Setiap cewek punya titik awal masing-masing dalam belajar ber-makeup. Dibandingkan teman-teman, mungkin kamu termasuk yang “terlambat”. Saat mereka sudah ahli mengkontur wajah atau membuat pipi merona merah, kamu masih tidak tahu warna lipstik yang tepat untukmu. Banyak juga pertanyaan lain yang bersarang di kepalamu.

Tapi tenanglah, kamu tak sendiri. Ada panduan di bawah ini supaya kamu tak perlu bingung lagi. Alat makeup apa saja sih yang wajib kamu punya? Apa bedanya lipstik harga Rp50.000 dan lipstik harga 500.000? Bagaimana kamu bisa tahu warna dan jenis makeup apa yang paling cocok buat kamu? Nah, panduan satu ini akan menjawabnya untuk kamu 🙂

1. Sebagai pemula, kamu tak harus membeli semua alat makeup yang ada. Tak punya maskara, foundation, atau blush tidak mengapa

Nggak harus punya semua

Nggak harus punya semua via theprioressmakeup.blogspot.co.id

Advertisement

“Alat makeup apa sih yang harus dimiliki semua cewek di dunia?”

Jawabannya: Nggak ada. Memangnya semua cewek kebutuhannya sama?

Saat kamu mulai bereksperimen dengan makeup, jangan merasa kamu harus membeli semua alat makeup yang dijual di etalase toko. Kosmetik apa yang kamu beli tergantung sepenuhnya pada kenyamananmu sendiri. Ada lho cewek yang sudah bertahun-tahun pakai makeup tapi nggak pernah punya foundation. Ada juga yang mempercantik matanya dengan eyeliner saja, tanpa pernah merasa harus pakai maskara. Kamu bebas mau beli apa — terserah kamu saja.

Aduh, jangan bilang terserah dong! Aku malah bingung kalau dibilang boleh beli alat makeup apa aja.

Advertisement

Hmmm, baiklah. Coba deh bercermin dan tentukan bagian apa dari wajahmu yang paling kamu sukai. Kalau itu matamu, kamu bisa membeli maskara, eyeliner hitam, dan eyeshadow untuk membuat matamu terlihat lebih indah. Kalau kamu punya tulang pipi yang menonjol, kamu bisa membeli blush on.

Kalau masih bingung, memulai dengan lipstik dan eyeliner pensil saja sudah cukup, kok 🙂

2. Tak usah terpatok pada harga. Alat makeup yang mahal belum tentu cocok buatmu juga 

gak harus mahal

gak harus mahal via www.nsmbl.nl

Apakah alat makeup yang harganya murah pasti lebih jelek dari yang harganya mahal?

Jawabannya: belum tentu.

Perbedaan mendasar antara alat makeup yang mahal dan yang murah (atau “lipstik 50.000 dan 500.000”) ada pada pigmen dan ketahanannya. Lipstik mahal mengandung lebih banyak pigmen daripada lipstik murah, sehingga warnanya di bibirmu bisa sama dengan warnanya di kemasan. Lipstik mahal juga lebih tahan lama. Warnanya memang akan pudar setelah kamu makan/minum, tapi versi pudarnya pun akan tetap bagus di bibir.

Meski begitu, kalau kamu rela mengaplikasikan ulang alat makeup-mu tiap beberapa jam sekali, tak ada salahnya kok membeli yang harganya murah.

Perbedaan lain dari makeup mahal dan murah ada pada kemasannya. Makeup mahal punya kemasan berkelas dari kaca atau logam, makeup murah biasanya dibungkus plastik atau kertas kardus tipis.

Jadi belum tentu alat kosmetik yang murah itu jelek. Justru dalam tahap ini, ada baiknya kamu membeli kosmetik yang harganya lebih murah dulu. Jadi kamu bisa bereksperimen dengan banyak warna, tanpa harus keluar banyak biaya.

3. Supaya warna lipstikmu tahan lama, gunakan tisu dan bedak bayi.

Supaya lipstik tahan lama...

Supaya lipstik tahan lama… via allthingsbeautyyxo.wordpress.com

Trik ini ampuh untuk membuat warna lipstikmu lebih tahan lama. Pertama-tama, ambil selembar tisu muka dan pisahkan layer-nya satu sama lain. Pelan-pelan tempelkan satu layer tisu di atas bibir yang sudah diolesi lipstik. Kemudian sapukan kuas yang sudah dibubuhi bedak bayi ke bibirmu yang dilapisi layer tisu. Voila! Warna lipstikmu pasti akan bertahan seharian.

4. Supaya eyeliner-mu rapi, aplikasikan ia dengan dash seperti di bawah ini

Anggap aja kayak balik ke TK dan belajar menggambar lagi 😉

5. Memakai blush on sebenarnya simpel saja. Sesuaikan caramu mengaplikasikannya dengan bentuk wajah yang kamu punya

Blush on

Blush on via trendseve.com

6. Satu-satunya hal yang harus dimiliki semua cewek adalah alis yang rapi. Cukur alismu di salon atau bentuk dengan pensil tiap pagi

membuat alis yang rapi

membuat alis yang rapi via www.preen.me

Satu hal yang harus dimiliki semua cewek: alis yang rapi. Alis adalah bingkai wajah — alis yang tak beraturan akan turut membuat wajahmu terlihat berantakan, tak peduli sebagus apapun makeup yang kamu kenakan.

Untuk itu, cukurlah alismu dengan rapi. Alismu terlalu tipis untuk dicukur? Cobalah membentuknya dengan pensil alis. Hipwee pernah menuliskan tutorial menggunakan pensil alis di artikel ini. Mau alismu lebih lebat secara alami? Hipwee punya tutorialnya di artikel ini.

7. Namanya juga belajar, pasti kamu bakal sering gagal. Yang kami minta cuma satu: jangan lupa untuk bersenang-senang!

Bingkai tebal dan eyeliner tebal

Jangan lupa bersenang-senang! via makeup.allwomenstalk.com

Maskara berantakan ke mana-mana?

Eyeliner nggak lurus satu garis?

Blush on terlalu tebal?

Lipstik sampai ke gigi?

Hey, semua ‘kecelakaan’ ini bisa terjadi lebih dari sekali. Bahkan mereka yang sudah jauh lebih mahir dan biasa dengan makeup juga bisa mengalami kecelakaan ini, kok. Apalagi kamu yang masih belajar? Jangan khawatir, ini semua normal. Yang namanya sedang belajar kamu pasti bertemu kegagalan.

Inti dari makeup adalah bereksperimen dengan banyak kemungkinan. Tujuannya bukan hanya untuk menutupi kekurangan pada wajah dan menonjolkan fiturmu yang paling indah, tapi juga bersenang-senang. Karena itu, tak peduli seberapa sering pun kamu gagal, jangan lupa untuk have fun. Saat sudah lebih ahli nanti, semua usaha ini akan terbayar, kok 😉

Teruslah mencoba menemukan apa yang paling membuatmu merasa cantik dan nyaman. Sekali lagi, jangan lupa untuk bersenang-senang! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya