11 Macam Jamu Tradisional yang Khasiatnya Bisa Menggemukkan Badan Hingga Tingkatkan Kesuburan

Jamu Tradisional

Sebagai warga negara Indonesia khususnya yang tinggal di Jawa, kamu tentu tahu apa itu jamu tradisional. Minuman yang terdiri dari berbagai jenis tanaman herbal serta rempah tradisional ini biasa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika menilik dari sejarah jamu tradisonal, sejak zaman kerajaan Mataram pun masyarakat Indonesia sudah mulai mengonsumsinya. Jika pada zaman dulu, cara meramu jamu tradisional dikerjakan secara manual, sekarang sudah banyak perusahaan maupun pabrik ternama yang menerapkan standarisasi pengolahan supaya jamu jadi lebih awet.

Advertisement

Banyak jenis jamu herbal atau tradisional yang bisa kamu nikmati di Indonesia dengan khasiat yang berbeda-beda. Racikan jamu tradisional pun tak sama, yang mana akan berpengaruh pada rasanya. Kenali macam-macam jamu tradisional serta khasiatnya lewat ulasan Hipwee Tips berikut.

1. Buatmu yang sedang mencari jamu tradisional penggemuk badan, cobalah minum jamu beras kencur

beras kencur via www.genpi.co

Jamu tradisional yang terbuat dari beras dan rimpang kencur ini dipercaya mampu membuat badan jadi lebih berisi. Memang nggak bisa langsung hasilnya, mereka yang mengonsumsi jamu beras kencur ini akan mengalami peningkatan nafsu makan secara perlahan. Jamu beras kencur juga bisa meredakan kembung dan mual akibat masuk angin karena kandungan antioksidan di dalamnya.

2. Jamu kunyit asam dipercaya sebagai jamu tradisional pelancar haid

kunyit asam via www.jamudigital.com

Kunyit punya sifat yang sama dengan hormon estrogen. Makanya, wajar jika kunyit asam sering disebut sebagai jamu tradisional untuk melancarkan haid. Melansir dari laman Sehatq , untuk bisa mendapatkan manfaatnya, kamu mesti minum jamu kunyit asam ini dua kali sehari sebanyak 100 hingga 500 miligram.

Selain melancarkan haid, jamu kunyit asam juga bisa mencerahkan wajah karena kandungan vitamin C dari asamnya. Beberapa pakar menyebut kalau jamu tradisional ini pun bisa dimanfaatkan sebagai antikanker.

3. Jika kamu atau orangtuamu punya keluhan rematik, konsumsi jamu brotowali untuk meredakan gejalanya

jamu brotowali via parenting.orami.co.id

Sebenarnya, jamu brotowali bukan jamu tradisional asam urat, namun karena umumnya gejala asam urat dan rematik hampir sama, maka beberapa orang menggunakan jamu ini untuk meminimalisir kedua keluhan tersebut. Karena rasanya cenderung pahit, kamu mesti menambahkan jamu lain seperti beras kencur atau kunyit asam saat meminumnya. Selain meredakan rematik ataupun nyeri asam urat, air rebusan brotowali bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kulit berkat antioksidan dan antiradikal yang kuat di dalamnya.

3. Meski rasanya sama-sama pahit, namun jamu pahitan beda dengan jamu brotowali

jamu pahitan via twitter.com

Rasa pahit dari jamu tradisional ini berasal dari daun sambiloto, bukan brotowali. Kadang jamu pahitan ini juga ditambahkan dengan air rebusan brotowali. Sesuai dengan namanya, jamu pahitan ini memang paling pahit di antara yang lain tapi khasiatnya jelas tak main-main. Selain bisa mengatasi pegal-pegal, jamu ini sering digunakan untuk menambah nafsu makan serta mengurangi risiko diabetes.

Advertisement

4. Meski nggak secara langsung bisa mengatasi asam lambung, jamu temulawak dapat meminimalisir gejalanya

resep jamu temulawak via www.nourishmeorganics.com.au

Karena ada tambahan bahan lain seperti asam jawa, gula aren, daun pandan, jinten, dan daun jati, kandungan antiokdisan dalam jamu temulawak jelas makin kaya. Makanya, nggak usah kaget kalau temulawak sering disebut sebagai salah satu jamu tradisional asam lambung. Ya, karena memang bisa meradakan gejalanya, baik itu mual maupun muntah. Jamu temulawak juga kerap dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan anak. Berilah anak-anak  yang susah makan satu gelas kecil rebusan temulawak secara rutin untuk diminum.

5. Buat sobat diet, jamu galian singset bakal membantu memproporsionalkan berat badanmu

jamu galian singset via cookpad.com

Jamu ini terbuat dari rempah tradisional seperti kencur, jahe, dan temu kunci. Tapi ada juga yang menambahkan rempah lain seperti asam jawa, kayu manis, cengkeh, dan daun jati belanda. Pada daun jati belanda, terdapat kandungan flavonoid, steroid, dan tanin yang berperan sebagai antiobesitas. Selain bikin langsing, jamu ini juga membuat badan wangi hingga mengatasi masalah keputihan.

6. Untuk jamu tradisional pegal linu, maka jamu cabe puyang ini juaranya

jamu cabe puyang via kumpulanresepmasakan.info

Jamu cabe puyang yang terbuat dari cabe jamu, puyang, dan tambahan rempah lain ini bisa membuat pegal-pegal seperti sakit pinggang jadi membaik. Jamu tradisional ini juga bisa menghilangkan kesemutan. Jika melihat dari khasiatnya, jamu cabe puyang ini sering jadi favorit bapak-bapak. Selain di tukang jamu gendong keliling, kamu bisa beli di warung jamu yang biasanya ada di pinggiran jalan.

7. Secara tampilan agak mirip, jamu sinom beda sama jamu kunir asam lo!

jamu sinom via cookpad.com

Kalau kunir asam pakai kunyit dan asam, jamu sinom justru pakai daun asam muda yang dicampur dengan gula merah dan sedikit kunyit. Jamu yang enak dinikmati ketika dingin ini bisa mencerahkan dan meremajakan kulitmu lo! Tapi ada juga yang bilang kalau jamu sinom ini bisa dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan, mengatasi peradangan lambung atau mag, dan mengatasi masalah keputihan.

8. Jamu kunci sirih merupakan salah satu jamu tradisional yang baik dikonsumsi perempuan secara rutin

amu kunci sirih via www.tokopedia.com

Kunci sirih punya beberapa kandungan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau serta mengatasi masalah keputihan pada perempuan. Kandungan antioksidannya juga bisa melawan asam penyebab bakteri yang bikin gigi berlubang. Biasanya, selain mencampur rimpang kunci dan rebusan daun sirih, juga ditambahkan empon-empon serta asam supaya rasa jamu kunci sirih semakin nikmat.

9. Sebutan jamu kudu laos memang terdengar asing, tapi khasiatnya jelas tak perlu diragukan lagi

jamu kudu laos via theculturetrip.com

Jamu kudu laos menggunakan bahan baku laos atau lengkuas yang ditumbuk serta air rebusan mengkudu. Biar nggak begitu bau, kadang jamu ini juga ditambahkan sedikit perasaan jeruk nipis dan madu. Jamu kudu laos bisa meredakan demam dan mengatasi kembung pada anak-anak, serta digunakan sebagai antidiabetes.

10. Cari jamu tradisional untuk kesuburan wanita? Jamu daun jelatang bisa dicoba

jamu daun jelatang via www.deherba.com

Karena bisa bikin gatal, daun jelatang jarang sekali dimanfaatkan. Padahal, jamu daun jelatang bisa bikin kualitas sel telur jadi lebih baik karena banyak kandungan klorofilnya. Jadi, wajar saja kalau jamu ini sering dibilang sebagai jamu tradisional wanita. Cara membuat jamu agar badan fit dengan daun jelatang ini bisa dengan merebus daunnya atau diseduh seperti teh.

11. Jamu endak-endak cacing ialah sebenar-benarnya jamu yang bisa bikin tubuh jadi lebih gemuk alias berisi

jamu endak-endak cacing via app.maker.co

Disebut sebagai endak-endak cacing karena memang jamu ini bisa meminimalisir atau bahkan mengurangi perkembangan cacing di dalam tubuh. Beberapa bahan yang biasa dipakai untuk membuat jamu tradisional ini ialah temulawak, temu ireng, dan daun lenglengan. Nah, daun lenglengan yang bikin jamu ini ampuh untuk menaikkan berat bedan. Kalau cacing parasitnya sudah dibasmi, nafsu makan bakal bertambah.

Selain jamu tradisional gendong, sekarang banyak kok jamu tradisional lain yang dikemas jadi lebih modern, misalnya saja jenis jamu tradisional Madura. Pastikan kamu benar-benar mendapatkan jamu yang komposisi racikannya pas supaya khasiatnya sungguh didapat. Yuk, lestarikan budaya negeri dengan minum jamu tradisonal!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE