5 Trik Pakai Cat Rumah Warna Kuning Biar Nggak Kelihatan Ngejreng. Malahan Hangat dan Ceria

Cat Rumah

Salah satu unsur penting dalam rumah adalah cat. Warna cat rumah yang bagus akan menggambarkan estetika dan karakter serta selera sang penghuni. Lebih jauh lagi, cat rumah yang bagus bisa berpengaruh secara psikologis. Memberikan penghuni kesan-kesan dan nuansa positif. Bisa jadi membantu jadi produktif atau  memberikan kualitas istirahat yang baik.

Advertisement

Ada berbagai pilihan cat rumah yang bisa kita pakai. Ada yang lebih senang dengan cat rumah minimalis atau ada juga yang senang dengan cat rumah warna mewah. Bicara soal warna, orang Indonesia sedikit berbeda dengan di negara-negara lain.  Masyarakat kita lebih senang dengan warna cat rumah sederhana dibandingkan dengan warna-warna terang yang ngejreng. Jarang ada orang Indonesia menggunakan cat rumah warna coklat. Kita lebih senang pakai warna-warna netral seperti warna putih atau cat rumah warna cream.

Kendati begitu, anggapan jelek dan norak pada cat warna terang nggak sepenuhnya benar. Cat berwarna terang seperti cat rumah warna hijau tosca atau cat rumah warna kuning sebenarnya berpotensi membuat rumah kita terlihat unik, estetik dan hangat. Hal yang perlu kita tahu hanyalah tips dan trik untuk membuatnya terlihat mengagumkan. Penasaran gimana caranya? Simak!

1. Sebelum mulai mengecat rumah, pahami terlebih dahulu berbagai varian warna kuning dan pilih sesuai dengan karakter dan nuansa yang ingin kamu bangun

pilih varian warna kuning favoritmu/Credit: Unsplash @griestprojects via unsplash.com

Sama seperti cat rumah warna biru, cat kuning juga punya beragam varian. Sebelum mulai mengecat rumah, kita harus memahami terlebih dahulu beragam jenis warna kuning dan kekuatan mereka masing-masing. Ada warna kuning lemon, kuning emas, kuning biasa, kuning amber, saffron, flax dan citrine serta masih banyak lainnya.

Advertisement

Kalau sudah memahami jenis-jenis warna kuning dan fungsinya, kita bisa memilih dan menyesuaikannya dengan karakter para penghuni rumah atau kebutuhan akan membangun nuansa dan tema. Kalau sudah, kita tinggal memikirkan ruang mana yang ingin dicat.

2. Perhatikan bagian rumah yang akan dicat. Apakah akan mengeksekusi bagian luar, bagian dapur, kamar, atau ruang tamu

pilih ruangan/Credit: Freepik @lifeforstock via www.freepik.com

Langkah kedua adalah memikirkan posisi atau ruang yang akan kita cat. Setiap ruangan yang dicat dengan warna kuning akan menciptakan kesan yang berbeda-beda lo. Seperti memilih kuning sebagai warna cat bagian dalam kamar atau ruang keluarga, maka akan memberi kesan hangat dan ceria. Berbeda lagi dengan mengecat warna kuning di ruang tamu. Warna kuning akan memberi kesan terbuka dan ‘menerima’ dengan bahagia tamu atau kerabat yang datang.

Oiya, warna kuning sendiri sebenarnya sangat cocok buatmu yang hobi memasak lo! Dapur yang bercat kuning akan memberi sensitivitas lebih pada indera perasa.

Advertisement

3. Pastikan adanya jalur sinar matahari yang sempurna untuk membuat warna kuning terpantulkan dengan baik dan mengeluarkan kesan dan keindahannya

jendela untuk jalur masuk cahaya/Credit: Unsplash @adeolueletu via unsplash.com

Hal terpenting saat kamu ingin menggunakan cat dinding warna kuning adalah tersedianya jalur atau ruangan untuk sinar matahari. Sebut saja ada jendela atau lubang ventilasi yang bisa memasukkan cahaya matahari dengan kapasitas yang banyak dan sempurna. Nantinya sinar matahari ini akan memberi refleksi dan membantu warna kuning pada dinding jauh lebih menarik dan memiliki kesan yang nggak muram.

4. Agar nggak terlihat monoton, padukan warna kuning sebagai dasar dengan penambahan ornamen, aksesoris, atau furnitur lain yang berwarna agak gelap

menambah ornamen lain agar nggak monoton/Credit: Unsplash @zahrinlukman via unsplash.com

Kuning adalah warna dasar yang sangat berpotensi untuk dipadukan dengan warna-warna lain. Biar nggak terkesan monoton dan norak, kamu bisa padukan cat warna kuning sebagai dasar dengan ornamen, aksesoris atau furnitur yang berwarna lebih gelap.

Kamu bisa membuat garis detail untuk mempercantik dinding dengan warna biru atau putih. Kamu bisa pajang sebuah lukisan berwarna lavender atau warna gelap lain untuk ditempatkan di dinding. Kamu juga bisa menyimpan tanaman-tanaman hias dan di dekatkan dengan dinding sebagai pemanis ruangan. Dijamin deh bakal kelihatan estetik!

5. Jangan takut dan malu untuk bereksperimen dengan warna kuning. Kalau belum sampai hati menggunakan kuning sebagai warna dasar, kamu bisa gunakannya sebagai pelengkap saja

ekspreimen menempatkan warna kuning di antara warna lain/Credit: Unsplash @akin via unsplash.com

Biasanya kita sering merasa nggak enak karena takut gagal saat menerapkan warna-warna terang pada dinding rumah. Padahal warna-warna cat terang seperti kuning sangat berpotensi memberi keindahan tersendiri.

Kalau kita belum sampai hati untuk mewarnai dinding dengan cat kuning secara penuh, kita bisa menempatkannya di beberapa sudut ruangan yang tersembunyi atau privat. Misal di kamar pribadi atau di ruang kerja. Bisa juga menempatkan warna kuning sebagai pelengkap untuk menambah estetika desain rumah.

Itu dia beberapa trik buatmu yang ingin menggunakan cat warna kuning untuk dinding rumah. Intinya, kamu harus berani dan pintar-pintar menempatkan warna lain di sekitar warna kuning sebagai dasar. Jangan pernah takut dan malu. Selamat mencoba ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE