Pekerjaan dan jadwal kuliah yang padat kadang mengharuskan kita menunda sesi olahraga. Padahal di sisi lain, kita perlu terus bergerak agar tubuh tetap bugar dan cukup sehat buat menjalankan aktivitas kita sehari-hari. Jadi gimana caranya kamu bisa tetap menjaga kebugaran tubuh ketika tidak berolahraga?

Di artikel sebelumnya, Hipwee sudah membagi ke kamu beberapa cara unik agar tubuh kamu tetap fit. Nah, di artikel kali ini, Hipwee akan memberikan ke kamu beberapa kegiatan fisik yang bisa kamu lakukan sebagai pengganti olahraga. Apa saja?

1. Bersih-bersih kamar tidur tak hanya akan menghindarkanmu dari angkara murka orangtua. Kamu bisa membakar kalori juga!

Anak baik cuci piring

Anak baik cuci piring via communities.dmcihomes.com

Advertisement

Pusing ingin berolahraga, tapi bingung dengan jenis olahraga yang harus kamu lakukan? Tenang, membersihkan kamar kamu dari debu-debu yang sudah menggumpal termasuk bagian dari olahraga juga. Menyapu, mengepel, memindahkan barang, mengelap pajangan, bahkan menata ulang ruangan merupakan beberapa hal yang dapat menggantikan waktu olahraga kamu yang tersita. Menyapu selama 30 menit saja kurang lebih dapat membakar kalori sebanyak 153 kalori, setara dengan 15 menit jogging.

Bonusnya? Kamar rapi, wangi, bersih, dan kamu pun terbebas dari angkara murka orangtua.

2. Jika biasanya menghabiskan uang untuk penatu, sekarang biarkan pakaian kotor membentuk otot lengan dan tanganmu.

Cuci baju yha

Cuci baju oke

Selama ini kamu menghabiskan waktu dan uang untuk mencucikan pakaian kotormu di penatu? Mulai saat ini, coba sempatkan waktu sebentar untuk mencuci pakaian yang habis kamu pakai dan jangan tunggu sampai pakaian kamu menumpuk. Gerakan-gerakan seperti mengucek, memeras pakaian, dan mengangkat ember menjadi variasi latihan untuk melatih otot-otot tanganmu apalagi jika kamu mencuci dengan posisi kuda-kuda, dijamin badan kamu akan kekar seperti para shaolin. Uangnya bisa kamu tabung, dan kamu pun tidak perlu menunggu 3 hari untuk mengambil pakaian kamu di tempat cuci baju.

3. Pergilah ke warung atau mini market terdekat dengan jalan kaki. Capeknya tak seberapa, dan kamu pun bisa membakar kalori.

Warung perumahan

Warung perumahan via anakmandorbuang.blogspot.com

Advertisement

Pergi ke warung makan untuk membeli makanan atau ke mini market buat beli camilan dengan jalan kaki merupakan bagian dari olahraga. Berjalan dapat melatih ketahanan kita karena termasuk ke dalam jenis latihan kardio. Selain itu, berjalan juga dapat membakar lemak di perut, menguatkan otot dan memadatkan tulang. Jika ingin lebih efektif membakar lemak, percepat langkahmu seperti orang yang terburu-buru.

Tapi ingat, setelah sampai warung makan atau mini market jangan membeli makanan yang berlebihan. Sama aja sih kalau kamu akhirnya beli roti enam biji sama minuman soda tiga botol…

4. Semakin kencang berputarnya, semakin cepat roda sepeda menggilas lemak-lemak bandel tubuhmu

yuk bersepeda via musiccityrush.com

yuk bersepeda via musiccityrush.com via musiccityrush.com

Pikiran pertama yang terlintas biasanya adalah betapa tidak efisiennya menggunakan sepeda buat pergi kuliah. Jangan salah dulu, kita tentu ingat ketika kecil dulu bersepeda bareng-bareng menuju ke sekolah atau sekedar pergi di akhir pekan ke tempat yang sedikit jauh.

Memang, bersepeda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat tujuan. Namun tahu begitu, tentu kamu akan punya logika untuk berangkat lebih cepat dari teman-temanmu yang lain. Selain membakar lemak yang menggumpal di paha dan pinggul, bersepeda juga dapat melatih disiplin kita dan kepedulian kita pada lingkungan. Bahkan bisa juga lho kita sampai lebih cepat dari teman-teman yang mengendarai motor. Sebabnya, jalur tikus yang bisa dilalui sepeda lebih banyak daripada motor. Jadi, tunggu apalagi?

5. Jangan seperti kodok yang pingsan dalam tempurung. Keluarlah, matikan TV dan laptopmu, dan ajak bicara teman-temanmu

memahami kekonyolan kawan

memahami kekonyolan kawan via www.gopixpic.com

Kecanggihan teknologi komunikasi saat ini telah memudahkan berbagai kegiatan yang dilakukan manusia, smartphone yang kita miliki udah seperti pisau multifungsi sebagai peralatan yang punya kamus, kalkulator, surelmedia sosial, GPS, dan lain sebagainya. Alhasil, kita cukup menggunakan HP buat mengakses segala hal. Kita membutuhkan tenaga untuk berjalan, berbicara dan tertawa ketika bersosialisasi.

Berbicara selama satu jam dapat membakar sebanyak 110 kalori, sedangkan tertawa selama 10 menit dapat membakar kalori sebanyak 40 kalori

Selain itu, menurut beberapa studi, bersosialisasi dapat membuat kita terhindar dari risiko penurunan fungsi kognisi pada otak kita. Tapi, jangan lupa untuk pesan makanan dan minuman yang menyehatkan juga ketika nongkrong. Jangan pesan french fries tiga piring!

6. Kalau memang kamu dan diet bagai pungguk merindukan bulan, turunkan ekspektasi dan puaskan diri dengan makan secukupnya.

mengonsumsi buah-buahan

mengonsumsi buah-buahan via favim.com

Memang, kegiatan yang satu ini tidak termasuk aktivitas fisik yang bisa menggantikan olahraga. Tapi, makan secukupnya adalah cara yang paling efektif untuk menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit, makan dengan porsi yang cukup tidak akan membuat kita gemuk atau kurus, bahkan menjadikan badan kita memiliki kolesterol yang pas dan darah yang tidak terlalu kental dan encer. Selain itu, bagi anak kost makan secukupnya akan mengurangi uang bulanan yang dialokasikan buat jajan dan tindakan tersebut merupakan tindakan preventif akan penyakit bagi kita yang tidak sempat olahraga.

Sekarang, kamu tahu ‘kan kalau kebiasaan sehari-hari yang biasanya kamu lakukan ternyata mampu menggantikan waktu olahraga kita yang tersita? Selamat mencoba ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya