Banyak orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan justru jadi enggan makan dan pada akhirnya kehilangan rasa lapar. Saat ingin makan, rasanya pengen muntah (kalau sudah muntah nama penyakitnya Bulimia Nervosa) dan tubuh pun jadi terlampau kurus. Sedihnya, ternyata ini penyakit, guys. Di dunia medis dikenal dengan nama Anoreksia Nervosa.

Anoreksia Nervosa adalah masalah kesehatan jiwa karena pengidapnya terobsesi memiliki tubuh kurus dan sangat takut terlihat gemuk. Biasa diderita oleh remaja hingga usia-usia dewasa awal dan berjenis kelamin wanita. Berikut Hipwee Tips paparkan fakta-faktanya…

1.  Demi tampil cantik jelita, dua dokter kembar menjalani diet yang membuat mereka anoreksia sampai menghancurkan kehidupannya

Maria and Katy Campbell via journalfacts.com

Maria dan Katy Campbell yang kini berusia 37 tahun telah mengalami penyesalan yang mendalam tentang keputusan yang pernah mereka ambil saat remaja. Sejak usia 11 tahun mereka berusaha menurunkan berat badan agar secantik salah satu temannya di kelas. Mereka tidak makan dan terlalu banyak berolahraga hingga menderita anoreksia. Dengan tubuh seperti sekarang, bukannya menjadi cantik mereka malah menderita.

Si kembar tak pernah merasakan punya pacar, padahal mereka ingin punya anak. Jangankan untuk punya pacar, keselamatan hidup mereka saja terancam akibat berat badan yang jauh dari normal. Kabar terakhir dari dailymail.co.uk, keduanya masih menjalani perawatan sampai sekarang. Semoga bisa sembuh ya, Mbak-mbak cantik :”)

2. Jeremy Gillitzer, model ganteng nan six pack meninggal setelah bertahun-tahun menderita anoreksia dan bulimia akut

Advertisement

Rest in peace Jeremy 🙁 via sutra.ba

Jeremy memiliki pengalaman buruk di masa kecilnya. Ia sering dikatai gemuk dan kemudian mencoba menurukan berat badannya. Usaha dietnya ini malah membuatnya anoreksia hingga ia berusia dewasa awal. Untungnya, dia sadar lalu sembuh dan membangun kembali hidupnya dengan menjadi model kenamaan.

Jeremy yang menurut keterangan medusa.com adalah seorang gay menjalin hubungan dengan pacar pertama dan satu-satunya, tapi hubungan itu berakhir menyakitkan. Masalah keluarga juga menghujaninya di saat yang sama. Jeremy pun kembali pada kebiasaan makannya yang dulu. Dia anoreksia lagi dan kali ini nyawanya tak dapat tertolong.

3. Berniat diet demi tampil ramping, Ramos bersaudara justru melemah ketahanan tubuhnya dan meninggal karena mengalami anoreksia

Ramos bersaudara via femina.hu

Eliana dan Luisel Ramos adalah saudara yang sama-sama berprofesi sebagai model di Uruguay. Seperti yang kita tahu, dunia modelling memang menuntut mereka untuk selalu tampil ramping. Dua bersaudara ini pun menjalani diet yang pada akhirnya justru menyebabkan anoreksia.

Ketahanan tubuh mereka melemah, Luisel tewas terlebih dulu setelah berpose di catwalk. Enam bulan kemudian Eliana menyusul  saudaranya, Femalebeauty.com menjelaskan bahwa ia diduga meninggal karena serangan jantung. Hmm… kalau sekurus itu sih emang nggak sehat ya, guys!

4. Isabelle Caro, model penderita anoreksia yang mati-matian mengingatkanmu untuk lebih berhati-hati saat punya target “ingin kurusan”

Isabell Caro via caringonline.com

Isabell Caro via spokeo.com

Isabell Caro via gwenisghost.blogspot.com

Model yang menderita anoreksia sejak usia 13 tahun ini sangat dikenal sejak wajahnya muncul di poster anti anoreksia pada tahun 2007 silam. Kondisi tubuhnya yang terlampau kurus menyebabkan Isabelle pernah menderita berbagai macam penyakit, dari mulai pencernaan hingga pernapasan akut.

Dalam kampanyenya dia membawa pesan kalau kita harus lebih bijak dengan tubuh kita. Tak hanya mengutamakan target penampilan saja, tapi kesehatan tak boleh luput juga.

5. Penyesalan Lauren Bailey; berjalan 12 jam per hari demi menurunkan berat badan, tapi malah tubuh sehatnya yang jadi taruhan

Lauren Bailey via tuul.tv

Lauren berusaha menurunkan berat badannya dengan berjalan selama 12 jam per hari. Bukan badan sehat ramping yang ia dapatkan tapi malah membahayakan nyawanya. Bayangkan saja, berat badan Lauren pernah nyaris sama dengan berat badan rata-rata anak berusia 5 tahun.

Waktu itu seperti dilansir dailymail.co.uk, ia pun menjalani perawatan di rumah sakit. Wah, semoga sekarang sudah sembuh dan sehat kembali ya Lauren

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang gejala-gejala anoreksia, berikut Hipwee Tips sajikan ciri-cirinya

ANOREKSIA! via video-liputan6.com

Gejala Anoreksia Nervosa:

  • Berat badan turun secara signifikan.
  • Menimbang berat badan setiap hari.
  • Sering memuntahkan makanan yang sudah dimakan.
  • Berbohong ketika ditanya “sudah makan belum?” (jawab sudah padahal belum).
  • Sangat perhitungan soal kalori, lemak, dan gula dalam makanan.
  • Sering olahraga secara berlebihan.
  • Suka minum obat penekan nafsu makan.
  • Mudah tersinggung (soal berat badan).
  • Kelelahan, dehidrasi, tekanan darah rendah, pusing, rambut rontok, dan kulit kering.

Jangan ukur tubuhmu dengan artis cantik Korea atau siapapun yang menurutmu seksi. Yang penting mah sehat dan menjaga kesehatan, ndut dikit itu nggak apa-apa. Malah ginuk-ginuk lucu, lho 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!