daun pepaya bisa membuat daging menjadi getir dan merusak cita rasa masakan. Cara ini cukup bisa diandalkan untuk mempercepat perebusan, kamu hanya butuh waktu 20 menit hingga daging bisa empuk sempurna.

3. Cara merebus daging dengan tambahan nanas segar supaya tidak alot sekaligus bisa menambah cita rasa

Advertisement

Nanas segar | Credit by Jcomp on Freepik

Buah nanas segar mengandung enzim bromelain yang mampu mencerna protein dan melunakkan jaringan daging, sehingga kamu bisa menambahkan nanas saat perebusan. Usahakan kamu menggunakan nanas segar ya, karena nanas kaleng atau jus nanas kemasan biasanya sudang mengalami penetralan enzim. Cara merebus daging sapi agar cepat empuk seperti ini bisa dilakukan dengan memotong nanas menjadi beberapa bagian sebelum memasukkannya ke dalam panci rebusan. Selain cara itu, kamu juga bisa membuat jus nanas untuk membuat marinasi daging selama 20 menit sebelum direbus.

Cara merebus daging agar cepat empuk dan tidak bau menggunakan nanas bisa dibilang cukup ampuh. Sebab, cita rasa nanas bisa menyamarkan bau khas daging dan membuat proses perebusan lebih cepat. Kamu hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk menghasilkan daging sapi yang empuk. Nanas yang dimasak bersama daging pun bisa menambah cita rasa masakan menjadi lebih lezat.

4. Marinasi daging lebih dulu dengan garam dan bumbu sederhana sebelum direbus

Marinasi daging | Credit by Lukas on Pexels

Jika kamu tidak suka dengan rasa dan aroma nanas pada masakan, maka coba marinasi daging dengan garam selama 30 menit. Lebih baik lagi jika menggunakan bumbu yang sekalian digunakan untuk memasak. Proses marinasi membuat daging membuka jaringan untuk meresapi bumbu-bumbu marinasi. Sehingga saat direbus, daging akan lebih cepat empuk. Selain itu, penambahan bumbu pada air rebusan akan membuat titik didih lebih tinggi, sehingga daging lebih cepat empuk.

5. Rebus daging menggunakan teknik 5-30-7 supaya cepat empuk tanpa tambahan bahan-bahan lain

Panci yang tertutup rapat | Credit by Oleg Magni on Pexels

Cara merebus daging sapi agar cepat empuk tanpa presto seperti ini bisa kamu gunakan jika tidak punya bahan-bahan pelengkap yang bisa membantu pengempukkan daging. Merebus daging dengan teknik 5-30-7 ini bisa kamu coba dengan mudah, berikut caranya:

  • Rebus daging tanpa dicuci selama 5 menit, kemudian tiriskan dan buang airnya. Hal ini bertujuan untuk membersihkan daging.
  • Rebus lagi daging hingga mendidih, tunggu 5 menit setelah air mendidih. Pastikan panci tertutup rapat ya, kemudian matikan apinya.
  • Diamkan daging di dalam panci tanpa membukanya selama 30 menit.
  • Setelah itu, nyalakan api lagi hingga air mendidih dan tunggu selama 7 menit. Setelah itu, matikan api dan daging siap diolah sesuai selera.

Teknik 5-30-7 ini juga bisa digunakan untuk membuat kacang hijau dengan mudah dan cepat empuk, lo!

Nah, itulah 5 cara merebus daging sapi supaya cepat empuk. Kamu bisa menggunakan cara yang mana pun sesuai selera. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan waktu saat mencampurkan bahan-bahan tambahannya, ya! Sebab jika terlalu lama, daging justru mudah hancur saat direbus. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE