Mencoba Me Time ala Niksen: Kegiatan ‘Nggak Ngapa-Ngapain’ yang Anti Stres dan Bikin Kreatif

Konsep niksen Belanda

Memanfaatkan akhir pekan dengan nggak melakukan kegiatan apa-apa merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Meski begitu, nggak semua orang bisa melakukannya karena tuntutan yang mengharuskannya untuk tetep produktif. Tapi, bagaimana jika ternyata ‘nggak ngapa-ngapain’ justru bisa meredakan stres dan mendatangkan efek positif bagi kesehatan?

Advertisement

Percaya nggak percaya, ternyata kegiatan ‘gabut’ seperti ini sedang menjadi tren yang banyak dilakukan oleh masyarakat Belanda lo! Merangkum dari beberapa sumber, berikut Hipwee Tips berikan ulasannya.

Kegiatan nggak melakukan apa-apa ini dikenal dengan sebutan niksen, di mana konsep ini asalnya dari Belanda

menatap jendela via www.today.com

Melansir dari laman Times, direktur pelaksana CSR Carolien Hamming menyebut bahwa kegiatan niksen ini berarti berdiam diri dan nggak melakukan apa-apa. Hal ini bertujuan agar tubuh nggak terus mengalami stres dan segera pulih dari kebosanan.

Untuk menjalani konsep niksen ini, kamu bisa mencoba dengan berjalan ke luar ruangan sambil mendengarkan musik saja. Jika selama melakukan kegiatan ini kamu nggak memikirkan apa pun, berarti niksen yang dilakukan berhasil.

Advertisement

Sering dianggap sebagai kegiatan yang nggak produktif, nyatanya niksen bermanfaat untuk menstabilkan kesehatan mentalmu lo!

melamun via www.nbcnews.com

Peneliti mengungkap, niksen dapat membuat kondisi emosional seseorang jadi lebih tenang. Jika dilakukan secara rutin, niksen dapat membantu mengurangi kecemasan, memperlambat proses penuaan, dan memperkuat daya tahan tubuh seseorang terhadap flu.

Selain itu, orang yang melakukan niksen terbukti memiliki ide-ide yang lebih kreatif. Pasalnya, walaupun nggak melakukan apa-apa, otak kita tetap memproses informasi dan menciptakan ide-ide menarik atau mencari pemecahan suatu masalah.

Untuk dapat melakukan konsep ini, kamu diwajibkan memperlambat ritme kegiatan sehari-hari dan menikmati momen tersebut

menatap laut via medium.com

Bagi seseorang yang biasa berpikir, konsep niksen ini pasti terasa sulit untuk dilakukan. Pasalnya, kamu harus memusatkan pikiran untuk nggak berpikir apa-apa. Agar bisa melakukannya, kamu perlu berlatih dengan cara berdiam diri sambil menatap jendela. Ini bisa kamu lakukan selama beberapa menit setiap harinya. Inti dari kegiatan niksen ini ialah membiarkan hidupmu berjalan sesuai rencana dan membebaskan diri dari kewajiban untuk waktu sesaat.

Advertisement

Namun, kamu nggak dianjurkan untuk melakukan kegiatan niksen ini terlalu lama, ya! Niksen yang terlalu lama dapat membuat pikiran berkelana terlalu jauh

duduk santai via amendo.com

Peneliti mengungkap bahwa membiarkan pikiran berkelana terlalu lama justru bisa menyebabkan otak jadi kacau. Hal ini juga bisa membuat denyut jantung berdetak lebih cepat, sehingga kamu akan mengalami kesulitan untuk tidur satu hari setelahnya. Selain itu, niksen juga bisa membuat seorang jadi melamun terlalu lama dan memikirkan masalah hidupnya.

Tentu, kamu nggak boleh melalukan niksen ini sepanjang waktu. Niksen yang benar ialah dengan tetap melakukan kegiatan sehari-hari supaya pikiran dan perasaanmu seimbang. Nah, kalau semua seimbang, kamunya juga jadi bisa makin produktif, kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE