Bukan Cuma Kopi, 7 Efek Kebanyakan Minum Teh ini Juga Perlu Diwaspadai

Efek kebanyakan minum teh

Teh menjadi minuman favorit sejuta umat karena rasanya yang menyegarkan. Di pagi hari, biasanya kita membuat segelas teh hangat untuk menemani sarapan. Di siang hari, es teh juga sangat cocok untuk menghalau udara yang panas. Bahkan di malam hari, segelas teh biasa diminum untuk menemani kalian bersantai bersama keluarga. Tanpa sadar, kita terkadang terlalu banyak minum teh tanpa mengetahui apa akibat yang bisa timbul setelahnya.

Advertisement

Teh memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya membantu menurunkan tekanan darah, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan metabolisme. Meskipun begitu, teh jika dikonsumsi berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping untuk kesehatan lo. Apa saja efek samping kebanyakan minum teh itu?

1. Pertama, gangguan tidur bisa menghampirimu meskipun tubuhmu sedang dalam kondisi lelah

Gangguan tidur | Photo by John-Mark Smith from Pexels

Sama seperti kopi, teh juga mempunyai kandungan kafein yang cukup tinggi. Dalam secangkir teh hitam dan teh hijau, terdapat kurang lebih 40 miligram kafein di dalamnya. Meskipun kandungan kafeinnya tidak sebanyak kopi, tetapi kalau kamu mengonsumsinya berlebihan maka bisa berisiko mengalami gangguan tidur, lo. Efek samping minum teh di malam hari bisa menyebabkan kamu sulit terpejam atau terbangun tengah malam di saat tubuhmu sudah kelelahan.

2. Kebanyakan minum teh bisa memicu cemas, gelisah, hingga stres. Jangan lupa ingat aturan minum teh

Gelisah & stres | Photo by Liza Summer from Pexels

Efek dari kebanyakan minum teh selanjutnya adalah bisa memicu timbulnya rasa cemas, gelisah, hingga stres. Efek itu bisa timbul karena kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan. Untuk menghindarinya, kamu harus mengetahui aturan minum teh dengan memperkirakan jumlah kafein di dalamnya. Batas konsumsi kafein adalah di bawah 200 miligram sehari untuk mencegah efek kebanyakan minum teh hijau ataupun teh hitam.

Advertisement

3. Kafein di dalamnya bisa menimbulkan heartburn, rasa perih dan terbakar di dada

Asam lambung | Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Buat yang memiliki masalah pada lambung, sebaiknya kamu tidak meminum teh secara berlebihan. Kafein dalam teh ternyata juga bisa memicu isi lambung yang asam naik menuju kerongkongan. Akibatnya, muncul sensasi perih dan terbakar di dada yang biasa disebut dengan heartburn. Kafein yang masuk ke tubuh dalam jumlah berlebih itu juga bisa merangsang produksi total asam lambung menjadi berlebihan lo. Hati-hati, ya!

5. Bukan cuma kopi, ketergantungan juga bisa muncul jika mengonsumsi teh berlebihan lo

Ketergantungan teh | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ketergantungan tidak hanya timbul karena konsumsi kopi saja, efek samping ketergantungan juga bisa muncul karena minum teh manis ataupun pahit. Kafein di dalamnya berisiko menimbulkan ketergantungan yang menimbulkan gejala jika tidak mengonsumsinya. Gejala ketergantugan itu bermacam-macam, seperti sakit kepala, cepat marah, rasa lelah, sampai peningkatan detak jantung.

6. Bisa mengurangi penyerapan zat besi, jangan minum teh di jam-jam makan ya!

Mengurangi penyerapan zat besi | Photo by Phuc Pham from Pexels

Selain kafein, teh juga memiliki kandungan senyawa yang disebut tanin. Tanin dalam teh tersebut berisiko terikat dengan zat besi yang bisa memicu gangguan penyerapan mineral penting untuk tubuh. Kalau sudah begitu, bahaya yang bisa ditimbulkan adalah defisiensi zat besi. Maka dari itu, kita tidak disarankan mengonsumsi teh pada jam-jam makan. Efek samping itu bisa muncul kalau kita kebanyakan minum teh hijau ataupun hitam.

Advertisement

7. Mual saat minum teh? berarti itu tanda kamu mengonsumsi teh dalam jumlah yang berlebih

Mual | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Efek samping minum teh manis tiap hari selain mengganggu penyerapan zat besi juga bisa mengganggu pencernaan yang menimbulkan rasa mual. Senyawa tanin di dalam teh jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah berlebih bisa berisiko mengiritasi jaringan organ pencernaan yang membuatmu sakit perut atau mual. Perlu kalian ketahui, efek kebanyakan minum teh manis ini bisa muncul berbeda-beda setiap orang karena toleransi yang berbeda.

8. Bukannya menyegarkan, kamu justru bisa sakit kepala atau pusing kalau kebanyakan minum teh

Sakit kepala | Photo by cottonbro from Pexels

Efek kebanyakan minum es teh atau teh hangat bisa menimbulkan sakit kepala atau pusing. Karena toleransi kafein setiap orang yang berbeda-beda, efek samping minum teh hijau atau teh hitam ini bisa berbeda-beda setiap orang. Kalau kamu merasakannya di saat banyak minum teh dalam satu hari, maka jangan lupa untuk mengurangi konsumsinya.

Itu dia beberapa efek kebanyakan minum teh yang bisa timbul berbeda-beda setiap orangnya. Meskipun banyak manfaatnya, minum teh setiap hari dalam jumlah yang banyak ternyata bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan, ya? Kalau begitu, kita harus mengetahui toleransi terhadap teh yang kita konsumsi. Kalau kamu, berapa gelas konsumsi teh setiap harinya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE