Susah tidur menyebabkan jiwa meradang dan pikiran melayang. Skripsi yang terbengkalai, Jodoh yang entah di mana, pekerjaan yang tak kunjung tetap, dan segala ancaman duniawi berebut tempat. Pagi yang indah memang kau dapatkan, namun badan terasa lungkrah dan konsentrasi menjadi barang mewah. Padahal jadwal padat meminta untuk segera dibabat demi mengejar impian yang bahkan sulit kau dapatkan di gelap malam.

Sudahilah, Nak. Malam terlalu panjang dan Matahari selalu terbit tanpa menunggu umat manusia bersiap. Nah, demi masa depan anak bangsa untuk bersaing di kancah Internasional, kami menulis 8 trik untuk menggusur insomnia dan menjinakkan alam bawah sadar. Semoga bermanfaat!

1. Buat kamarmu hanya sebagai tempat tidur. Cobalah bagi ruang untuk aktivitas secara tegas dan teratur

Bersih tanpa kerjaan via www.houzzdesign.co

Tubuh bekerja dengan berbagai kebiasaan dan terhubung dengan apa yang ada di sekitar. Kebiasaan mencampur aktivitas kerja dengan tempat istirahat dalam satu ruangan akan membuat tubuh kebingungan. Keadaan seperti ini akan membuat tubuh memiliki asosiasi ganda terhadap ruangan. Inilah yang membuat insomnia menjadi-jadi. Sebabnya, otak masih dalam suasana kerja, sedangkan tubuh ingin segera istirahat. Respon otomatis tubuh tidak bisa langsung terlelap ketika berada di dalam kamar. Oleh karena itu, pisahkanlah ruang kerja dengan ruang istirahat supaya asosisasi tubuh dengan ruangan menjadi jelas dan tegas.

2. Meskipun kamu harus tidur dengan terang, cobalah sesekali padamkan lampu. Ini membantu meringkankan beban di matamu.

Dengan lampu secukupnya via favim.com

Advertisement

Ada tipe orang yang harus tidur dengan lampu terang. Namun berdasarkan penelitian Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, tidur dengan lampu menyala sepanjang malam dapat meningkatkan tingkat melatonin yang dapat mengakibatkan kualitas tidur tidak maksimal. Inilah penyebab insomnia yang terus meradang. Selain itu, tidur dengan nyala lampu membuat otak dipaksa untuk bekerja merespon cahaya, sehingga tidak maksimal dalam memberi perintah untuk istirahat. Jika memang tak dapat tidur tanpa cahaya, cobalah kurangi intensitasnya agar mata tidak terlalu berat dalam perjalanan menuju waktu istirahat.

3. Basuh atau ceburkan kepalamu di air dingin. Ini dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Dirimu akan lepas dari kondisi menggantung

Segarkan muka! via www.huffingtonpost.com

Kamu juga data menjajal cara yang cukup unik dengan merendam kepala selama 30 detik di air dingin. Efek yang didapatkan kerap disebut sebagai Mamalian Dive Reflex di mana detak jantung dan tekanan darah akan menurun. Ini akan membuat tubuh terasa rileks dan siap menyambut mimpi yang sempat tertunda di pagi hari. Tapi jangan sampai ketiduran di rendaman air juga, sempatkan jalan menuju kamar sebelum terlelap tanpa sadar.

4. Lakukan olah tubuh ringan untuk melancarkan aliran darah. Dengan ini, tubuhmu juga akan terasa lelah dan siap untuk terlelap

yuk yang sehat! via well.blogs.nytimes.com

Saran ini harus dilakukan dengan cukup teliti, sebab olahraga ringan juga akan berdampak pada naiknya intensitas detak jantung, yang justru akan membuat diri semakin susah tidur. Namun berdasarkan penelitian dari doctor Lissa Rankin, olahraga ringan di bagian kaki akan memperlancar peredaran oksigen di dalam darah. Ini akan mempermudah otak untuk memberi perintah istirahat pada tubuh untuk tidur. Sebaiknya, lakukan ini 10 menit sebelum terlelap selama kurang lebih 3 menit agar efek yang ditimbulkan dapat maksimal.

5. Singkirkan smartphone dan Matikan semua peralatan elektronik. Kamu harus menyingkirkan semua gangguan untuk mencapai kualitas tidur yang baik.

Ini gak baik ya! via www.icphs2011.hk

Segala gangguan harus enyah. Nomophobia (No Mobile Phone Phobia) akan membuatmu semakin khawatir dan tak dapat meraih fase tidur yang maksimal. Alat itu akan terus mengganggu kerja otak demi pemenuhan rasa penasaran akan hal-hal yang sebenarnya sudah kamu lakukan selama seharian. Untuk itu, jauhkan smartphone dari sandinganmu demi istirahat yang berkualitas. Percayalah, tidak ada yang kamu lewatkan ketika menghiraukan smartphone semalam saja. Dan pacar juga tak akan ke mana-mana. Toh dia butuh tidur juga. Kalian berdua butuh istirahat demi masa depa yang cerah.

6. Buat kamar tidurmu sesejuk mungkin. Tak perlu pakai AC, gunakan ventilasi untuk mengatur sirkulasi udara. Udara sejuk adalah stimulan yang baik untuk istirahat.

Buka tutup jendela untuk mengatur udara via www.canpastanesi.com

Harvard menyarankan suhu dalam kamar berada di sekitar 23°C agar dapat efektif sebagai tempat untuk membawamu istirahat. Suhu tersebut bukan tidak mungkin untuk didapat tanpa AC. Kita berada di Negara tropis di mana angin tersedia lebih banyak. Jika sirkulasi udara dikelola dengan baik melalui tata ventilasi yang efisien, maka suhu 23°C bukanlah hal mustahil. Buka jendela dengan waktu tertentu secara teratur dan diimbangi dengan kehadiran kipas angin yang murah meriah. Cara ini cukup ampuh untuk memberikan kamarmu kesejukan yang akhirnya memberikan tubuhmu kualitas tidur yang mengesankan.

7. Ini penting! Singkirkan jam dari sekitar kasur. Suara detaknya membuat kamu terus khawatir. Detak jantung dan tekanan darah menjadi tak teratur.

Dia membuatmu makin kuatir via www.vanessaoates.com

Gangguan dapat datang dari hal-hal yang tak terduga. Demi bangun pagi yang tepat waktu, kamu akan rela menaruh jam di sebelah kasur. Tidak kah kau sadari bahwa suara detak jam dapat memberikan teror pikir yang cukup berbahaya. Suaranya dapat membuat tubuh dan pikiran setengah terjaga dan waktu seakan merambat begitu pelan. Apalagi ditambah dengan mengenakan jam tangan. Tidurmu serasa dalam bayang-bayang himpitan waktu. Enyahkan itu semua! Bangun pagi yang segar dan tepat waktu jika dirimu paham bagaimana mengatur siklus tubuh dan memberikan stimulan batin yang dalam. Berkomunikasilah dengan dirimu sendiri agar pengendalian tubuh dapat kamu dapatkan.

8. Jangan pikirkan kegiatan esok hari. Itu akan membuatmu semakin tertekan. Tidurlah, ini satu-satunya kesempatan untuk mencapai impian tanpa sadar.

Good Night, fellas! via artissano.tumblr.com

Sudahlah kawan, kemarin adalah histori dan esok hari masih menjadi misteri. Ketakutan yang berlebihan akan membawamu terus terjaga sampai cahaya matahari menyiram bumi, padahal istirahatmu tak cukup baik, akibatnya harimu tidak terlalu bergairah. Beberapa urusan menjadi berantakan, ketakutanmu terwujudkan. Beda cerita jika kau tak memikirkannya dalam-dalam. Tidur pulas, bangun segar, dan urusan lancar. Sederhana bukan? So, berikanlah tubuhmu waktu untuk sejenak mereparasi diri agar esok hari aktivitas dapat terjalani dengan prima hingga kamu sanggup berpuas diri. Ingatlah bahwa tidur adalah satu-satunya cara untuk hidup dalam mimpi!

So, begitu kira-kira cara yang kami tawarkan pagi para kaum muda yang kelebihan energi di malam hari. Berikanlah tubuhmu kesempatan untuk mengaktifkan kembali onderdil yang sempat kelelahan selama seharian berkegiatan. Siklus yang baik akan membuat jiwa raga sehat dan impian semakin dekat. Okelah. Selamat mencoba, Guys!