Jumlah Kalori Jagung Rebus, Pengganti Nasi yang Nutrisinya Lebih Tinggi

Kalori jagung rebus

Hampir semua orang suka dengan jagung, rasanya yang manis dan gurih membuat makanan satu ini disenangi oleh anak-anak sampai orang tua. Selain manis dan gurih, makanan ini juga mengenyangkan, jadi nggak heran kalau jagung kerap digunakan sebagai pengganti nasi. Ternyata, bukan hanya rasanya saja yang manis, tanaman pangan ini juga mengandung beragam nutrisi yang bagus untuk tubuh, lo. Di Indonesia, jagung sudah menjadi makanan pokok bagi sebagian masyarakat. Bukan hanya jagung manis saja, ada beragam jenis lainnya yang juga dikonsumsi.

Advertisement

Selain menjadi makanan pokok, jagung juga banyak dijadikan menu pilihan untuk orang yang ingin menjaga berat badan. Biasanya, mereka mengolahnya menjadi jagung rebus untuk diet. Namun, yang menjadi pertanyaan bagi kebanyakan orang adalah berapa jumlah kalori 1 buah jagung. Dengan mengetahui jumlah kalori jagung rebus, kita bisa mengatur seberapa banyak harus mengonsumsinya supaya berat badan bisa terkontrol. Untuk mengetahuinya, simak ulasan di bawah ini, ya!

Rincian kalori di dalam jagung rebus kurang lebih berjumlah 123 kalori

Rincian kalori jagung rebus | Photo by Cats Coming from Pexels

Banyak orang mungkin mempertanyakan jumlah 1 buah jagung berapa gram. Biasanya, satu bonggol jagung manis berukuran panjang 19,5 sampai 23 cm. Kalori jagung rebus menurut fatsecret berjumlah 123 kalori. Sementara itu, kalori jagung rebus 1 buah dengan bonggol jagung lebih kecil berukuran 14-17 cm berjumlah 63 kalori. Kalau kamu menggunakan ukuran gram, kalori jagung rebus yang berjumlah 100 gram adalah 86 kalori.

Kalori jagung rebus dan jagung bakar berbeda karena kandungan menteganya

Perbedaan kalori jagung rebus dan bakar | Photo by Engin Akyurt from Pexels

Berbeda dengan jagung rebus, kalori yang ada di jagung bakar tentu berbeda jumlahnya. Pasalnya, jagung bakar biasanya ditambahkan dengan olesan margarin atau mentega yang membuatnya lebih nikmat. Kalau jagung bakar sudah dilumuri mentega, 1 bonggol jagung bakar mengandung 155 kalori. Lalu, dalam 100 gram jagung bakar mentega mengandung 106 kalori. Artinya, kalori dalam jagung bakar lebih banyak dibandingkan dengan jagung rebus.

Advertisement

Kandungan karbohidrat jagung rebus bisa menggantikan nasi, nutrisinya lebih tinggi

kandungan karbohidratnya bisa menggantikan nasi | Photo by Wouter Supardi Salari on Unsplash

Sama seperti biji-bijian lainnya, jagung memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Meski tidak sebanyak nasi, tetapi jagung rebus cukup untuk memberi asupan karbohidrat untuk tubuh. Jika dalam 100 gram nasi mengandung 27,9 gram karbohidrat, di dalam 100 gram jagung kurang lebih terdapat 27,2 karbohidrat.

Namun, kalori jagung rebus dan nasi berbanding banyak jumlahnya karena kandungan gizi yang berbeda. Dalam 100 gram, kalori jagung rebus berjumlah 86 kalori vs kalori 100 gram nasi adalah 129 kalori. Oleh karena itulah banyak orang yang memilih jagung untuk menggantikan nasi karena kandungan nutrisinya yang dinilai lebih tinggi.

Jagung dinilai lebih baik dari kentang sebagai pengganti nasi karena indeks glikemiknya rendah

Perbedaan nutrisi jagung dan kentang | Photo by Andrey Metelev on Unsplash

Bagi kamu yang ingin mengganti nasi dengan karbohidrat lainnya, jagung dan kentang biasanya menjadi opsi yang paling banyak dipilih. Kentang dan jagung rebus memang tidak kalah bergizi dari nasi. Sama-sama mengandung karbohidrat, jagung rebus dinilai lebih baik sebagai pengganti nasi karena indeks glikemiknya yang lebih rendah dari kentang. Melansir dari Harvard Medical School, indeks glikemik 100 gram jagung sejumlah 46, sedangkan indeks glikemik 100 gram kentang adalah 73.

Advertisement

Jagung rebus kaya akan kandungan serat dan protein

Jagung kaya serat dan protein | Photo by Kaboompics .com from Pexels

Selain kandungan kalori di dalam jagung rebus utuh, tumbuhan pangan ini juga mengandung banyak serat dan protein. Umumnya, 9-19 persen dari berat kering jagung mengandung serat. Sementara serat yang dominan pada jagung adalah serat yang tidak larut, seperti selulosa, lignin, dan hemiselulosa.

Bukan cuma itu, jagung juga mengandung protein yang baik sekitar 10-15%. Jenis protein paling banyak di jagung dikenal dengan zein. Namun, kualitas protein zein pada jagung cenderung rendah karena rendahnya kadar amino asam esensialnya. Zein banyak digunakan untuk kepentingan industri, seperti produksi permen.

Mengandung vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk kehamilan sampai kesehatan mata

Mengandung vitamin dan antioksidan | Photo by FRANK MERIÑO from Pexels

Sebagai salah satu varietas, jagung manis mengandung berbagai vitamin dan antioksidan. Selain kalori, jagung rebus manis juga mengandung vitamin B5, B6, dan B3, dan B9 yang baik untuk kehamilan. Jagung juga mengandung beragam senyawa bioaktif yang membuatnya mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan serealia lainnya. Senyawa yang terkandung pada jagung di antaranya asam ferulat, antosianin, zeaxanthin, dan lutein yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Itulah jumlah kalori dalam jagung manis rebus beserta kandungan manfaatnya untuk kesehatan. Setelah membaca ulasan di atas, sudah yakin akan mengganti nasi dengan jagung, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE