Mungkin banyak yang sudah pernah mendengar dampak serius yang bisa disebabkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama. Salah satu akibat paling ringan adalah sakit punggung dan leher. Dampak yang lain adalah meningkatnya resiko terkena diabetes. Akibat yang lebih mengerikan lagi adalah penyakit-penyakit berat seperti penyakit ginjal, kolesterol, bahkan kematian.

Masalahnya, saat ini banyak di antara kita yang dituntut untuk bekerja di depan komputer atau laptop sekitar 8 jam hingga 10 jam per hari. Sebenarnya supaya bisa terhindar dari penyakit berbahaya karena kebanyakan duduk kamu hanya perlu melakukan gerakan-gerakan sederhana kok. Penasaran gerakan apa saja? Yuk, simak informasinya!

1. Leher rawan pegal saat menatap layar terlalu lama, makanya lakukan peregangan leher secara berkala.

ikuti instruksi mbak instruktur via www.bhcmt.com

Leher kelihatannya nggak ada hubungannya dengan duduk. Tapi yang satu ini tetep perlu dilakukan karena mempengaruhi produktivitas kerja. Salah satu dampak duduk terlalu lama adalah pegal di bagian leher. Untuk itu, kamu bisa mencegahnya dengan melakukan gerakan rutin berikut ini. Caranya mudah, semua orang bisa melakukannya. Sejak SD kamu mempelajari gerakan ini. Bisa dengan menekuk kepala ke samping kiri dan kanan, menunduk dan mendongak, menoleh kanan dan kiri, dan memutar kepala ke kanan dan kiri.

2. Tangan dan bahu adalah organ yang paling banyak bergerak saat kamu duduk bekerja, jangan tunggu hingga pegal untuk melakukan peregangan sederhana.

mulai dari pergelangan tangan hingga bahu perlu diregangkan via www.lifehack.org

Advertisement

Saat bekerja tangan dan pundak adalah bagian tubuh yang paling banyak bergerak. Ketika mengetik, terkadang kita berada dalam posisi yang salah. Terkadang terjadi nyeri di pergelangan tangan. Terkadang juga terjadi pegal di pundak. Makanya, perlu dilakukan juga peregangan pada tangan dan pundak. Caranya juga gampang. Siapapun bisa melakukannya.

Mulai dari pergelangan tangan, kamu bisa memutar-mutar pergelangan tangan, meluruskan salah satu tangan ke depan, lalu menarik telapak tangan ke belakang. Untuk peregangan tangan bisa dengan melakukan gerakan ini …

gerakan ini biasa disebut dengan eagle arms via www.youtube.com

Lalu, untuk peregangan pundak, bisa kamu lakukan dengan mengangkat dan menurunkan pundak. Kamu juga bisa memutar pundak ke depan atau ke belakang beberapa kali.

3. Posisi duduk yang salah sering membuat punggung kebas, gunakan bantuan kursi untuk melakukan peregangan.

ikuti gerakan sederhana ini untuk meregangkan punggungmu

Saat bekerja, kebiasaan kita saat duduk bekerja adalah mengabaikan posisi tubuh. Posisi tubuh yang salah saat duduk bisa berakibat pegal-pegal pada punggung dan juga boyok. Untuk mengatasi itu, kamu bisa coba gerakan sederhana ini. Kamu hanya perlu duduk tegap, lalu meletakkan kedua tanganmu ke belakang kursi, menahan kedua tanganmu beberapa detik.

4. Lakukan peregangan sederhana pada mata kaki, kamu bisa melakukannya sambil duduk dan dijamin mudah sekali.

peregangan kaki sederhana via slism.com

Kaki adalah anggota badan yang juga vital. Ke mana-mana, mobilitasmu terjamin karena kaki. Saat duduk bekerja, mungkin kakimu memang tidak banyak bergerak. Makanya, ayo digerakkan. Gambar di atas adalah contoh gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan di kantor, bahkan sambil duduk.

5. Ingin perut rata tanpa harus nge-gym sama sekali? Peregangan sembari duduk ini bisa dijadikan solusi!

perut rata via www.sheknows.com

Obesitas adalah dampak terlalu lama duduk. Makanya, kamu juga perlu melakukan gerakan-gerakan yang sedikit lebih berat. Kamu bisa coba gerakan seperti pada gambar untuk membakar lemak dan membakar kalori berlebih ketika kamu hanya duduk saja di kantor. Mengangkat lutu dan menahannya akan membantu pembakaran agar tubuhmu nggak mengembang.

6. Sekaligus biar nggak duduk terus, kamu bisa mengangkat betis dengan berjinjit berkali-kali. Latihan ini bisa menguatkan otot kaki.

melatih betis saat bekerja via www.thefashionspot.com

Nah, karena dari tadi kamu melakukan gerakan yang bisa dilakukan sambil duduk terus. Sekarang saatnya berdiri biar nggak kalamaan duduk. Gerakan sederhana ini juga berkaitan dengan kaki. Kalau kamu khawatir dengan posisi duduk berlebih, kamu bisa mengangkat betismu dengan berjinjit sambil berdiri seperti di gambar.

7. Relaksasikan punggungmu dengan membentuk sikap papan terbalik. Dijamin punggung dan dada gak akan pegal lagi.

sikap papan terbalik via www.athletico.com

Mungkin kamu sering membungkuk saat menghadap komputer saat duduk di meja. Jangan sering-sering, posisi membungkuk bisa membuat ada tekanan di pundak dan dada. Meregangkan dada bisa dilakukan yang satu ini. Gerakan ini disebut sikap papan terbalik. Kamu butuh keseimbangan dan butuh kekuatan untuk melakukan gerakan ini.

8. Posisi tangan ke belakang dan letakkan di kursi lalu benamkan tubuh serendah kursi kemudian angkat beberapa kali. Latihan kecil ini akan membakar banyak kalori.

ikuti sesuai instruksi gerakan sederhana ini via healthywage.wordpress.com

Gerakan ini hampir seperti push up, tapi posisi tangan adalah menopang ke belakang. Lakukan ini untuk menguatkan tanganmu biar tanganmu lebih siap bekerja lebih berat. Itung-itung kamu mengurangi kalori dan juga kamu nggak duduk saat melakukan ini.

9. Kursi gak cuma berguna untuk tempat duduk saja. Kamu bisa melakukan squat kursi yang bisa membakar lemak secara sempurna.

langkah-langkah chair squat via www.sheknows.com

Kekencangan kaki juga perlu dijaga. Dengan melakukan squat kursi, kamu bisa menjaga kekencangan otot kaki, membakar lemak, membakar kalori, dan tentu saja kamu menghindari duduk terlalu lama.

10. Lakukan push up di mana saja, bahkan kamu bisa melakukannya di ruang kerja dengan bantuan kursi atau meja.

push up disesuaikan dengan kondisi kantor via www.peakphysiqueva.com

Gerakan yang paling mainstream tapi perlu kamu lakukan saat kerja adalah push up. Selain mengurangi intensitas dudukmu, push up menjaga kebugaran tubuh dan melatih otot-otot trisep. Push up bagi beberapa orang memang berat. Makanya, untuk menghindari kelamaan duduk dan menghindari timbunan lemak dan kalori, kamu perlu lakukan ini demi keseimbangan kondisi tubuh.

Karena kondisi kantor yang berbeda dengan lantai kosong, kamu perlu mengondisikan. Jangan khawatir, ada berbagai posisi yang bisa kamu coba sesuai kondisi kantor. Kamu bisa lakukan push up di meja, di kursi, ataupun langsung di lantai jika memungkinkan.

Selamat bergaya hidup sehat ya para pekerja!