Beberapa cowok punya masalah dengan perut yang buncit. Meski tampangmu sebenarnya gak jelek-jelek amat, kadang kamu juga nggak nyaman sendiri ketika berdiri di depan kaca dan melihat timbunan lemak bersarang di perutmu. Gara-gara perut buncit itu, tubuhmu pun jadi kurang sedap dipandang.

Beberapa cewek emang gak suka melihat perut buncit cowok, tapi mereka pasti menghargai usahamu untuk menyiasati perut buncit agar terlihat lebih menawan:

1. Mulailah bersahabat dengan pakaian gelap dan berbahan ringan

Fat is the new black

Fat is the new black via www.pinterest.com

Advertisement

Hindari pakaian berbahan kain yang berat seperti wol, flanel dan semacamnya. Penuhi isi lemari kamu dengan pakaian berbahan ringan dan tipis dan lebih natural seperti katun atau sutera kalau mau. Warna yang gelap akan menyamarkan kelebihan lemak di perut, dada dan bagian tubuh lain. Jika perlu kenakan warna-warna gelap untuk atasan dan bawahan, sehingga lemak berlebih di pahamu juga bisa tersamarkan. Lagipula, kamu bisa terlihat lebih keren dalam balutan warna hitam.

2. T-shirt ketat gak akan membantumu. Hanya kenakan t-shirt jika ukurannya pas!

Jangan sempit, jangan longgar

Jangan sempit, jangan longgar via www.aliexpress.com

Kaos oblong sering menjadi jebakan bagi cowok-cowok bertubuh tambun. Niatmu adalah ingin terlihat lebih lansing dengan mengenakan oblong ketat. Tapi, oblong yang ketat akan menunjukkan dengan jelas di mana aja lemak berlebihmu bersarang. Hindari oblong bergaya slim-fit, kenakan regular fit yang pas pada badanmu, gak kekecilan dan gak kebesaran. Karena baju yang kebesaran, seperti kaos gembrong atau baggy, juga akan membuat kamu tampak lebih “besar”.

3. Pilihan terbaik buat cowok buncit adalah baju berlengan panjang

Lengan panjang bikin kamu proporsional

Lengan panjang bikin kamu proporsional via bigguyflyy.tumblr.com

Mengapa? Karena lengan yang panjang akan membuat tubuhmu terlihat proporsional dan seimbang. Dengan lengan panjang, tubuhmu akan tampak padat di seluruh bagian, bukan cuma di perut aja. Sementara, baju berlengan pendek atau tanpa lengan akan membuat perhatian orang tertuju pada perutmu.

Advertisement

Untuk penampilan sehari-hari yang rapi, pakai saja kemeja lengan panjang. Namun bila kamu mau lebih santai, coba kenakan oblong gelap bertangan panjang. Tentunya harus pas dengan badan kamu, gak ketat dan gak kebesaran.

4. Jangan ragu buat mengenakan pakaian berlapis

Mengenakan pakaian berlapis justru bisa membuat kamu tampak lebih langsing. Selama lapisannya terdiri dari bahan yang tipis dan gak lebih dari 3 (panas, Bro!).

Pakai saja oblong berlengan pendek, lalu lapisi dengan jaket, kemeja, atau sweater gelap di atasnya. Jangan lupa untuk mengenakan celana panjang bewarna gelap juga. Dengan cara seperti ini, lemak di perut akan tersamarkan — sementara lengan jaket atau kemeja akan memberi efek proporsional.

5. Bermainlah dengan pola dan garis-garis

Garis-garis membantu Vince Vaughn

Garis-garis membantu Vince Vaughn via www.dailymail.co.uk

Selain warna, pemilihan pola dan garis yang tepat juga bisa memberi dampak yang cukup besar bagi keindahan perut buncitmu.

Baju bergaris horizontal adalah barang haram jika kamu berniat menyiasati perut buncit. Sebaliknya, garis vertikal yang gak tebal dan lebar bisa membuat torsomu terlihat lebih panjang. Hindari garis diagonal karena pola ini akan melengkung di perutmu yang buncit. Tubuhmu pun akan terlihat seperti papan grafik.

Pilihan paling bijak adalah mengenakan kemeja pinstripe, karena garis vertikalnya halus dan kecil. Kemeja ini sangat cocok dipadukan dengan bawahan gelap. Jika kamu berniat mengenakan kemeja berpola, pilih kemeja yang gambar polanya kecil-kecil. Jarak pola yang berjauhan akan memberi kesan langsing pada tubuhmu.

6. Cowok berperut buncit juga bisa keren dalam setelan jas

Suit yourself

Suit yourself via www.aliexpress.com

Selama dijahit dengan benar oleh penjahit yang paham dengan ukuranmu, setelan double-breasted suit akan menjadi pilihan utama kamu untuk acara-acara resmi dan formal, karena dua jejer kancing ganda yang ada di jas tersebut akan menutupi “ketebalan” yang ada di perutmu, hingga mengalihakan perhatian orang yang melihatnya. Jangan lupa mengenakan rompi sebagai pengalih perhatian cadangan saat kamu membuka kancing jas. Jurusnya tetap sama, berbahn yang ringan dengan warna gelap.

7. Selama pahanya gak lebar, cowok buncit juga bisa pakai jins ketat

Jonah Hill jadi tampak langsing

Jonah Hill jadi tampak langsing via www.complex.com

Ada saran yang menganjurkan untuk mengenakan celana jins setinggi pusar untuk menutupi perut buncit, tapi daripada berusaha terlalu keras untuk menutupinya kenapa gak kamu siasati dengan jins low-rise yang tingginya pas sebelum pusar? Dengan begitu, perut buncitmu tetap terlihat seimbang dan kamu terhindar dari sebutan “bapak-bapak” karena memakai jins setinggi pusar. Jika kamu beruntung memiliki paha yang gak sebesar perutmu, kamu tetap bisa memakai jins ketat karena akan memberi efek langsing untuk tubuhmu secara keseluruhan.

Jika kamu kesulitan untuk mencari jins yang pas dipasaran, kunjungilah penjahit terdekat. Pilih bahan yang sesuai agar jins menjadi pelengkap yang pas buat atasan yang kamu kenakan.

8. Tambah lagi koleksi jaket kamu untuk dipakai sehari-hari

Masalah teratasi

Masalah teratasi via www.dailymail.co.uk

Jaket berfungsi sebagi kamuflase, karena mampu mengalihkan perhatian orang dari bagian perutmu ke lengan dan bahu. Mau itu jaket kulit, jumper ber-hoodie, hingga jaket parka: kamu akan punya pengalih perhatian yang sempurna ketika harus mengenakan oblong bewarna cerah.

Yang jelas, kunci utama untuk tampil menarik ialah tetap percaya diri dan jujur. Nggak usah menyangkal kalau kamu berperut buncit. Santai aja, itu ‘kan bukan kejahatan. Anggap saja ini tantangan seru untuk jadi cowok yang bisa berpenampilan meyakinkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya