Manfaat dan Efek Samping Jamu Pelancar Haid. Plus 7 Pilihan Jamu Alami yang Aman Dikonsumsi

Jamu pelancar haid

Kapan pertama kali kamu mengalami haid? Biasanya macam-macam nih tergantung kondisi setiap cewek. Ada yang sudah haid saat SD, ada juga yang baru haid pas SMP atau SMA. Tetapi yang dialami sama kok. Setiap bulan, dinding rahim kita bakal luruh sehingga mengeluarkan darah menstruasi. Umumnya proses ini bakal berulang tiap 24-38 hari.

Advertisement

Gimana kalau kita nggak kunjung haid walaupun sudah melebihi jangka waktu itu? Bisa jadi, ada yang bermasalah dengan kondisi tubuh atau mental kita. Salah satu solusinya adalah minum jamu pelancar haid. Yuk pahami seluk-beluknya!

Sebetulnya, apa sih jamu pelancar haid itu?

jamu kesehatan via shopee.co.id

Nggak semua cewek bisa mempunyai siklus menstruasi yang teratur. Alasannya pun beragam, mulai dari terlalu stres sampai mempunyai gangguan kesehatan tertentu. Kita bisa mengatasinya dengan minum jamu. Ada yang sepenuhnya terbuat dari bahan-bahan alami, ada juga yang dicampur dengan bahan kimia. Pastikan untuk memilih produk yang aman karena ada efek samping minum jamu pelancar haid.

Jamu pelancar haid mempunyai sejumlah manfaat bagi tubuh

1. Melancarkan siklus menstruasi

kalender menstruasi via www.asmaraku.com

Jamu ini cocok untuk cewek-cewek yang siklus menstruasinya terlalu cepat, terlalu lambat, atau bahkan nggak mengalami datang bulan selama beberapa bulan. Siklus tersebut bisa jadi normal dengan minum jamu. Untuk mendapat hasil yang maksimal, minumlah dengan teratur sampai mendapat hasil yang diinginkan.

2. Meredakan nyeri haid

Advertisement

sakit perut via womantalk.com

Biasanya cewek-cewek mengalami nyeri perut selama datang bulan. Ada yang hanya terasa sedikit sakit, tetapi ada juga yang sakit banget sampai-sampai sulit beraktivitas. Hal ini bisa diatasi dengan minum jamu. Perut kita akan terasa lebih nyaman sehingga aktivitas tetap berjalan.

3. Meringankan gejala PMS

gejala PMS via hellosehat.com

Wajar kalau cewek mengalami sejumlah gejala PMS menjelang datang bulan. Bisa berupa kram, perut kembung, sampai nyeri otot dan sendi. Ternyata kondisi ini bisa diatasi dengan minum jamu pelancar haid. Sebab, terdapat bahan-bahan yang bisa membuat tubuh kita lebih nyaman.

Jamu pelancar haid yang terbuat dari bahan kimia bisa menimbulkan efek samping yang patut diwaspadai

1. Perubahan mood

perubahan mood via www.glamour.com

Hormon kita bisa terpengaruh oleh minuman ini. Jadi bisa terjadi perubahan mood seperti cemas dan depresi. Supaya efeknya nggak terlalu parah, coba lakukan hal-hal yang bisa meningkatkan mood. Misalnya mengonsumsi makanan yang lezat, tidur dengan cukup, atau menonton film yang disukai.

2. Mual dan muntah

mau muntah via doktersehat.com

Bahan-bahan kimia yang terkandung pada jamu ini bisa memengaruhi tubuh, misalnya membuat kita mual dan muntah. Apalagi kalau rasa jamunya nggak enak. Seandainya efek samping ini terjadi terus-menerus, sebaiknya hentikan pemakaian. Mungkin tubuh kita kurang cocok dengan jamu tersebut.

3. Risiko keguguran

bisa keguguran via health.kompas.com

Minum jamu pelancar haid saat hamil muda bisa berbahaya. Sebab jamu ini bisa menyebabkan keguguran kalau dikonsumsi dalam jumlah besar dan melebihi dosis. Jadi sebaiknya jangan minum jamu pelancar haid saat hamil. Seandainya terjadi masalah kesehatan, langsung aja konsultasi pada dokter.

Ada berbagai jamu pelancar haid alami yang bisa dipilih. Mengurangi efek samping nih!

1. Kayu manis

ramuan kayu manis via lifestyle.kompas.com

Ternyata kayu manis bisa jadi jamu pelancar haid telat 1 bulan. Caranya, campurkan 500 miligram kayu manis dengan air hangat atau teh hangat. Lalu minumlah tiga kali dalam sehari. Selain bisa membuat siklus menstruasi jadi teratur, kayu manis juga bisa mengurangi nyeri datang bulan. Bahkan bisa jadi pilihan pengobatan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS), yakni gangguan hormon yang membuat perempuan sulit hamil.

2. Cuka apel

cuka apel via doktersehat.com

Cuka apel bisa melancarkan datang bulan untuk penderita PCOS. Bahan alami ini juga bisa menurunkan kadar gula darah dan menurunkan berat badan. Gimana cara mengonsumsinya? Campurkan aja 15 gram cuka apel dengan segelas air atau satu sendok makan madu. Kalau tahan dengan rasa kecutnya, kita juga bisa meminumnya secara langsung. Ini bisa menjadi salah satu jamu pelancar haid paling ampuh.

3. Kunyit

jamu dari kunyit via lifestyle.kompas.com

Selain dijadikan bumbu dapur, kunyit bisa dijadikan obat karena mengandung senyawa kurkumin. Bahan ini mempunyai efek yang mirip dengan hormon estrogen sehingga diyakini bisa memperlancar datang bulan. Untuk mengonsumsinya, campur aja 100-500 miligram kunyit dengan air. Lalu minumlah jamu pelancar haid yg ampuh ini dua kali sehari.

4. Jahe

minuman dari jahe via health.kompas.com

Jahe bisa dikonsumsi secara mentah atau diambil ekstraknya. Campurkan 2,5 hingga 3 miligram ekstrak jahe dengan air atau teh hangat. Bisa juga dicampur dengan madu dan lemon agar terasa lebih nikmat. Selain bisa melancarkan haid, jahe juga bisa meredakan kram perut selama datang bulan.

5. Nanas

jus nanas via sumsel.idntimes.com

Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang bisa mengurangi peradangan dan kram perut saat datang bulan. Buah ini juga dipercaya bisa melunakkan dinding rahim sehingga cocok dijadikan jamu pelancar haid tuntas. Kita bisa memakannya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus yang segar. Pastikan untuk mengonsumsinya secara rutin sampai memperoleh hasil yang diinginkan.

6. Wortel

jus wortel via www.alodokter.com

Kalau mengalami terlambat datang bulan, buatlah jus wortel yang dicampur sedikit madu. Tentu rasanya lebih enak dan membuat kita betah untuk meminumnya. Jus ini mengandung vitamin A, C, dan zat besi sehingga bisa membuat tubuh terasa lebih bugar. Kita juga nggak perlu khawatir pada hormon yang nggak stabil.

7. Daun pepaya atau kates

jamu dari daun pepaya via www.serumpi.com

Jamu pelancar haid kates bisa menjadi pilihan. Bagian yang dikonsumsi adalah daunnya. Sebab daun pepaya mengandung vitamin A, B, C, D, E, serta kalsium. Gimana cara mengonsumsinya? Masukkan daun pepaya ke dalam dua gelas air, lalu tambahkan asam jawa dan garam. Rebus hingga mendidih dan berkurang menjadi 1 gelas. Ramuan ini dipercaya bisa memperlancar dan mengurangi nyeri haid.

Ada juga jamu pelancar haid yang terbuat dari bahan kimia. Harus hati-hati nih kalau mau mengonsumsinya

Minum jamu via lifestyle.okezone.com

Jamu pelancar haid dari bahan kimia bisa menimbulkan berbagai efek samping. Jadi kalau nggak butuh-butuh banget, sebaiknya hindari untuk mengonsumsinya. Apalagi kalau kita nggak tahu merek jamu pelancar haid yang aman. Lebih baik minum jamu yang terbuat dari bahan alami dan ikuti pola hidup yang sehat.

Seandainya siklus menstruasi nggak kunjung membaik, periksakan diri ke rumah sakit. Dokter akan memberi resep yang aman. Berbekal resep itu, kita bisa membeli jamu pelancar haid di apotek. Jangan lupa untuk mengikuti aturan dan dosis minumnya dengan tepat.

Semoga jamu tersebut bisa membuat siklus haidmu menjadi teratur. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat dengan cukup, dan mengurangi stres. Kita juga harus selektif dalam memilih informasi yang beredar. Jangan gampang percaya pada produk yang belum teruji manfaatnya, misalnya minuman soda pelancar haid. Yuk lebih bijak dalam mencerna informasi demi keamanan kita~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE