Kalau dipikir-pikir, kita sering lho dapat uang dalam jumlah besar secara tiba-tiba seperti bonus tahunan, Tunjangan Hari Raya atau THR, dana pensiun yang cair, warisan, dan sebagainya. Nggak jarang, uang seperti itu rasanya cepat habis aja, misalnya buat belanja dan liburan. Nah, hal seperti itu rawan dialami oleh (khususnya) para atlet Indonesia di Asian Games 2018 lalu. Mereka, baik yang nggak dapat medali ataupun berhasil bawa pulang medali, mendapatkan uang bonus dengan jumlah bervariasi mulai dari Rp 20 juta rupiah hingga miliaran rupiah.

Supaya uang bonus dengan jumlah besar itu bisa dimanfaatkan dan digunakan sebaik-baiknya, ada lho caranya. Trik pengelolaan uang ini sebenarnya sederhana kok. Akun Twitter Ligwina Hananto, @mrshananto, membahas dalam sebuah thread-nya tentang pengelolaan keuangan ketika tiba-tiba mendapatkan uang banyak. Beginilah caranya.

1. Setelah dapat uang banyak, sebaiknya langsung lunasi hutang yang bisa segera dilunasi seperti kartu kredit atau hutang ke teman

Daripada jadi tanggungan, hutang sebaiknya segera dilunasi via time.com

Advertisement

Percayalah, hidup akan lebih tenang kalau nggak punya hutang jadi sebaiknya hutang yang bisa segera ditutup, langsung ditutup aja. Biasanya itu adalah hutang kartu kredit, hutang bank, atau ke teman.

2. Lakukan juga financial check up untuk mengetahui kebiasaan menghabiskan uang dan juga biaya hidup bulanan

Hitung lagi pengeluaran bulanan yuk~ via www.pexels.com

Nah, kalian harus tahu seberapa banyak uang yang dihabiskan untuk kebutuhan bulanan seperti makan, tempat tinggal, bensin, dan bayar tagihan rumah tangga bulanan.

3. Nggak selamanya hidup lancar-lancar aja kan. Makanya, perlu juga disiapkan dana darurat untuk jangka waktu tertentu

Dana darurat sebaiknya ditabung dan nggak dipakai kecuali sangat terpaksa via www.pexels.com

Sebelum banyak yang tiba-tiba minta tolong atau mengajak gabung investasi, penting lho untuk menolong diri sendiri lebih dahulu. Caranya adalah dengan menyisihkan untuk dana darurat selama 12 bulan.

4. Kalian juga harus punya fasilitas kesehatan seperti asuransi. Kalau belum ada, segera daftar deh termasuk untuk orang terdekat kalian

Keluarga juga harus dilindungi asuransi kesehatan. Kalau sakit kan mintanya ke kalian juga via www.pexels.com

Advertisement

Asuransi kesehatan nggak cuma buat diri sendiri aja lho. Pastikan orang terdekatmu juga punya asuransi kesehatan, seperti pasangan, orang tua, anak, kakak, dan adik. Kalau mereka sakit, mintanya juga ke kalian kan~

5. Siapkan juga uang untuk tujuan jangka pendek, misalnya nih buat anak masuk sekolah tahun depan, sisihkan uangnya dan masukkan ke deposito

Kalau tahun depan sudah saatnya memasukkan anak ke sekolah, alokasikan uangnya untuk biaya masuk via jp.news.gree.net

Karena sudah harus dilakukan dalam jangka waktu yang pendek, sebaiknya uangnya dipersiapkan dulu deh biar nggak panik waktu harus mengeluarkan biaya dalam jumlah besar. Hidup lebih tenang deh

6. Nggak hanya jangka pendek aja, tujuan jangka panjang juga harus mulai dipikirkan setelah tujuan jangka pendeknya teralokasikan semua

Alokasikan deh dana sedikit demi sedikit untuk tujuan jangka panjang seperti membangun rumah idaman via www.advantaira.com

Uangnya masih ada? Nah, saatnya deh mempersiapkan juga untuk tujuan jangka panjang. Ini bisa membuat kalian nggak sembarangan menghabiskan uang lho karena uangnya sudah dialokasikan untuk tujuan penting lain.

7. Terakhir, milikilah aset aktif kayak bisnis, properti, atau surat berharga supaya uang berubah jadi aset yang menghasilkan uang lagi

Uang harus diinvestasikan ke aset bergerak yang bisa bikin uang jadi ‘bertumbuh’ terus via www.moneyunder30.com

Ada tiga aset aktif yaitu bisnis, properti, dan surat berharga. Nah, daripada uang bonus habis tapi nggak ada wujudnya, lebih baik dibelikan aset-aset yang bisa menghasilkan uang lebih banyak lagi.

Uang ratusan juta hingga miliaran rupiah itu habisnya bisa sangat cepat. Dan akan sayang sekali kalau tidak dihabiskan untuk hal yang lebih bermanfaat di masa yang akan datang. Yuk bijak mengatur keuangan~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya